Tahukah kamu? Banyak yang menyebutkan bahwa pembalut wanita ditemukan pada abad ke-4 Masehi. Sekarang, pembalut sudah ada di hampir semua rumah tangga. 

Bahan yang digunakan untuk pembalut atau pantyliner dirancang untuk menyerap sekaligus menyimpan cairan, demi menjaga lapisan luarnya tetap kering dan lembut. Itulah mengapa, pembalut dan pantyliner bisa memiliki banyak kegunaan lain, tidak hanya sebagai penampung darah menstruasi atau menjaga agar Miss V tidak lembap.

Berikut adalah beberapa manfaat lain dari pembalut yang mungkin tidak pernah kamu duga sebelumnya :

  1. Pembalut untuk mengharumkan laci

Kamu dapat menggunakan pembalut atau pantyliner untuk membuat laci kamu jadi harum. Caranya, semprotkan parfum favorit kamu atau taruh beberapa tetes minyak esensial favorit kamu pada pembalut atau pantyliner, lalu letakkan pembalut di dalam laci. Kamu bisa meletakkan pembalut di antara pakaian dalam atau kaos kaki kamu.

  1. Pembalut untuk membersihkan layar HP

Keringat, debu, minyak dari kulit, bekas sunscreen dan bekas make up kamu, semuanya masuk ke layar handphone. Kotoran itu menumpuk dan menjadi sangat menjijikan. Nah, kamu bisa memanfaatkan pembalut untuk membersihkan layar HP kamu. 

Bahan yang digunakan untuk pembalut dan pantyliner sangat lembut dan halus sehingga dapat menjadi alternatif yang baik untuk tisu. Cara membersihkannya mudah, cukup tambahkan setetes air ke pembalut dan bersihkan layar kamu.

  1. Pembalut untuk menghapus make up dan cat kuku

Kehabisan kapas di rumah atau saat dalam perjalanan? Jangan khawatir, kamu bisa memanfaatkan pembalut. Seperti yang telah diketahui, pembalut terbuat dari bahan yang lembut dan aman untuk kulit, sehingga dapat kamu gunakan untuk menghilangkan riasan atau cat kuku. Caranya, potong pembalut dengan ukuran kecil-kecil. Lalu, oleskan beberapa tetes penghapus make up atau penghapus cat kuku, kemudian gunakan pembalut untuk membersihkannya. 

  1. Pembalut untuk menyerap noda keringat

Sebagian besar dari kita mungkin sering menghadapi keringat berlebih, terutama saat  musim panas. Untuk mencegah noda keringat di baju, kamu bisa meletakkan pembalut di bagian dalam ketiak. Pembalut atau pantyliner memiliki ketebalan yang cukup tipis, sehingga tidak akan terlihat. Mereka dapat menyerap kelembapan dan keringat, sehingga kamu akan terhindar dari noda kekuningan yang mengerikan di pakaian.

  1. Pembalut untuk perban

Bantalan pembalut juga bisa kamu pakai sebagai perban jika kamu mengalami luka atau goresan yang berdarah. Caranya, letakkan di sisi yang lembut pada kulit dan tempelkan pada luka, sampai darah kamu berhenti. Bantalan lembut akan menyerap darah kamu dan juga melindungi luka kamu dari goresan luar saat kamu beraktivitas.

  1. Pembalut untuk melindungi kacamata

Jika kamu khawatir kacamata kamu tergores dalam soft case, pembalut dapat kamu andalkan untuk menghindari goresan. Caranya, masukkan pembalut kamu ke dalam case kacamata, dengan posisi area lembut menghadap kacamata. 

  1. Pembalut untuk melindungi kaki dari sepatu yang tidak nyaman

Sebagian besar dari kita mungkin memiliki setidaknya satu pasang sepatu yang sangat keren saat dipakai, tapi terasa tidak nyaman bahkan bisa membuat kaki luka saat digunakan dalam waktu yang lama.

Nah, jika tidak ingin kaki kamu lecet, melepuh, atau bahkan sampai bengkak, kamu bisa memanfaatkan pembalut. Caranya potong beberapa strip dari pembalut dan letakkan di dalam sepatu kamu. Pilihlah area sepatu yang membuat kamu sakit, dan tempelkan strip pembalut di sana.

  1. Pembalut untuk melindungi kaki dari sepatu hak tinggi

Sama seperti melindungi kaki dari sepatu yang tidak nyaman, kamu juga bisa menggunakan pembalut untuk sepatu hak tinggi yang menyiksa. 

Jika kamu sering mengenakan sepatu hak tinggi, kamu pasti mengalami kesulitan ketika kaki kamu berkeringat, kemudian kamu akan mudah tergelincir ke bawah. 

Saat hal itu terjadi, pembalut bisa membantu kamu. Untuk mencegah pengalaman yang tidak menyenangkan ini, masukkan pembalut ke dalam sepatu hak tinggi. Pembalut atau pantyliner akan menyerap kelembapan di kaki kamu, sehingga kamu tidak akan tergelincir. Tenang, pantyliner tidak akan terlihat sama sekali, kok!

  1. Pembalut untuk menghilangkan bau sepatu

Saat kita berkeringat, sepatu kita kan berbau tidak sedap. Hal ini berasal dari bakteri yang tumbuh dengan cepat di lingkungan hangat dan lembap, seperti di dalam sepatu yang menyimpan keringat kaki kamu. 

Gunakan bantalan pembalut di atas sepatu di sepatu kamu untuk mencegah bau tidak sedap yang mengganggu. Dengan pembalut, kelembaban pun akan terserap, sehingga bakteri tidak mudah tumbuh, dan sepatu kamu tidak akan berbau.

  1. Pembalut untuk melindungi payudara dari bra yang tidak nyaman

Pernahkah kamu mengalami situasi di mana kawat bra kamu menembus kain bra dan menyakiti payudara? Tentu saja itu pengalaman yang sangat menyebalkan. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan pembalut. Caranya, potong pembalut dan lilitkan di sekeliling kawat bra. Usahakan sisi lembutnya keluar, sehingga akan melindungi payudara kamu dari kawat yang tak nyaman.

Baca Juga :

3 Produk Pembalut yang Dapat Digunakan Kembali untuk Hidup Lebih Ramah Lingkungan

Mengenal Lebih Dalam Tentang Menstrual Cup Untuk Gantikan Pembalut

Hey… Jangan Lupa Ganti Pembalut Kamu! Karena Jika Tidak, Kamu Pasti Akan Menyesal

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Menurut Para Chef, 6 Hal Ini Bisa Membedakan Restoran Baik dan Buruk

Makan di rumah memang paling hemat dan nikmat,