Kisah pemanfaatan kulit pisang untuk menutrisi kulit dan rambut merupakan tradisi kuno yang diceritakan dalam anekdot dan cerita rakyat yang masih relevan. Pisang, sebagai buah sepanjang musim, tersedia dalam jumlah banyak, tidak hanya digunakan untuk menenangkan gajah yang lapar, meningkatkan metabolisme anak Anda, atau hanya sebagai buah yang Anda makan ketika Anda tidak menemukan apa pun di atas meja. Ada lebih dari apa yang telah dikatakan, bahwa kita hampir dapat mengulangi kalimat “Pisang sehari dapat menjauhkan dokter”.

Mengonsumsi pisang segar dalam berbagai bentuk, baik itu smoothie, sebagai camilan malam yang dicampur dengan sirup gula atau mentah, telah terbukti membuat pria tetap sehat dan aktif, berkat sifat antioksidannya. Tapi tahukah Anda bahwa apa yang kita buang setelah memakan buah berdaging ini sama pentingnya dengan buah itu sendiri?

Ya, kulit pisang mengandung vitamin A, B, C dan seratnya yang memiliki kekuatan ajaib untuk meningkatkan pertumbuhan rambut, mengurangi ketombe dan juga membuat kulit Anda segar dan bercahaya. Baca terus untuk mengetahui kegunaan kulit pisang untuk menutrisi rambut dan kulit.

Kegunaan Kulit Pisang Untuk Kulit

Kulit mulus adalah dambaan setiap orang. Namun Anda bisa dengan mudah mewujudkan impian itu dengan masker wajah kulit pisang. Bahan kecantikan seperti karbohidrat, Vitamin B6, B12, potasium, magnesium membantu regenerasi sel dan menghaluskan permukaan kulit. Oleh karena itu, pengaplikasiannya pada bagian yang berbeda dengan campuran bahan yang berbeda dapat memberikan solusi yang tepat untuk mengatasi ruam, kerutan, jerawat, pengontrol minyak dan masih banyak lagi.

  1. Kulit Pisang untuk Anti Penuaan

Vitamin C dan antioksidan yang terkandung di dalamnya mengurangi munculnya kerutan dan menjaga kulit tetap segar dan bercahaya. Itu juga terus mengurangi ruam dan bekas di wajah secara alami. Masker wajah sederhana ini bisa dibuat dari kulit pisang matang. Kulit pisang yang matang mengandung Ethylene yang bertanggung jawab untuk mengubah gula kompleks menjadi gula sederhana, dan juga bertanggung jawab atas bintik-bintik coklat. Asam lemak teresterifikasi yang ada di dalamnya bereaksi untuk menghilangkan bekas luka dan bekas luka. Asam ini juga diekstraksi dan digunakan dalam berbagai lotion perawatan kulit.

Berikut masker pisang anti penuaan cepat yang bisa Anda coba:

  • Kerok bagian dalam kulit pisang dengan menggunakan garpu.
  • Campur dengan kuning telur.
  • Oleskan pada wajah Anda dan bilas setelah 5 menit.
  • Ulangi dua kali dalam seminggu.
  1. Kulit Pisang Untuk Mata Bengkak Dan Lingkaran Hitam

Memotong kulit pisang menjadi lapisan tipis dan meletakkannya di bawah mata dapat mengurangi lingkaran hitam. Dengan adanya lockdown, waktu pemakaian perangkat kita jelas meningkat; kulit pisang dapat berperan sebagai alat yang memberikan kesejukan dan kesegaran yang sangat dibutuhkan mata kita.

Tips: Campurkan dengan gel lidah buaya dan letakkan di bawah mata selama satu jam atau semalam.

  1. Kulit Pisang Untuk Kulit Gatal Dan Jerawat

Histamin dan vitamin C&E pada kulitnya meredakan gatal pada kulit dengan bertindak sebagai bahan pelembab dan menetralkan asam yang terbentuk. Karena kemampuannya dalam mengontrol minyak, kulit pisang juga dapat digunakan untuk menghilangkan sebum berlebih dan membantu mengurangi munculnya jerawat atau peradangan pada kulit.

Berikut ini masker yang bisa Anda buat sendiri di rumah untuk membantu menenangkan kulit gatal dan mengendalikan timbulnya jerawat.

  • Hancurkan kulit pisang matang.
  • Campur dengan beberapa tetes madu dan jus lemon.
  • Oleskan pada area yang terkena dan bilas setelah 15 menit.

Kegunaan Kulit Pisang Untuk Rambut

Setelah ditulis secara detail efektivitasnya pada kulit, kulit pisang juga tak kalah bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan rambut, menambah volume dan menutrisi hingga ke akar. Sifat antioksidan di dalamnya menetralisir radikal bebas dan membantu menjaga rambut kuat dan sehat. Stres dan polusi bisa menjadi salah satu dari banyak penyebab rambut rapuh, kerusakan rambut, uban prematur, dan rambut keriting. Kulit pisang, yang kaya akan mineral, dapat memberikan kelembapan dan perawatan yang tepat pada rambut kita agar tetap halus dan berkilau!

  1. Mengurangi Ketombe

Ketombe terbentuk oleh jamur yang memakan minyak di kulit kepala. Menerapkan masker rambut pisang pada kulit kepala dapat mengusir penyebab mikroskopis ini dan menambah kelembapan pada kulit kepala, membantu menahan patogen agar tidak tumbuh kembali.

Cobalah masker ini untuk rambut bebas ketombe.

  • (2-3 buah pisang) Ambil lapisan dalam dari kulitnya.
  • Campur bersama 2 sdm santan hingga menjadi pasta.
  • Tambahkan 1 sdt minyak kelapa dan air mawar ke dalam pasta.
  • Aduk pasta dengan 1 sdt dadih.
  • Oleskan pasta secara menyeluruh pada kulit kepala dan rambut.
  • Diamkan masker selama sekitar 15-20 menit sebelum Anda membilasnya.
  1. Kulit Pisang Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Tubuh kita menyerap kandungan silika yang ada dalam pisang sekaligus membentuk protein yang disebut kolagen, yang membantu memberikan rambut indah dan indah. Antioksidan berperan membangun sistem pertahanan yang lebih kuat dan menambah volume rambut, sehingga terlihat kuat dan ternutrisi dengan baik.

Oleh karena itu, kulit pisang merupakan bahan yang mudah untuk merawat rambut Anda secara alami dan memberikan kilau halus seperti sutra.

Baca Juga :

5 Manfaat Minyak Rosemary untuk Merevitalisasi Kulit Kepala dan Meningkatkan Kesehatan Rambutn

4 Manfaat Mengejutkan Kulit Pisang Untuk Wajah dan Cara Menggunakannya dengan Benar

Jangan Dibuang! Inilah 8 Manfaat Tak Terduga dari Kulit Pisang

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Cara Terbaik untuk Melembutkan dan Menghaluskan Tumit Pecah-Pecah

Tumit pecah-pecah bisa menjadi gangguan yang nyata. Mereka