Usus buntu adalah salah satu kondisi kesehatan yang seringkali kita pikir bisa kita lihat dari gejalanya. Rasa perih di usus halus yang biasana diasosiasikan berada di area kanan bawah lambung, kan? Sayangnya, gejala klasik usus buntu ini bukan satu-satunya gejala usus buntu. Malahan, gejala-gejala lain bisa datang dan kita terlambat menyadarinya karena sakit di area tersebut tidak kita rasakan.

Karena itu, pahami gejala-gejala usus buntu berikut ini dan segeralah menghubungi dokter jika kamu merasakannya. Semakin cepat kamu mengidentifikasi usus buntu, semakin mudah proses penanganannya.

Kehilangan Nafsu Makan

Apakah kamu biasanya bersemangat sarapan pagi tapi akhir-akhir ini menjadi tidak nafsu makan? Begitu pula dengan makan siang dan makan malam? Bisa jadi, merasa tidak lapar adalah gejala bahwa perutmu tidak baik-baik saja. Biasanya, para penderita masalah usus ini kehilangan nafsu makannya. Hal ini sangat umum terjadi. Bahkan, anoreksia, kondisi medis kehilangan nafsu makan hingga tubuh menjadi kurus dengan cara ekstrim, ditemukan pada sekitar74-78% pasien penyakit ini.

Muntah-Muntah

Jika kamu merasa mual, juga tak jarang kamu mulai muntah, kamu harus mwaspada. Perhatikan timing ketika kamu mulai merasakan mual. Jika kamu muntah atau ingin muntah berbarengan dengan rasa sakit di area perutmu, maka ada kemungkinan kamu menderita penyakit pencernaan ini.

Demam Usus Buntu

Demam juga mungkin dialami oleh para penderita penyakit apendisitis. Demam memang bisa jadi cara tubuhmu memberitahu bahwa ada yang salah. Dalam hal usus buntu, jika kamu mengalami demam, maka kondisimu seudah cukup parah. Meskipun demikian, tidak adanya demam bukan berarti kamu tidak mengalami penyakit ini.

Konstipasi atau Diare

Apakah kamu mengalami kesulitan baung air besar? Ataukah kotoran kamu cair seperti diare? Maka kamu juga harus berhati-hati. Segala yang menyebabkan infeksi atau inflamasi di saluran pencernaan akan mempengaruhi sistemmu. Karena inilah banyak pasien usus buntu yang juga mengeluhkan gejala seringnya buang air besar atau susahnya buang air besar.

Merasa Tidak Fit

Selain rasa sakit di perut dan masalah-masalah penernaan, para penderita penyakit pencernaan ini  umumnya merasakan malaise, gejala tidak nyaman, tidak fit, dan lemas. Perasaan ini dialami oleh hampir semua penderita penyakit usus buntu. Mereka merasakan bahwa ada yang salah dengan tubuh mereka. Kenali tubuhmu. Jika kamu merasakan kondisi yang tidak umum engan keseharianmu, mungkin itu adalah tanda dari tubuhmu bahwa kamu sedang tidak baik-baik saja. Segera temui dokter jika kamu mencurigai infeksi usus buntu terjadi pada tubuhmu. Jika infeksi pada organ tubuh tersebut tidak ditangani, rasa sakitmu akan semakin menjadi-jadi. Bahkan, keterlambatan tindakan medis bisa menyebabkan skenario fatal pada dirimu.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Mandi Tanpa Sabun Lebih Sehat? Simak 5 Manfaat Mandi Tanpa Sabun Berikut Ini!

Tahukah kamu? Ternyata menyabuni tubuh kita dari ujung