Make Up banyak membantu kita untuk menonjolkan fitur menarik dari wajah kita dan menyembunyikan beberapa ketidaksempurnaan pada wajah, sehingga kita bisa tampil percaya diri. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara pengaplikasian make up yang benar, serta cara pemakaian dalam jumlah yang tepat sesuai dengan jenis dan warna kulit kamu. 

Tapi sayangnya, kita cenderung membuat kesalahan tertentu yang dapat membuat wajah kita terlihat sangat berbeda dan tidak seperti apa yang kita inginkan. Berikut adalah daftar kesalahan make up yang sering membuat wajah kita terlihat lebih buruk :

  1. Tidak mempersiapkan kulit sebelum make up

Make Up yang baik dimulai sebelum mengaplikasikan produk. Pertama, kamu perlu membersihkan dan menyeimbangkan kulit terlebih dahulu untuk menghilangkan residu dan membersihkan pori-pori. Kemudian kamu bisa melanjutkan dengan primer. 

Primer tidak hanya membantu make up kamu tahan lama sampai malam, tetapi juga berguna untuk menyembunyikan noda kecil. Oleskan primer ke kulit yang lembap dengan baik untuk melembutkan kerutan, mengecilkan pori-pori, dan membuat kulit terlihat lebih halus.

  1. Mengenakan concealer yang terlalu terang

Saat kita ingin menutupi lingkaran hitam di bawah mata, kita biasanya memilih warna yang lebih terang, karena berpikir itu akan menghasilkan keajaiban dan menghilangkan lingkar hitam. Namun yang terjadi justru sebaliknya, kulit kamu akan  terlihat lebih abu-abu, dan membuat wajahmu jadi tampak lelah.

Cara yang benar untuk menyembunyikan lingkaran hitam kita adalah dengan menggunakan primer yang sedikit lebih terang daripada warna foundation kita. Setelah itu, baru gunakan concealer dengan warna yang sama dengan kulit kamu.

  1. Tidak menggunakan kuas untuk mengaplikasikan foundation

Menggunakan jari kamu untuk mengaplikasikan foundation memang praktis, tapi hal itu dapat menyebabkan hasil akhir yang tidak sempurna. Selain itu, menggunakan jari secara langsung juga tidak higienis. Sebaliknya, kuas make up akan membantu menghemat produk yang kamu gunakan dan kamu pun akan mendapatkan hasil yang lebih rapi.

Kamu harus berhati-hati saat menggunakan foundation karena foundation adalah produk yang harusnya memberikan warna seragam pada kulit kamu dan akan menjadi lapisan dasar untuk keseluruhan make up kamu. Memakai terlalu banyak foundation akan membuat kamu terlihat seperti sedang memakai “topeng”. 

  1. Berlebihan dengan bedak

Penggunaan bedak yang berlebihan bisa membuat kamu terlihat berlebihan dan sangat tidak alami. Kamu perlu mengontrol seberapa banyak bedak yang kamu gunakan dan mengaplikasikannya secara bertahap sampai kamu mendapatkan efek yang diinginkan. 

Cara pengaplikasian bedak yang benar adalah :

  • Mulailah dengan mengaplikasikan bedak pada garis rambut dan dahi
  • Kemudian aplikasikan melintasi area tengah wajah kamu (mulai dari dari satu pipi ke pipi lainnya, melewati hidung)
  • Terakhir, aplikasikan pada dagu
  1. Terlalu banyak maskara di bulu mata bawah

Maskara adalah solusi terbaik kita ketika saat ingin melebarkan mata kita dan memberikan efek cerah dan ceria pada wajah. Namun, kamu harus berhati-hati saat mengaplikasikannya ke bulu mata bagian bawah, karena terlalu banyak maskara di bulu mata bawah justru bisa membuat kerutan kamu makin terlihat.

Sebaliknya, gunakan produk dalam jumlah yang tepat untuk menghindari kelopak mata atas kamu terlihat lebih kecil. Jika tidak, kamu justru akan mendapatkan noda maskara pada bulu mata atau gumpalan maskara yang dapat membuat kamu terlihat berantakan.

  1. Eyeliner terlalu tebal

Menerapkan eyeliner adalah salah satu hal tersulit saat kamu make up. Kamu harus cermat dan hati-hati saat mengaplikasikannya. Salah satu kesalahan paling umum adalah mengaplikasikan lapisan eyeliner yang terlalu tebal. Hal ini dapat menyebabkan kelopak mata kamu justru tampak lebih kecil dan seperti berkerudung. Sebaiknya kamu tidak mengaplikasikan eyeliner pada garis bulu mata bagian bawah dan hanya gambar garis tipis di ujung garis mata saja. 

Baca Juga :

Kesalahan Makeup yang Bikin Kamu Jadi Berjerawat

Apakah Kamu Sering Melakukan Kesalahan Makeup? Jangan Galau, Move On dengan Cara Ini

13 Kesalahan Makeup yang Sudah Seharusnya Kamu Hindari

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

8 Tren Make Up yang Sudah Ketinggalan Zaman

Tren make up seperti smokey eyes, kontur atau