Kerusakan rambut di ubun-ubun lebih sering terjadi daripada di area lain di kepala Anda. Di sinilah folikel rambut mengalami banyak ketegangan. Helai rambut mengalami banyak tekanan dan sangat kering serta rapuh di kulit kepala. Tapi jangan khawatir, karena kondisi ini paling sering bisa dibalik. Artikel ini membahas penyebab kerusakan rambut di ubun-ubun, cara mengidentifikasinya, dan beberapa tip untuk kemungkinan membalikkannya. Teruslah membaca untuk mengetahui lebih banyak.

1. Memotong Rambut Anda

Cara Anda membelah rambut dapat menyebabkan kerusakan pada rambut bagian ubun-ubun. Setiap kali Anda menata rambut, Anda membelah rambut menjadi beberapa bagian, dan rambut Anda ditarik ke bawah dan menjauh dari ubun-ubun. Ketegangan berulang pada folikel rambut di area ini pada akhirnya dapat menyebabkan kerusakan rambut. Bahkan menggunakan pick untuk mengembang rambut Anda di area ubun-ubun agar bervolume dapat menyebabkan kerusakan.

Coba ganti sisi yang Anda pisahkan secara berkala. Juga, pastikan untuk memasukkan gaya pelindung ke dalam rejimen perawatan rambut Anda.

2. Kelembaban yang tidak mencukupi

Salah satu penyebab umum kerusakan rambut adalah kurangnya kelembapan. Kebanyakan orang melupakan area ubun-ubun mereka saat rambut mereka dikepang atau ditarik ke belakang. Tetapi penting untuk memperhatikan area ini untuk menghindari kerusakan. Daerah tajuk memiliki porositas yang tinggi. Oleh karena itu, pisahkan dan lembapkan setiap hari agar rambut Anda tetap lembut dan lentur.

Rambut di area ubun-ubun lebih kering dan kasar dibandingkan bagian rambut lainnya. Oleh karena itu, ia lebih sulit mempertahankan kelembapan. Hal ini menyebabkan kerusakan. Area ubun-ubun paling terpapar ke lingkungan, dan kurangnya pengkondisian yang tepat dapat menyebabkan kerusakan rambut. Menggunakan sampo alkalin juga dapat menyebabkan kekeringan dan rambut kusut serta menyebabkan kerusakan.

Oleskan produk pelembap (lebih kental dan lembut) dalam jumlah ekstra ke bagian ubun-ubun Anda.

3. Gaya Rambut Yang Terlalu Ketat

Ekor kuda yang ketat, atau gaya rambut yang ditarik ke belakang seperti embusan dan sanggul rambut, dapat menyebabkan kerusakan rambut di ubun-ubun. Gaya rambut ini memberi lebih banyak tekanan pada folikel rambut. Ketegangan dan manipulasi konstan pada area yang sama di kulit kepala Anda juga dapat menyebabkan kerusakan. Terus-menerus mencabut rambut di ubun-ubun kepala Anda untuk volume juga dapat menyebabkan kerusakan.

Gunakan scrunchies dan ikat rambut sutra sebagai pengganti karet gelang untuk mengikat rambut Anda. Ini akan mengurangi ketegangan keseluruhan di sepanjang garis rambut dan mencegah kerusakan rambut.

Cobalah menepuk-nepuk dengan tangan atau sisir bergigi lebar yang dapat menghasilkan akar yang lebih padat. Cobalah gaya rambut yang berbeda untuk meminimalkan masalah ini.

4. Penataan Panas Berlebihan

Ubun-ubun kepala kita adalah bagian yang paling terbuka dan seringkali merupakan bagian pertama yang mengering. Ini dapat menerima lebih banyak panas dari alat penata panas seperti pengering. Alat penata rambut dengan pengaturan suhu tinggi dapat menyebabkan kerusakan rambut. Jika Anda mengeringkan rambut, pastikan akarnya terlindung dari panas berlebih. Ingat untuk menggunakan pengaturan cool-shot.

Pastikan pengering Anda mensirkulasikan panas dengan baik dan Anda dapat menyesuaikan pengaturan panas sesuai kebutuhan.

Tips Memperbaiki Rambut Rambut Area Ubun-Ubun

  1. Rapikan Rambut Anda

Tidak ada gunanya membiarkan ujung bercabang dan helaian rambut yang rusak tetap berada di ubun-ubun kepala Anda. Memangkas rambut Anda adalah cara terbaik untuk mengatasi kerusakan. Ini juga mendorong pertumbuhan rambut yang sehat.

  1. Pijat Spa Reguler

Memijat kulit kepala Anda membantu merangsang aliran darah yang juga dapat meningkatkan ketebalan dan pertumbuhan rambut (2), (3). Tambahkan ke dalam pijatan minyak rambut yang mengandung bahan-bahan bermanfaat untuk pertumbuhan dan kelembapan rambut. Untuk manfaat tambahan, Anda juga bisa mengencerkan minyak esensial lavender atau peppermint dalam minyak pembawa seperti minyak almond, kelapa, atau biji anggur.

Pisahkan rambut Anda menjadi beberapa bagian yang lebih kecil saat mengaplikasikan produk untuk memastikan semua helai rambut Anda mendapatkan kelembapan dan/atau protein yang sama. Ingatlah untuk menggunakan produk penataan rambut yang melembapkan dan mudah didistribusikan dari akar hingga ujung rambut.

  1. Dapatkan pelembab udara

Peralihan suhu yang tiba-tiba dapat menghilangkan kelembapan dari rambut Anda di musim dingin. Pemanas ruangan dapat memberikan kehangatan saat suhu turun. Tapi itu juga bisa mengeringkan udara di dalam kamar Anda, merusak rambut Anda. Rambut bagian ubun-ubun lebih cenderung mengering terlebih dahulu. Humidifier membantu menyeimbangkan tingkat kelembapan di dalam ruangan dan mencegah kekeringan ini.

  1. Gunakan Sarung Bantal Satin

Sarung bantal berbahan katun bisa membuat rambut Anda berantakan dan kusut di pagi hari. Tapi kain satin dan sutra lembut dan menyebabkan lebih sedikit gesekan. Memilih sarung bantal satin dan sutra akan membantu menjaga kesehatan rambut Anda(4). Bahan-bahan ini juga mencegah rambut bercabang dan rambut kusut.

Baca Juga :

7 Tips Meluruskan Rambut Tanpa Panas Dan Kerusakan Rambut

Memiliki Rambut Ikal dan Rusak? Di Bawah Ini Trik Mengatasi Kerusakan Rambut Ikal

4 Cara Menggunakan Air Beras untuk Rambut: Yang Perlu Anda Ketahui

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Panduan Utama Memilih Lipstik Terbaik untuk Warna Kulit Anda

Lipstik lebih dari sekedar produk kecantikan. Lipstik adalah