Manfaat tepung singkong melampaui sifatnya yang bebas gluten. Tepung serbaguna ini dapat digunakan untuk memanggang kue dan cookies dan untuk membuat pasta, mie, dan bahkan alkohol. Ini adalah alternatif yang bagus untuk tepung terigu dan terbuat dari akar singkong, tanaman asli Amerika Selatan dan Meksiko. 

Tepung singkong lebih kaya serat, protein, dan mineral dibandingkan tepung terigu. Ini adalah sumber antioksidan yang hebat dan dapat meningkatkan kekebalan dan kesehatan usus dan mata. Temukan manfaat lain dari tepung singkong dan cara menambahkannya ke dalam diet Anda di artikel ini. 

Potensi Manfaat Tepung Singkong untuk Kesehatan

1. Apakah Tepung Bebas Gluten?

Orang dengan alergi gluten dapat dengan aman menggunakan tepung singkong karena bebas gluten. Makanan panggang bebas gluten yang terbuat dari tepung singkong adalah pilihan tepat bagi mereka yang menderita penyakit celiac. Produk bebas gluten cenderung mahal dan memiliki nilai gizi lebih rendah daripada yang mengandung gluten. Namun, tepung singkong terjangkau dan kaya nutrisi.

Dibandingkan dengan tepung bebas gluten lainnya, seperti kelapa atau almond, tepung singkong memiliki kandungan rendah lemak. Ini memiliki kandungan air yang tinggi dan kepadatan kalori yang lebih rendah daripada tepung seperti jagung, pisang raja, beras, kelapa, sorgum, dan gandum.

2. Dapat Meningkatkan Pencernaan

Tepung singkong kaya akan serat makanan. Serat makanan berkontribusi pada pencernaan, frekuensi tinja, dan berat badan. Ini juga mengurangi waktu transit kolon dari makanan yang dicerna.

3. Dapat Meningkatkan Kekebalan

Vitamin C berlimpah dalam tepung singkong. Ini membantu meningkatkan kekebalan dengan membunuh patogen. Vitamin C melindungi kulit dari patogen dengan mempromosikan penghalang kulit yang sehat. Selain itu, ini adalah antioksidan yang baik yang melawan radikal bebas di dalam tubuh.

4. Dapat Meningkatkan Kesehatan Mata

Tepung singkong atau singkong sering diperkaya dengan provitamin A. Provitamin A diubah menjadi vitamin A dalam tubuh kita. Vitamin A sangat penting dalam menjaga kesehatan mata. Hal ini juga penting untuk meningkatkan penglihatan dalam pencahayaan yang buruk.

5. Merupakan Sumber Antioksidan Yang Baik

Tepung singkong dikemas dengan antioksidan kuat seperti fenolat, karotenoid, dan vitamin C. Antioksidan ini diperlukan untuk mengurangi tanda-tanda awal penuaan seperti garis-garis halus dan kerutan. Selain itu, mereka juga mengurangi stres oksidatif dengan melawan radikal bebas. Antioksidan dalam singkong juga meningkatkan kesehatan kulit dan fungsi organ.

Tepung singkong memiliki lebih banyak manfaat yang belum ditemukan. Jangan lewatkan tepung kaya nutrisi ini. Cari tahu lebih lanjut di bawah ini.

Cara Menggunakan Tepung Singkong Dalam Diet Anda

Tepung singkong adalah pilihan bebas gluten yang bagus. Mengganti tepung singkong dengan tepung terigu mungkin membutuhkan lebih banyak air daripada biasanya. Anda bisa menggunakan tepung singkong:

  • Untuk membuat makanan yang dipanggang seperti kue, kue kering, donat, dan roti.
  • Untuk membuat mie dan pasta.
  • Untuk membuat roti pipih seperti tortilla.
  • Untuk mengentalkan saus, sup, dan saus.

Dapat juga dikonsumsi dengan mengukus tepung dengan lapisan kelapa parut di dalam silinder kukus khusus. 

Baca Juga :

3 Manfaat Tapioka yang Wajib Kamu Tahu

Seharusnya Kamu Tidak Mengonsumsi Makanan Ini Saat Makan Siang

Pengganti Karbo yang Tidak Kalah Lezatnya dengan Nasi

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

7 Tips Mengencangkan Kulit Setelah Penurunan Berat Badan 

Menurunkan berat badan bukanlah proses yang mudah. Anda