Tubuh pria ternyata menyembunyikan banyak fakta yang tak banyak diketahui publik. Beberapa keanehan yang terjadi di dalam tubuh pria bahkan tidak diketahui oleh sang pemilik tubuh, loh. Nah, untuk mengobati rasa penasaran kamu, berikut adalah fakta tentang tubuh seorang pria : 

  1. Wajah pria cenderung awet muda

Wajah seorang pria jauh lebih awet mudanya daripada wajah wanita. Ini semua karena  kulit pria kehilangan konsentrasi kolagennya jauh lebih lambat seiring bertambahnya usia, jadi kulit pria lebih tahan terhadap kerutan dan bebas kendur. 

Tapi sayangnya, karena pria cenderung kurang merawat kulit wajah mereka dibandingkan dengan wanita, maka pria lebih rentan terhadap kondisi eksternal seperti sinar UV, misanya. Di luar sana tidak banyak pria yang rajin menggunakan sunscreen.

  1. Pria memiliki kelenjar susu

Pria juga memiliki kelenjar dalam payudara mereka yang dapat menghasilkan susu. Tetapi, jika terjadi produksi susu, maka itu merupakan kelainan bagi tubuh pria. Hal ini dapat terjadi jika terlalu banyak hormon prolaktin yang diproduksi dalam tubuh. Ini mungkin akibat dari jenis perawatan medis tertentu yang digunakan untuk merangsang jantung, atau karena rasa lapar yang ekstrem. Jangan salah, pria juga bisa terkena kanker payudara, loh!

  1. Pria rawan mengalami kebotakan

Kecenderungan genetik pada seseorang untuk berisiko botak diwariskan oleh kromosom X ibu, tetapi hal ini tidak sepenuhnya terjadi. Ada faktor lain yang tidak kalah pentingnya.  Jika ayah dari seorang pria mengalami kebotakan, kemungkinan pria tersebut mengalami botak bisa meningkat 60%. 

Aktivitas hormon pria juga mempengaruhi folikel rambut sehingga tubuh secara bertahap akan kehilangan kemampuannya untuk menghasilkan rambut baru. Stres dan pola makan yang buruk juga secara signifikan dapat meningkatkan risiko kebotakan.

  1. Sindrom pramenstruasi

Tahukah kamu? Ternyata 26% pria di dunia juga mengalami PMS, loh! Selama periode ini, pria menjadi lebih sensitif, mudah tersinggung, dan mudah lapar, bahkan bisa mengalami kram perut. Artinya, ia mengalami gejala yang persis sama seperti yang dialami wanita.

  1. Asal-usul pria berasal dari wanita

Semua manusia di dunia ini memulai keberadaannya sebagai perempuan! Kromosom X dan Y akan bertanggung jawab untuk menentukan jenis kelamin seseorang. Jika dua kromosom X bergabung bersama selama proses pembuahan, maka akan menghasilkan anak perempuan. Jika kromosom X dan Y bergabung bersama, maka akan menghasilkan seorang anak laki-laki.

Selama 5 – 6 minggu pertama di dalam kandungan ibu, kromosom Y tidak aktif. Jadi selama periode itu, embrio mulai berkembang menjadi seorang gadis. Jika kromoson Y mulai aktif, maka akan terbentuk embrio laki-laki. 

  1. Kulit pria lebih tebal

Hormon testosteron pria membuat kulit mereka menjadi lebih tebal daripada kulit wanita. Kulit pria bisa memiliki persentase sekitar 25% lebih tebal dari kulit wanita. Namun, seiring berjalannya waktu, kulit pria menjadi lebih tipis, sedangkan pada kulit wanita ketebalannya tetap sama bahkan sampai wanita menopause. 

  1. Jakun

Kamu pasti pernah bertanya-tanya kan, sebenarnya apa itu jakun dan apa gunanya? Lalu, mengapa pria memiliki jakun yang lebih besar dari wanita? Wanita hanya memiliki tonjolan kecil di leher mereka, yang terdiri dari tulang rawan tiroid. Satu-satunya tujuan dari jakun adalah untuk melindungi pita suara.

Tulang rawan tiroid ini juga bertanggung jawab atas nada suara orang yang lebih tinggi. Selama masa remaja, sudut tulang rawan annular akan berubah, membentuk jakun dan menyebabkan seseorang mengalami pemecahan suara. Sudut ini lebih kecil pada pria daripada wanita, dan ini membuat tonjolan jakun menjadi lebih besar dan suara mereka lebih rendah.

Baca Juga :

6 Alasan Mengapa Pria Ingin Menikah dengan Wanita Asing

5 Cara Komunikasi yang Perlu Diubah oleh Wanita dan Pria Agar Saling Memahami

6 Alasan Mengapa Wanita Cenderung Jatuh pada Pria yang Lebih Muda

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Cara Ampuh Untuk Melawan Depresi di Musim Dingin

Musim dingin adalah musim yang dinanti dan dicintai