Jika kita membicarakan tentang masalah kulit, salah satu masalah yang paling sering muncul adalah bintik hitam atau yang biasa disebut juga dengan flek hitam. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan munculnya flek hitam, mulai dari paparan sinar matahari hingga faktor genetik. Karena kita tidak dapat mengubah gen kita, maka ada beberapa hal yang harus kita perhatikan untuk melakukan perawatan diri yang benar agar terhindar dari flek hitam.

Sebelumnya, kamu perlu tahu dulu, sebenarnya apa saja yang memicu munculnya flek hitam. Simak daftar penyebab flek hitam berikut ini :

  1. Lampu dan pencahayaan

Hanya sedikit orang yang mengetahui hal ini, tetapi paparan cahaya di dalam rumah ternyata dapat memicu flek hitam di wajah, loh. Hal ini terjadi karena cahaya yang tampak atau cahaya fluoresens dapat memengaruhi hiperpigmentasi di kulit kamu. Jenis cahaya ini ada di komputer, TV, dan bahkan di smartphone

Untuk mencegahnya, kamu harus selalu menggunakan sunscreen, tidak peduli apakah kamu keluar rumah atau tidak, dan apakah cuaca sedang mendung atau sedang panas terik, kamu harus selalu memakai sunscreen

  1. Jerawat

Melihat jerawat di wajah memang sangat mengganggu. Tapi bukan berarti kamu harus memecahkan jerawat dengan paksa, ya! Jika kamu tidak dapat menahan keinginan kamu untuk memencet atau memecahkan jerawat, maka kulit kamu bisa meradang. Hal ini akan memicu produksi melanin yang akan menghasilkan flek hitam dan bekas luka di kulit. 

Untuk mencegah jerawat semakin parah, kamu bisa konsultasikan dengan dokter kulit dan cari tahu apa penyebab jerawat kamu dan bagaimana cara mengobatinya.

  1. Tidak memakai sunscreen

Sudahkah kamu memakai sunscreen hari ini?

Mungkin banyak dari kamu yang akan menjawab “belum”.

Nah, inilah salah satu penyebab dari munculnya flek hitam. Jika kamu menjalani hari tanpa sunscreen, atau kamu malas menggunakan sunscreen, kulit wajah kamu yang akan menanggung akibatnya. 

Mengingat sebagian besar flek hitam disebabkan oleh kerusakan kulit akibat sinar matahari, maka gunakanlah selalu sunscreen mulai dari pagi hari setelah kamu membersihkan wajah. Jika perlu, kamu juga bisa mengoleskan sunscreen lagi di siang hari. 

  1. Tidak menghapus skincare malam hari

Jika kamu pernah pergi ke dokter kulit dan mengeluh tentang flek hitam, kemungkinan besar dokter akan menyarankan penggunaan produk skincare untuk malam hari. Beberapa produk skincare malam, terutama yang bersifat asam, berpotensi menghilangkan noda tetapi juga berpotensi mengiritasi kulit dan menyebabkan flek hitam. 

Jika asam dalam perawatan malam hari kamu berpotensi mengiritasi kulit kamu, jangan lupa untuk menghilangkannya dengan mencuci wajah di pagi hari lalu gunakan sunscreen.

  1. Skincare lemon dan matahari

Di luar sana memang ada banyak skincare alami yang bebas dari bahan kimia. Salah satunya adalah skincare dengan lemon atau jeruk nipis.  Tapi ternyata, perawatan dengan lemon ini bisa berbahaya ketika dikombinasikan dengan sinar matahari, karena dapat menyebabkan timbulnya flek hitam atau memperburuk masalah flek hitam di kulit kamu.  

Untuk menghindari hal ini terjadi, jangan biarkan wajah kamu terpapar sinar matahari saat menggunakan masker dari lemon atau jeruk nipis. Kamu juga harus selalu mencuci wajah sampai benar-benar bersih setelah melakukan perawatan dengan lemon, agar aman saat nanti harus keluar rumah dan terpapar sinar UV. 

Baca Juga :

Yuk, Ketahui Flek Hitam Secara Lebih Mendalam

Madu Bisa Hilangkan Flek Hitam, Benarkah Demikian?

Menghilangkan Flek Hitam Menggunakan Dermaroller, Emang Bisa?

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Rahasia Skincare Celine Dion, Tetap Cantik Meski Usia Sudah 50-an

Tentu kamu mengenal Celine Dion bukan? Seorang living