Kamu pikir kamu sudah makan makanan sehat? Hmm, kamu sebaiknya berpikir lagi. Gula bersembunyi di mana-mana dalam makanan kita. Hati-hati.

Selain dari kue ulang tahun lezat yang tidak bisa kamu lewatkan saat pesta, ternyata gula mengintai di setiap makanan kita. Bahkan, beberapa makanan yang disebut “bergizi” sebenarnya dikemas dengan gula yang cukup banyak.

Organisasi Kesehatan Dunia merekomendasikan orang dewasa mengonsumsi maksimal 25 gram (enam sendok teh) per hari, lebih aman lagi jika kamu menguranginya. Mungkin kamu merasa tidak memakan gula sebanyak itu saat minum teh atau kopi, tapi kamu tetap perlu hati-hati.

Perhatikan daftar makanan “bergizi” yang ternyata menyimpan banyak gula dan harus kamu hindari, berikut ini :

  • Yogurt

Kalian para pencinta yogurt sepertinya harus berhati-hati dan waspada mulai sekarang. Pasalnya, beberapa jenis bahkan memiliki lebih banyak gula, mungkin mengandung sekitar 29 gram gula per sajian. Itu tidak berarti kita harus mengeluarkan yogurt dari diet kita. Carilah merek yogurt dengan kadar gula tidak lebih dari 20 gram per sajian.

  • Granola
Healthy breakfast. Bowl of yogurt with granola and berries

Taburan granola di atas yogurt adalah hidangan yang menggiurkan. Satu setengah cangkir granola bisa mengandung lebih dari 12 gram gula. Bar granola polos dan tidak beraroma akan lebih baik untuk kesehatan kamu, tetapi rasanya tidak enak, dan itu pun masih mengandung 6 gram gula. Jika kamu benar-benar mendambakan kerenyahan pada yogurt yang kamu santap, ganti granola dengan kacang-kacangan, seperti kacang almond, misalnya.

  • Minuman Olahraga dan Jus Buah

Kamu perlu berpikir dua kali sebelum menyegarkan tenggorokanmu dengan minuman olahraga setelah kamu lelah berolahraga. Hanya satu minuman saja dapat mengandung 5 sendok teh gula, menurut Universitas Harvard. Bahkan, jus jeruk bisa lebih buruk lagi. Jus Jeruk bisa mengandung 10 sendok teh, sama dengan sekaleng soda. Cobalah untuk tidak minum minuman olahraga, sebagai gantinya, minumlah air putih. Kemudian, usahakan untuk tidak menambahkan gula di jus buah yang kamu konsumsi.

  • Dressing Salad

Salad mungkin memang baik untuk kamu, asalkan diisi dengan beragam sayuran segar. Tetapi apa yang kamu tuangkan di atasnya menambah banyak konsumsi gula. Kamu perlu hati-hati dalam memilih dressing, karena terkadang pilihan salad “rendah lemak” yang tampaknya sehat, sering kali merupakan pilihan terburuk, karena lemak yang dihilangkan sering diganti dengan gula.

  • Saus Tomat

Meskipun ini tidak termasuk dalam kategori makanan sehat, tapi saus tomat adalah sebuah kewajiban ketika kamu makan camilan seperti french fries atau makan fried chicken. Ternyata, menambahkan saus tomat pada makanan kamu (satu sendok makan saus tomat) sama dengan mengonsumsi satu sendok teh gula. Jadi, bagi kamu yang menghindari gula, jangan makan saus tomat terlalu banyak, ya.

Apakah ini berarti kamu tidak boleh makan makanan yang mendung gula sama sekali? Tidak perlu panik. Masih oke kok menikmati makanan manis dan makanan yang mengandung gula alami. Kuncinya adalah membatasi jumlah gula yang kita makan dan seberapa sering kita memakannya.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/kamu-mengalami-gangguan-kecemasan-di-pagi-hari-berikut-penyebab-dan-penanggulangannya-menurut-pakar-kesehatan-mental/

http://www.tampilcantik.com/mengenal-stevia-si-manis-rendah-kalori-yang-bisa-jadi-pengganti-gula/

http://www.tampilcantik.com/mengenal-perbedaan-tipe-celana-jeans-slim-fit-regular-fit-dan-skinny-jeans/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Makanan yang Boleh dan Tidak Boleh Kamu Makan Saat Menstruasi

Tahukah kamu? Kebutuhan nutrisi wanita akan berubah sepanjang