Tahu tidak bahwa ada 4 penyebab berbeda untuk lingkaran hitam di bawah mata? Dan masing-masing penyebab ini memiliki tipe atau tanda-tanda sendiri, serta tentunya cara mengatasi yang berbeda-beda pula. Ya, rupanya lingkaran hitam yang terbentuk tepat pada kantong mata tersebut bukan hanya disebabkan karena kelelahan atau kurang tidur loh. Penasaran?

1. Bengkak

 Lingkaran Hitam Di Bawah Mata

Bengkak, menjadi salah satu tanda-tanda lingkaran hitam di bawah mata. Ada beberapa penyebab berbeda untuk tipe pertama ini. Salah satunya karena terlalu banyak air yang tersimpan di kantong bawah mata. Bisa karena terlalu lelah, mata yang dipaksa terjaga dalam waktu yang lebih lama, hingga karena konsumsi alkohol atau garam.

Untuk mengatasi kantong mata bengkak ini bisa dengan mengurangi alkohol dan garam, tidur dengan posisi kepala lebih tinggi, hingga dengan melakukan kompres air dingin.

Sedangkan cara paling cepat mengatasi hal ini, bisa dengan menggunakan concealer tepat di bawah kantong mata. Hindari menggunakan concealer pada kantong mata yang bengkak karena akan semakin terlihat besar.

2. Pigmentasi

Penyebab kedua dari lingkaran hitam di bawah mata adalah pigmentasi kulit. Ada beberapa penyebab berbeda untuk terjadinya pigmentasi ini. Bisa karena sinar matahari, atau karena perubahan warna nadi di bawah kulit. Atau bahkan karena penuaan. Untuk mencegah pigmentasi di bawah mata, sebaiknya pastikan menggunakan tabir surya pada bagian bawah mata. Serta pastikan area mata tetap lembab dengan memberikan moisturiser khusus yang aman untuk area mata.

Untuk cara mengatasi singkat, bisa dengan menggunakan concealer dengan warna peach pada bagian mata yang menghitam.

3. Perubahan pembuluh darah

Lingkaran hitam di bawah mata juga bisa dikarenakan pembuluh darah. Untuk mengetahui ini, tekan area yang menghitam. Bila warna kemudian berganti putih, bisa disebabkan menghitamnya area mata karena pembuluh darah. Untuk mengatasi masalah ini sebenarnya tak ada cara khusus selain menutupi dengan makeup. Atau bila memang sangat mengganggu bisa dikonsultasikan dengan dokter kecantikan khusus yang akan memberi suntikan steroid.

Karena warna di sekitar kulit akan cenderung biru bila dikarenakan pembuluh darah, tutupi perbedaan warna tersebut dengan menggunakan concealer berwarna sedikit kekuningan.

4. Penuaan

Tanda-tanda lingakaran gelap di bawah mata di karenakan penuaan bisa nampak dari bagian bawah mata tak hanya menghitam namun juga nampak cekung menjorok ke dalam. Ini karena berkurangnya lemak dibawah kulit yang terjadi ketika usia menua. Untuk mengatasi hal ini, memang tak ada pilihan selain suntik filler atau botox. Namun untuk menghindari hal ini terjadi, bisa dengan memastikan konsumsi makanan dengan banyak kandungan vitamin E sejak dini serta menggunakan produk yang menjaga kelembaban kulit sehingga memastikan lemak pada wajah tak berkurang seiring pertambahan usia.

Baca juga Yang Udah Bosen Dikatain Mata Panda Karena Lingkaran Hitam, Yuk Pelajari Trik Make Up Ini.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Kondisi Bibir Ini Bisa Menunjukkan Masalah Kesehatan

Tahukah kamu? Bibir kita memiliki lebih dari 1.000.000