Setiap wanita pastinya menginginkan kulit sehat dan glowing. Rutin menggunakan produk kecantikan menjadi salah satu cara untuk mencapai tujuan tersebut. 

Sayangnya, kebanyakan orang tidak menyadari bahwa dirinya melakukan kesalahan dalam mengaplikasikan suatu produk perawatan kulit atau produk make up. Mungkin, kamu juga salah satunya. 

Nah, berikut daftar kesalahan make up dan skincare yang sering dilakukan saat merawat diri

  1. Terlalu sering melakukan double cleansing

Kunci untuk mengoptimalkan bahan-bahan yang terkandung dalam produk perawatan agar mudah diserap oleh kulit adalah dengan membersihkan wajah. Hal ini juga bertujuan untuk meningkatkan sirkulasi darah serta memperbaiki kondisi kulit kamu. 

Sayangnya, beberapa orang ada yang salah mengartikan hal ini. Mereka cenderung melakukan pembersihan wajah berlebihan dengan cara double cleansing.  Padahal, melakukan pembersihan ganda di waktu yang kurang tepat akan mengganggu dan merusak fungsi pelindung kulit alami.

Bila kamu tidak sedang memakai riasan wajah, kamu tidak perlu melakukan double cleansing. Cukup dengan mencuci wajah menggunakan sabun pembersih wajah atau facial wash sekali saja.

Namun, jika kamu memang sedang memakai riasan, maka double cleansing perlu dilakukan. Meski begitu, perhatikan kekuatan tekanan tangan kamu saat melakukan pembersihan. Jika terlalu bersemangat atau terlalu kuat menggosok, maka kulit bisa teriritasi. 

  1. Salah pakai maskara 

Memakai maskara dapat membuat bulu mata menjadi berisi dan lebih lentik. Kamu pasti terbiasa mencelupkan tongkat maskara ke dalam botol sebelum digunakan, bukan? Memasukkan dan mengeluarkan tongkat maskara beberapa kali memang sering dilakukan para wanita untuk menghindari gumpalan cairan maskara.

Namun kenyataannya teknik ini kurang tepat jika dilakukan. Mengapa? Karena dengan sering mencelupkan dan mengeluarkan tongkat maskara, kamu akan memungkinkan udara luar masuk ke dalam botol maskara dengan mudah. Nah, jika terlalu banyak udara masuk, cairan maskaramu akan lebih cepat mengering dan tidak dapat digunakan kembali.

  1. Memaksakan diri menggunakan produk yang tak cocok 

Seiring bertambahnya usia, tubuh ikut mengalami perubahan elastisitas dan ketahanan. Maka dari itu, perlu perlindungan tambahan dari produk-produk perawatan wajah. Hal ini bertujuan untuk memelihara dan merawat wajah agar tidak cepat menua.

Penggunaan produk perawatan wajah penting digunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal dari sebuah produk kecantikan. Idealnya, kita perlu menggunakan produk kecantikan secara rutin selama sebulan untuk melihat reaksi perubahan pada kulit.

Memantau perubahan kondisi kulit usai memakai produk skincare perlu dilakukan agar bisa menilai apakah produk itu cocok atau harus diganti dengan yang lain. Jika muncul tanda seperti kulit kering, mengelupas, kemerahan dan perih, disarankan segera mengganti produk perawatan wajah.

Jangan pernah memaksakan diri untuk memakai produk skincare yang tak cocok. Memang benar, kulit kita memiliki kecenderungan menyesuaikan diri dengan produk yang kita pakai. Tapi, ada jangka waktu yang ditetapkan untuk melihat perubahan atau reaksi kulit. Jika sudah sebulan dan memang tidak cocok, segeralah hentikan perawatan dan cari produk lain yang lebih cocok. 

  1. Salah urutan saat pakai skincare

Jika ingin produk kecantikanmu berfungsi dengan optimal, kamu perlu mengaplikasikannya dengan urutan yang benar. Setiap produk kecantikan memiliki bahan aktif yang berbeda-beda. Zat inilah yang nantinya akan merawat dan membuat kulit wajah menjadi sehat. 

Namun, apakah kamu sudah yakin kalau urutan dan caramu menggunakan skincare sudah benar? Kesalahan dalam urutan pengaplikasian produk justru akan membuat kulit berjerawat, kusam, bahkan iritasi.

Jadi, kenali bahan-bahan skincare kamu dan cari urutan paling tepat untuk mengaplikasikannya. Jangan sampai skincare mahal jadi sia-sia karena kelalaian kamu, ya!

Baca Juga :

Kesalahan Makeup yang Bikin Kamu Jadi Berjerawat

Apakah Kamu Sering Melakukan Kesalahan Makeup? Jangan Galau, Move On dengan Cara Ini

13 Kesalahan Makeup yang Sudah Seharusnya Kamu Hindari

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

3 Cara Memilih Eyeliner Berwarna yang Tepat Untuk Warna Kulit Anda

Eyeliner berwarna adalah salah satu produk kecantikan yang