Banyak orang merasa jijik ketika harus membersihkan dudukan toilet. Mereka merasa bahwa itulah barang paling kotor dan paling banyak mengandung kuman. Padahal, tidak.

Fakta menunjukkan bahwa handuklah yang menjadi barang paling kotor dan paling banyak mengandung bakteri. Jadi, jika sampai sekarang kamu masih menggunakan handuk untuk menyeka wajah kamu, itu artinya, kamu memindahkan semua kuman dan kotoran ke wajah kamu.

Berikut adalah beberapa alasan kuat yang akan membuat kamu berhenti menggunakan handuk untuk mengeringkan wajah:

  1. Handuk bisa membuat kamu berjerawat

Mengeringkan wajah menggunakan handuk yang sama dengan handuk yang kamu gunakan untuk mengeringkan tubuh, bisa sangat merusak kulit kamu. 

Handuk adalah tempat yang sempurna bagi rumah bakteri. Mengapa? Karena kita biasa menyimpan handuk di kamar mandi yang udaranya lembap, sehingga lingkungan ini sangat ideal bagi bakteri untuk tumbuh. 

Saat kamu mengeringkan wajah kamu dengan handuk itu, maka kamu akan memindahkan semua bakteri di handuk secara langsung ke kulit kamu, yang pada akhirnya akan menyebabkan jerawat, serta pori-pori tersumbat. 

Meskipun kamu menggunakan handuk terpisah untuk wajah, dapat dipastikan kamu tidak akan mencuci handuk itu setiap hari, bukan? Nah, karena itulah, bakteri masih bisa tumbuh di handuk kamu dan membahayakan kulit wajah. 

  1. Kulit kamu akan lebih cepat menua

Handuk mandi biasanya terbuat dari bahan yang agak kasar, sehingga tidak baik untuk kulit wajah yang sensitif. Jika kamu terus-menerus menggunakannya, maka kulit wajah kamu bisa sobek atau terluka, sehingga rentan terhadap infeksi dan kerutan. 

Faktanya, semakin sering kamu mencuci handuk, maka handuk kamu pun akan semakin rapuh, dan gesekan yang ditimbulkan dari handuk yang rapuh ini bisa menyebabkan pengelupasan kulit yang tidak baik bagi wajah. 

  1. Handuk dapat mengurangi kasiat dari produk perawatan kulit

Meskipun mengeringkan wajah setelah mencuci terlihat normal dan biasa saja, tapi sebenarnya ini dapat mengurangi kasiat dari produk perawatan kulit yang kamu pakai. 

Pelembap yang kamu gunakan akan lebih meresap ke dalam kulit sebelum semua air di wajah kamu menguap dari permukaan. Untuk itu, tidak mengeringkan wajah dengan handuk justru akan lebih baik bagi kulit wajah.

Hal ini akan memungkinkan produk perawatan kulit kamu mengunci kelembapan yang dibutuhkan kulit, agar terlihat awet muda dan tetap bercahaya.

  1. Handuk dapat mengiritasi kulit kamu

Jika kamu memiliki kulit sensitif, dapat dipastikan bahwa menggunakan handuk untuk mengeringkan wajah bukanlah pilihan yang tepat.

Karena sebagian besar kain handuk memiliki tekstur yang bisa jadi terlalu keras untuk kulit kamu, maka menyeka wajah dengan handuk akan membuat kulit kamu memerah dan iritasi. 

  1. Handuk bisa membuat kulit kamu jadi berminyak

Ini mungkin terdengar kontradiktif, tetapi mengeringkan kulit sebenarnya bisa membuat kulit kamu semakin berminyak. 

Mengapa demikian? Karena ternyata, handuk yang bertekstur kasar dapat menghilangkan minyak alami yang dibutuhkan kulit kamu untuk tetap sehat.

Kelenjar sebaceous di bawah permukaan kulit harus memproduksi lebih banyak minyak untuk mengimbangi kondisi kulit kering yang akan menyebabkan kulit menjadi semakin berminyak.

Lalu, bagaimana cara mengeringkan wajah tanpa handuk?

Nah, alih-alih mengeringkan wajah kamu dengan handuk, kamu bisa serahkan tugas pengeringan itu kepada udara di sekitar kamu. 

Meskipun membutuhkan lebih banyak waktu untuk mengeringkan kulit, pengeringan alami, atau pengeringan wajah dengan udara, justru lebih higienis dan lembut bagi kulit kamu.

Lakukan hal berikut ini untuk mengeringkan kulit kamu :

  • Cuci muka seperti biasa.
  • Biarkan kulit kamu mengering secara alami.
  • Oleskan pelembab favorit kamu.

Mudah, kan?

Baca Juga :

5 Penyebab Munculnya Flek Hitam pada Wajah

Hati-hati, 6 Kesalahan Make Up Ini Bisa Membuat Wajahmu Terlihat Lebih Buruk

Alasan Mengapa Sisi Kiri Wajah Lebih Menarik dari Sisi Kanan Saat Selfie

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Cukup 10 Menit Saja, Skincare Ala Orang Jepang Ini Akan Membuat Kulit Jadi Glowing

Mendapatkan kulit bersih, cantik, dan sehat, membutuhkan waktu