Eksfoliasi di rumah cukup mudah. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapat, lembut di kulit dan juga efektif. Berikut bahan-bahan yang bisa Anda gunakan:

1. Gula

Gula merupakan sumber asam glikolat yang meningkatkan produksi sel kulit baru sekaligus membuat tekstur lebih halus. Dapat digunakan dengan bahan kombinasi seperti minyak zaitun, madu, dan tomat. Jika Anda memiliki kulit kering, gunakan madu dan gula untuk mengelupas kulit, tetapi jika Anda memiliki kulit sensitif, hindari tomat. Lulur gula membantu menghilangkan kotoran dari pori-pori sekaligus memberi tekstur ulang pada kulit.

Cara Penggunaan:

Campur minyak dan gula dengan perbandingan 2:1. Aduk rata dan oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan. Gunakan gerakan memutar untuk memijat kulit selama beberapa menit sebelum dicuci dengan air hangat.

2. Madu

Madu membantu menghidrasi kulit, sekaligus menghilangkan kuman dengan lembut dan menenangkan kulit yang meradang. Ia juga memiliki sifat antibakteri yang membantu menyembuhkan kulit sekaligus mengelupasnya.

Cara Penggunaan:

Campurkan satu sendok makan madu dengan setengah sendok makan kulit jeruk atau lemon. Tambahkan sejumput kunyit jika Anda mau. Oleskan pada wajah yang bersih, parut wajah dan bilas dengan air hangat. Anda juga bisa menggunakannya dengan tepung gram dan yoghurt.

3. Yogurt

Yoghurt adalah eksfoliator alami. Ini ringan dan memiliki sifat membersihkan kulit. Mengandung asam laktat, vitamin D dan probiotik yang bermanfaat bagi kesehatan kulit. Ini menenangkan, menghaluskan dan meratakan warna kulit.

Cara Penggunaan:

Oleskan langsung dan biarkan selama 20 menit lalu bilas.

4. Lemon 

Lemon kaya akan asam sitrat yang berfungsi sebagai eksfoliator kimia alami. Selain mengelupas kulit dengan lembut, ia juga memiliki sifat mencerahkan kulit. Ia memiliki vitamin C yang mengurangi pigmentasi dan merawat kulit kering dan kerutan sekaligus membersihkan pori-pori secara mendalam.

Cara Penggunaan:

Menggunakan lemon dengan gula adalah salah satu scrub paling populer untuk kulit normal. Sebaiknya hindari penggunaan lemon langsung pada kulit sensitif. Campurkan dua sendok makan jus lemon dan satu sendok teh gula. Oleskan campuran tersebut pada wajah Anda dengan kapas, gosok dan bilas setelah 10 menit.

5. Pepaya

Pepaya mengandung papain yang merupakan enzim yang melarutkan sel kulit mati. Enzim ini membantu menyembuhkan kulit dan mencerahkan garis-garis halus dan bintik-bintik penuaan.

Cara Penggunaan:

Campurkan satu sendok makan pepaya dengan dua sendok makan bijinya yang harus dihaluskan dan satu sendok makan minyak zaitun. Gosok wajah Anda dengan lembut dan bilas. Lulur tidak boleh dibiarkan di wajah lebih dari satu menit, karena enzim buah yang kuat dapat menyebabkan iritasi jika dibiarkan lebih lama.

6. Oat 

Oat kaya akan antioksidan yang juga menghilangkan kelebihan minyak pada kulit. Bahan ini memiliki sifat melembapkan yang bermanfaat bagi mereka yang memiliki kulit kering.

Cara Penggunaan:

Campurkan dua sendok makan oat yang ditumbuk halus dengan satu sendok makan madu. Anda dapat menambahkan sedikit air untuk memberikan konsistensi seperti pasta. Oleskan pada wajah yang telah dibersihkan dan gosok dengan lembut. Biarkan selama tiga hingga empat menit sebelum dibilas.

Baca Juga :

Apa Itu Eksfoliasi Kulit Kepala Dan Mengapa Penting

6 Teknik Eksfoliasi DIY untuk Kulit Segar dan Bercahaya

8 Jenis Eksfoliasi Kimia Dan Manfaatnya

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Cara Terbaik untuk Melembutkan dan Menghaluskan Tumit Pecah-Pecah

Tumit pecah-pecah bisa menjadi gangguan yang nyata. Mereka