Kebersihan yang penting bagi setiap wanita, pembalut atau tampon, digunakan secara luas di seluruh dunia, karena aksesibilitasnya yang mudah dan kemudahan penggunaannya. Namun jarang sekali wanita memikirkan apa yang terjadi pada serbet setelah mereka membuangnya.

Karena kandungan plastik di dalamnya, dibutuhkan waktu sekitar 500 hingga 800 tahun untuk terurai. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa India menghasilkan sekitar 9000 ton limbah dari pembalut wanita setiap tahunnya. Jadi apakah ada cara yang lebih baik?

  1. Pembalut Kain

Karena menstruasi merupakan hal yang rutin selama 30 hingga 35 tahun kehidupan seorang wanita, diperkirakan bahwa rata-rata seorang wanita menggunakan sekitar 10.000 pembalut. Hal ini hanya akan menambah biaya dan pencemaran lingkungan. Untuk mengatasi hal tersebut, pembalut kain bisa jadi solusi. Pembalut kain dapat dicuci dan digunakan kembali sehingga dapat membantu mencegah limbah yang dapat mencemari lingkungan serta lebih hemat. Pembalut kain juga diproduksi secara higienis dan tidak mengandung plastik, pembalut ini lembut di kulit dan bebas bahan kimia.

  1. Menstrual Cup

Menstrual cup yang terbuat dari silikon kecil ini mulai naik popularitasnya secara perlahan dan pasti. Menstrual cups hanya memerlukan dibeli sekali saja, dan Anda dapat menggunakannya selama bertahun-tahun. Menstrual cup diproduksi dengan silikon yang teruji secara medis dalam dua ukuran. Anda dapat memilih salah satu tergantung pada berbagai faktor, termasuk aliran Anda.

Menstrual cup dapat digunakan dengan baik bagi mereka yang sudah menggunakan tampon, namun pengguna berpendapat bahwa memasukkannya adalah proses yang mudah dan akan membuat orang terbiasa dengan cepat. Menstrual cup rata-rata dapat menampung aliran hingga 12 jam. Tergantung pada merek cangkirnya, Anda dapat menggunakannya hingga sepuluh tahun tanpa harus menggantinya. Itu hanya perlu dikosongkan dan dibersihkan. Peringatan dari para ginekolog: ini mungkin tidak cocok untuk mereka yang tidak disarankan menggunakan tampon.

  1. Celana Dalam Tahan Menstruasi

Ya, pakaian dalam ini telah ditemukan dan tersedia di pasar. Bagi mereka yang ingin mencoba alternatif yang lebih mudah daripada cangkir menstruasi, pakaian dalam anti menstruasi hadir dengan bahan penyerap yang menghilangkan ketegangan noda atau kebocoran. Pengguna mengatakan itu tidak terasa besar.

Ini bisa dipakai pada hari-hari dengan arus deras, tetapi sering kali dilengkapi dengan pembalut.

  1. Tampon Spons Laut

Meski terdengar unik, tampon ini terbuat dari spons laut alami dan tersedia dalam berbagai ukuran. Mereka memberikan alternatif yang sangat baik untuk tampon dan pembalut wanita yang diproduksi secara sintetis. Perlu diketahui, ini bukan spons biasa yang Anda beli di pasaran untuk berbagai keperluan di sekitar rumah. Ini terbuat dari spons laut yang dipanen dari dasar laut, dan diolah agar dapat digunakan. Satu tampon spons laut bisa bertahan hingga enam bulan, tergantung kegunaannya. Disarankan agar Anda membuangnya setelah Anda melihatnya robek saat dimasukkan atau dikeluarkan.

Tampon mungkin terasa keras saat disentuh saat kering, tetapi saat lembap, tamponnya lembut dan memiliki daya serap yang sangat baik. Itu seharusnya dibasahi dan diperas hingga kering sebelum digunakan.

Baca Juga :

Ternyata Pembalut Bisa Kamu Gunakan Untuk 10 Hal Ini, Loh!

3 Produk Pembalut yang Dapat Digunakan Kembali untuk Hidup Lebih Ramah Lingkungan

Mengenal Lebih Dalam Tentang Menstrual Cup Untuk Gantikan Pembalut

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Vitamin Untuk Kesehatan Hati

Hati Anda memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan