Umumnya, bulu mata, kelopak mata, dan air mata kita bekerja sama untuk menghentikan benda asing yang masuk ke dalam mata kita. Mata akan dengan cepat mengeluarkan benda asing yang masuk ke dalamnya. Tapi tetap saja, ada kalanya benda asing tersebut terjebak di dalam mata dan susah untuk dikeluarkan. Kita kerap menyebut kejadian ini sebagai “mata kelilipan”. Benda asing itu bisa berupa debu saat berkendara, bulu mata yang jatuh, pasir pantai, dan lain-lain.

Nah, kira-kira bagaimana cara yang aman untuk menyembuhkan mata kelilipan? Berikut tips untuk kamu :

  • Cuci tangan kamu sebelum menyentuh mata
Ikuti Langkah WHO Cara Cuci Tangan yang Baik Cegah Penularan Virus Corona -  Pikiran-Rakyat.com

Langkah ini adalah langkah sederhana yang sering kali lupa dilakukan, apalagi saat kamu panik dan tidak sabar untuk mengucek mata. Meski sederhana, mencuci tangan sangat penting dilakukan sebelum kamu menyentuh mata, supaya tangan kamu bebas dari kuman dan kotoran yang bisa memperparah iritasi di mata kamu.  Kamu akan mengurangi risiko terkena bakteri dan mengurangi risiko masuknya lebih banyak kotoran di mata kamu, jika kamu mencuci tangan terlebih dahulu.

  • Cobalah untuk berkedip dan biarkan air mata kamu membilas mata yang teriritasi. Jangan menggosok mata kamu

Mengucek atau menggosok mata adalah reaksi alami yang dialami hampir semua orang saat merasakan sesuatu masuk ke dalam mata mereka.  Tapi ini sebenarnya menggosok mata bisa menyebabkan mata makin teriritasi bahkan luka.  Jadi cobalah untuk melawan keinginan kamu untuk menggosok mata dan mulailah mencoba untuk berkedip beberapa kali. Berkedip adalah cara tubuh kamu menjaga mata kamu agar aman dari benda-benda asing yang berpotensi berbahaya dan mungkin dengan berkedip kamu bisa membebaskan mata kamu dari iritasi.

  • Perhatikan apakah kamu bisa melihat benda asing yang terperangkap di mata

Saat mata kelilipan, carilah cermin di tempat yang cukup terang lalu cobalah untuk lihat ke atas, lalu ke bawah, kemudian ke samping.  Perhatikan apakah kamu bisa melihat benda asing yang mengganjal di mata kamu? Jika kamu tidak dapat langsung menemukannya, mungkin benda asing itu terletak di bagian dalam kelopak mata. 

  • Keluarkan benda asing dengan gerakan menggulung
Jangan Coba-coba Sentuh 4 Bagian Tubuh Sebelum Cuci Tangan - Health  Liputan6.com

Jika kamu menemukan benda di dalam kelopak mata kamu, kamu bisa mencoba mengeluarkannya dengan ujung Q-Tip (cotton bud) yang lembap. Pegang kelopak mata kamu dengan satu jari lalu letakkan kapas di atasnya.  Keluarkan debu atau benda asing dengan gerakan memutar menjauhi mata. Dengan begitu, kamu dapat menghilangkan iritan dengan aman.

  • Rendam mata kamu dalam air bersih

Jika kamu memiliki alat untuk mencuci mata, maka gunakanlah. Pertama, bilas cangkir pencuci mata sampai bersih, jangan sampai ada benda lain yang menyentuh tepi atau bagian dalamnya. Isi cangkir pencuci mata dengan air bersih sampai setengah penuh (kamu juga bisa menggunakan obat pencuci mata jika ada).  Kemudian letakkan cangkir di atas mata yang akan dibilas, tekan cangkir dengan erat ke kulit kamu agar cairan tidak bocor.  Miringkan kepala kamu ke belakang dan buka mata kamu lebar-lebar.  Gerakkan mata kamu dari sisi ke sisi dan gerakkan juga mata kamu ke atas dan ke bawah untuk memungkinkan cairan membasuh semua bagian mata.

Jika kamu tidak memiliki cangkir pencuci mata, kamu bisa ambil semangkuk air bersih, dan taruh kepala kamu di dalamnya, lalu buka mata kamu lebar-lebar, lakukan gerakan yang sama seperti petunjuk di atas.  Gerakkan mata kamu agar air bisa membilas semua bagian mata untuk menghilangkan benda asing yang terjebak di dalam mata.  Setelah selesai mencuci mata, cobalah berkedip beberapa kali dan periksa apakah penyebab iritasi sudah hilang.

Baca Juga :

https://www.tampilcantik.com/5-cara-aman-menyembuhkan-mata-kelilipan/

https://www.tampilcantik.com/suka-minum-teh-eits-jangan-langsung-buang-ampasnya-5-manfaat-ini-akan-buat-kamu-tercengang/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

5 Cara Menumbuhkan Rambut Secara Alami dan Menyembuhkan Area Rambut yang Botak

Kerontokan rambut sebenarnya adalah hal yang normal bagi