Banyak dari kita telah mendengar berbagai tips pola makan sehat dan memahami fakta tentang makanan tertentu yang sehat untuk dikonsumsi. Tapi kemudian, ada lagi fakta yang menyebutkan bahwa itu adalah mitos. Makanan dan minuman yang diyakini sehat ternyata tidak sesehat yang kita pikirkan. 

Nah, berikut adalah daftar makanan dan minuman sehat yang ternyata tidak sepenuhnya baik untuk tubuh beserta alasannya : 

  1. Air lemon

Karena keasamannya, lemon dapat memperburuk refluks asam. Cairan asam, seperti air lemon, juga bisa merusak enamel gigi. Dokter gigi merekomendasikan penggunaan sedotan saat meminum air lemon dan juga kumur setelah minum air lemon.

  1. Teh

Kita tahu bahwa konsumsi kopi berlebihan dapat menodai gigi, tetapi tidak hanya kopi saja, teh pun juga dapat memengaruhi warna email gigi kamu. Karena teh mengandung lebih banyak tanin daripada kopi, bahkan lebih mungkin menyebabkan perubahan warna yang bertahan lama. 

Jika tidak ingin gigi kamu ternoda dan berubah warna, minumlah segelas air setelah minum secangkir teh untuk membantu mengurangi noda.

  1. Buah kering

Banyak orang mengganti permen dengan buah kering, padahal ini sebenarnya bisa sangat berbahaya bagi gigi. Perusahaan sering menggunakan pewarna makanan buatan untuk membuat buah kering menjadi lebih menarik, dan ini dapat menodai gigi kamu. Buah kering juga dapat menurunkan sekresi air liur alami dari mulut kamu. Karena air liur membantu melawan bakteri, ini dapat menyebabkan lebih banyak masalah kesehatan mulut.

  1. Makanan rendah kalori

Lebih dari 80% orang justru mengalami kenaikan berat badan lagi setelah mereka berhenti diet, dan para ilmuwan percaya bahwa salah satu penyebabnya adalah makanan rendah kalori. Jika kamu mendapatkan lebih sedikit kalori dari yang sebenarnya dibutuhkan tubuh kamu, ini akan menyebabkan metabolisme kamu melambat. 

Karena kebanyakan diet biasanya rendah protein, hal itu bisa memengaruhi jaringan otot kamu. Alih-alih membatasi kalori yang kamu konsumsi, sebaiknya kamu makan cukup protein dan menambahkan olahraga ke dalam rutinitas harian kamu.

  1. Protein bubuk / Protein Shake

Protein memang sangat penting untuk otot dan kekuatan tubuh kamu. Tetapi protein dalam bentuk suplemen yang biasanya berupa bubuk yang diminum atau dicampur dengan susu, bisa berbahaya. Protein bubuk atau Protein Shake dapat menyebabkan gangguan pencernaan jika tubuh kamu tidak toleran terhadap laktosa. Jika kamu menjalankan pola makan yang sehat, kamu akan mendapatkan cukup protein dari makanan kamu, kok. 

  1. Jus hijau

Jus hijau telah menjadi tren kesehatan sejak lama, tetapi sebenarnya minuman ini tidak menawarkan manfaat kesehatan sebanyak buah dan sayuran. Serat dalam sayur dan buah akan berkurang saat kamu mengubahnya menjadi jus. Padahal, serat ini penting untuk pencernaan dan menjaga berat badan yang sehat.

  1. Makanan gluten free / Makanan bebas tepung

Menu makanan gluten free sangat penting bagi orang yang menderita alergi terhadap gluten (tepung). Tapi, jika kamu tidak memiliki masalah dengan tepung dan mengubah menu makan kamu menjadi gluten free, hal ini bisa mengganggu kesehatan kamu, loh. Karena di luar sana banyak makanan yang bebas tepung tapi justru mengandung lebih banyak kalori dan gula. 

Baca Juga :

7 Makanan Sehat Untuk Meningkatkan Kesuburan

6 Makanan Sehat yang Tidak Boleh Dikonsumsi Secara Berlebihan

Hati-hati, 5 Makanan Sehat Ini Ternyata Mengandung Banyak Gula

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Tidak Sampai 10 Menit, Rangkaian Olahraga Ini Akan Melatih Kaki dan Pantat Kamu

Olahraga sejatinya adalah kebutuhan setiap orang. Namun terkadang,