Peneliti terkenal Joshua Clegg menggambarkan kecanggungan sosial sebagai perasaan di mana orang percaya bahwa keinginan mereka untuk diterima oleh orang lain adalah kemungkinan yang suram. Ini menyebabkan mereka berbalik ke dalam dan juga benar-benar meningkatkan pemantauan diri mereka. Mereka berusaha untuk berperilaku dengan cara yang lebih dapat diterima secara sosial, yang akan meningkatkan peluang mereka untuk diterima.

Gejala Menjadi Canggung Secara Sosial

Para peneliti menyarankan bahwa orang-orang yang canggung secara sosial menunjukkan gejala-gejala tertentu. Gejala ini dapat digambarkan sebagai:

  • Mereka gagal beresonansi dengan konvensi masyarakat yang dangkal.
  • Mereka tidak dapat melewati situasi sosial sehari-hari.
  • Mereka memiliki fokus yang sangat bagus, terutama pada topik yang memiliki aturan di dalamnya. Topik-topik ini dapat dikaitkan dengan matematika dan logika.
  • Mereka akan menunjukkan tanda-tanda untuk merobek barang-barang, mengamati seluk-beluknya, dan kemudian memasang kembali bagian-bagian ini dengan cara yang berbeda.
  • Mereka jauh kurang intuitif ketika mereka perlu mengungkapkan keanggunan sosial.

Kecanggungan Sosial Vs. Kecemasan Sosial

Kecanggungan sosial dapat digambarkan sebagai hal yang wajar dalam bagian kehidupan, kecemasan masyarakat lebih merupakan kondisi medis yang mengarah pada gangguan sosial. Sesuai Social Anxiety Institute, jika seseorang memiliki gangguan kecemasan sosial, mereka biasanya mengalami tekanan emosional yang intens dalam situasi di mana mereka perlu berinteraksi secara sosial. Ketakutan terbesar mereka adalah sebagai berikut:

  • Ketika mereka diperkenalkan kepada orang lain.
  • Ketika mereka dikritik atau diejek.
  • Ketika mereka menjadi pusat perhatian.
  • Jika mereka diawasi saat melakukan beberapa usaha.
  • Pertemuan tokoh-tokoh dalam otoritas.
  • Melakukan pertemuan sosial.
  • Pergi untuk berbicara di depan umum.
  • Menjalani hubungan interpersonal.

Jika orang dengan kecemasan sosial menemukan diri mereka dalam situasi seperti itu, mereka mungkin mengalami gejala seperti keringat berlebih, kesulitan menelan, gemetar, atau bahkan jantung berdebar kencang. Orang yang canggung secara sosial mungkin tidak benar-benar menangani masalah ini dan, secara umum, bahkan mungkin tidak memilikinya. Namun, jika Anda memang menghadapi gejala ekstrem tersebut, kami menyarankan Anda untuk memilih pengobatan dan konseling.

Kita perlu memahami bahwa meskipun kecanggungan sosial memang memiliki rasa tidak nyaman yang wajar, itu belum tentu jahat. Ketika seseorang memiliki fokus yang intens, mereka dapat meningkatkan pemikiran sistematis mereka terhadap berbagai hal dalam hidup. Biasanya orang-orang yang canggung secara sosiallah yang unggul dalam bidang-bidang khusus yang rumit. Mereka membawa perspektif yang cukup unik untuk pekerjaan mereka serta kehidupan mereka.

Sering disalahpahami bahwa kecanggungan sosial adalah masalah kesehatan mental. Salah tafsir ini menimbulkan lebih banyak tantangan bagi orang-orang yang canggung secara sosial. Yang perlu kita lakukan adalah, mengidentifikasi masalah dan berkomitmen untuk memperbaikinya dengan rajin. Juga, dukungan maksimal harus diberikan kepada individu-individu ini untuk membantu mereka mengatasi masalah mereka. Begitu mereka dapat melawan rasa tidak aman atau rintangan apa pun yang mereka hadapi saat bersosialisasi, mereka dapat muncul sebagai orang yang percaya diri yang tidak takut untuk mendekat dan bersosialisasi dengan orang lain.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Apakah menjadi canggung secara sosial itu normal?

Ya, tidak apa-apa untuk menjadi canggung secara sosial. Setiap orang merasa canggung di beberapa titik dalam hidup mereka. Sementara kebanyakan orang mengira kecanggungan sosial adalah masalah kesehatan mental, sebenarnya tidak. Namun, jika kecanggungan sosial membuat Anda tertekan dan mengganggu kehidupan sehari-hari, konsultasikan dengan dokter.

Mengapa saya merasa sangat canggung di sekitar semua orang?

Anda mungkin merasa canggung di sekitar semua orang karena Anda khawatir tentang apa yang orang lain pikirkan tentang Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah terbuka pada orang baru dan memiliki keberanian untuk menghadapi orang. Anda dapat memecah situasi sosial menjadi segmen yang lebih kecil dan mempraktikkan berbagai strategi sosial. Dengan latihan, Anda akan menjadi lebih nyaman dan percaya diri di sekitar orang.

Bisakah orang yang canggung secara sosial menjadi sukses?

Ya, orang yang canggung secara sosial bisa sukses. Diyakini bahwa individu dengan kecanggungan sosial dapat menunjukkan ‘bakat luar biasa’ atau ahli dengan kemampuan luar biasa di bidang tertentu.

Baca Juga :

7 Tanda Orang Canggung Secara Sosial Dan Solusinya

Kecemasan Emosional dan Keuangan yang Ekstrem Akibat Wabah COVID-19

5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Menanggulangi Kecemasan Akibat Pandemik Virus Korona

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

5 Hal yang Mempengaruhi Anda Memilih Pasangan Berdasarkan Hubungan Dengan Ayah 

Hati kita terasa aman bila ada rasa keakraban