Setiap industri memiliki budaya, dan begitu pula organisasi. Lebih sering daripada tidak, jika Anda dapat memanfaatkan denyut nadi industri yang Anda masuki, Anda diurutkan. Zaman telah berubah, begitu pula dengan etika berpakaian. Bahkan raksasa teknologi terbesar pun beringsut menuju pakaian yang tidak terlalu konservatif. Karena itu, berpakaian untuk wawancara masih merupakan proses yang rumit, dan Anda diharapkan seprofesional mungkin dengan tetap berpegang pada pola industri.

1. Perusahaan Besar atau Berkembang

Apakah Anda seorang debutan di dunia korporat besar atau perusahaan berkembang? Anda harus sudah tahu bahwa peran perusahaan dan menghadapi klien adalah semua tentang komunikasi, keramahan, dan pengetahuan Anda tentang materi pelajaran. Ini juga tentang cara Anda menampilkan diri. Kesan pertama adalah yang paling penting dan itu berasal dari pakaian dan komunikasi non-verbal. Sebuah ‘penampilan berpakaian’ yang tepat (pakaian yang tepat untuk pekerjaan tetapi juga tepat untuk kita) akan meningkatkan harga diri kita dan membuat kita merasa lebih percaya diri dan tepat untuk posisi tersebut. Dan, itulah mengapa pakaian Anda akhirnya akan mengatakan banyak tentang Anda bahkan sebelum Anda benar-benar mengatakan apa pun.

Yang Harus Anda Ketahui

  • Bersiaplah, karena itu seformal yang Anda bisa dapatkan.
  • Anda dapat mengikuti tren terbaru dan bereksperimen dengan kemeja (atas) yang Anda kenakan di dalam, tetapi tetap pada itu.
  • Pilih warna yang lebih gelap untuk jas, jaket, celana, dan rok dan warna yang lebih terang untuk kemeja, atasan, dan blus.
  • Riasan dan aksesori harus minimal; sandal harus ditutup – sebaiknya apa pun di bawah 3-4.
  • Rok pensil atau gaun one-piece adalah pilihan menarik lainnya. Namun, perhatikan panjangnya. Panjang yang tepat adalah panjang lutut atau tepat di bawah lutut.
  • Rok selutut adalah pilihan lain yang membuat Anda tampil gaya dan on point.

2. Langkah Besar Anda di Industri Fashion

Mitos terbesar seputar pekerjaan mode adalah bahwa Anda diharapkan tampil dengan pakaian yang edgy, over-the-top, dan offbeat hanya karena Anda berada di industri ini. Itu tidak bekerja seperti itu, dan bukan itu yang diharapkan dari Anda ketika Anda menghadiri wawancara. Setiap orang memiliki gayanya masing-masing, jadi tetaplah setia padanya dan biarkan itu menerjemahkan siapa Anda sebenarnya. Tunjukkan pada mereka apa yang bisa Anda bawa ke meja tanpa benar-benar mengatakan apa-apa. Ya, tentu saja, tetap bergaya dan modis, tetapi jangan memalsukan sesuatu, mencoba menyesuaikan diri di tempat yang bukan milik Anda. Pakaian yang bukan milik kami membuat kami terlihat seperti orang bodoh. Postur dan cara kita berjalan terlihat aneh, dan kita tidak merasa percaya diri. Saran saya adalah – temukan gaya Anda, seperti tanda tangan dan jangan mencoba menjadi orang lain hanya untuk mengesankan. Pakaian Anda tidak ada hubungannya dengan kreativitas atau bakat Anda di bidang yang dipilih.

Yang Harus Anda Ketahui

  • Pakaian Anda harus spesifik untuk industri yang Anda tuju. Ingatlah estetika merek, tetapi jangan berlebihan.
  • Jaga agar pakaian Anda secara keseluruhan tetap halus, bergaya, dan elegan.
  • Meninggalkan mereka dengan rasa intrik. Menghiasi label bermerek mungkin tidak selalu sekeren yang Anda pikirkan. Apalagi jika wawancara untuk posisi pekerjaan untuk merek tertentu, saya sangat menyarankan untuk tidak memakai sesuatu milik pesaing.
  • Biarkan detail seperti aksesori, syal, tas, sepatu, dan perhiasan Anda menarik perhatian.
  • Dan, karena ini adalah wawancara – biarlah semuanya lugas dan formal.

3. Pekerjaan Keuangan Atau Bank

Sebuah industri yang tidak mudah permeabel. Anda harus menjadi badass, tangguh, dan cerdas tapi sopan dan tepat sasaran. Jadi, ini adalah pisau dua sisi, dan dengan demikian, kepribadian Anda menjadi penting. Itu adalah sesuatu yang harus Anda kerjakan. Jadi, dalam sebuah wawancara, meninggalkan kesan, dan kesan yang baik, sangat penting. Anda tahu apa yang mereka katakan – mode berubah, tetapi gaya tetap ada. Industri ini adalah indikasi yang jelas untuk itu. Jadi, jangan terlalu banyak bereksperimen dan melayang di zona aman.

Yang Harus Anda Ketahui

  • Tetap gunakan setelan hitam, abu-abu, atau biru biasa Anda. Pilih apa pun yang Anda suka, tetapi tetap pilih setelan jas.
  • Seharusnya tidak terlalu sulit karena Anda melihat profil pekerjaan apa pun – semua orang berada dalam kondisi terbaik formal mereka di industri ini.
  • Beberapa perusahaan baik-baik saja dengan gaun dan jas bermotif kecil, tetapi itu bisa menunggu sampai Anda mendapatkan pekerjaan.
  • Bukan berarti Anda harus memakai celana wawancara jadul yang sama. Kenakan apa pun yang terbaru di segmen pakaian kantor, tetapi sekali lagi, itu harus profesional. Tidak bisa cukup menekankan ini.

4. Pekerjaan Bidang Kreatif

Ini adalah salah satu industri yang paling progresif, dan Anda dinilai berbeda di sini dibandingkan dengan yang mainstream. Kreativitas memegang benteng di sini, namun, pada tingkat wawancara, diharapkan Anda muncul dalam pakaian yang rapi. Seharusnya tidak tegang atau ceroboh. Ingatlah hal-hal ini!

Yang Harus Anda Ketahui

  • Denim, korduroi, dan celana semi formal lainnya dapat diterima, tetapi biarkan gelap dan tidak sobek.
  • Kenakan kemeja atau atasan sutra/sifon/georgette. Selipkan jika Anda bisa.
  • Pasangkan dengan aksesori, tetapi tetap minimal.
  • Gaun one piece bagus, tapi jangan terlalu pendek. Itu tidak pernah bisa diterima untuk wawancara.
  • Perusahaan, merek, atau rumah produksi yang Anda wawancarai mungkin cukup santai, tetapi pada saat wawancara, bersikap rapi dan formal itu penting.

5. Startup

Salah satu keuntungan bekerja di startup adalah tidak terlalu memusingkan dress code. Dan kebanyakan dari mereka cukup santai dengan apa pun yang Anda kenakan. Satu hal yang kurang (besar) untuk dikhawatirkan. Mereka semua, termasuk pendirinya, lebih sering keluar dari perguruan tinggi, atau setidaknya rasanya seperti itu. Jadi, Anda tidak bisa terlalu formal atau informal. Temukan keseimbangan yang tepat antara cerdas, santai, dan formal.

Yang Harus Anda Ketahui

  • Kunjungi situs web mereka – ini akan memberi Anda pemahaman tentang berbagai hal.
  • Pakaian semi formal atau smart casual biasanya cocok.
  • Selama gaunnya tidak terlalu pendek atau terbuka, Anda boleh pergi.

Baca Juga :

Inilah 5 Pertanyaan Rumit yang Sering Menjebak Saat Interview Kerja

Tahu Tidak? 5 Item Fashion Ini Tak Boleh Dikenakan Ketika Interview Kerja

Ingin Cepat Dapat Kerja? Jangan Lakukan 7 Hal Ini Sebelum Interview!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

6 Cara Terbaik Membersihkan Sepatu Converse Putih Anda

Jika Anda ingin mempelajari cara membersihkan converse putih,