women-only-gym

Bicara soal fitnes, tidak hanya seberapa berat beban yang harus diangkat atau berapa lama latihan kardio harus dilakukan. Pakaian yang dikenakan, juga berpengaruh besar terhadap keberhasilan Kamu mencapai hasil yang diinginkan dari program fitnes.

Oleh karena itu sangat penting memerhatikan busana saat pergi ke gym. Bukan untuk tampil stylish, tapi mempermudah gerak sehingga hasil olahraga lebih maksimal. Ini beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih pakaian fitnes, seperti dikutip dari Times of India.

 

1. Pakai Sesuai Fungsi, Bukan untuk Tampil Gaya
Busana yang Kamu pakai ke gym sebaiknya tidak menarik perhatian anggota klub lain yang juga berolahraga. Kamu harus lebih memerhatikan fungsi ketimbang gaya. Seorang pakar fitnes Leena Mogre menyarankan untuk memakai baju pas badan dan mudah menyerap keringat, misalnya T-shirt dan celana training.

“Bawa sepatu fitnes di dalam tas dan ganti saat tiba di gym. Berjalan menggunakan sepatu olahraga sebelum ke gym akan membuat tempat itu tidak higienis. Sports bra wajib dipakai wanita dan mereka harus menguncir rambutnya jika panjang,” ujar Leena.

 

2. Pilih Busana yang Meningkatkan Mood
Apa yang Kamu kenakan juga bisa memengaruhi mood untuk latihan. Jadi pilihlah busana dengan seksama. Saran pakar fitnes Wanitha Ashok, pakailah sesuatu yang nyaman, pas memeluk tubuh dan memberi Kamu stimulasi untuk semangat bergerak.

“Memakai baju berwarna terang ke gym juga bisa meningkatkan mood memotivasi Kamu untuk berolahraga. Jangan coba untuk menutupi kekurangan tubuh atau lemak dengan pakaian fitnes. Itu tidak bagus,” kata Wanitha.

 

3. Kulit Harus Bernapas
Saat latihan, sangat penting untuk mengenakan pakaian yang membuat kulit mudah bernapas. Ahli fitnes selebriti Rujuta Diwekar mengatakan, “Pilih busana dari katun yang nyaman. Pakai apapun yang membuat Kamu nyaman dan hindari busana yang bisa menghambat sirkulasi darah saat olahraga (misalnya pakaian yang terlalu ketat).”

 

4. Menghindari Cedera
Memakai busana yang tepat sangat penting untuk menghindari cedera saat fitnes. Kaus atau setelan training yang terlalu longgar, akan menyulitkan Kamu bergerak sehingga risiko cedera lebih tinggi. Sementara memakai baju atau pakaian dalam terlalu ketat, bisa membuat aliran darah terhambat. Salah satu dampak negatifnya adalah terganggunya sirkulasi oksigen ke seluruh tubuh sehingga Kamu bisa lemas, sesak napas, bahkan pingsan. Memakai baju terlalu ketat juga bisa menimbulkan ruam serta gatal-gatal yang disebabkan lembab oleh keringat.

Baca juga 4 Olahraga yang Bisa Kamu Lakukan Diam – Diam

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

10 Fashion Trendy yang Dapat Membuat Tubuhmu Jadi Terlihat Tak Berbentuk

Pernahkah kamu mencoba memakai pakaian trendy yang entah