Saat mendengar kata “beer” kita langsung teringat pada minuman berwarna emas, berkilauan dengan buih berwarna putih di bagian atasnya. Banyak yang masih tabu dengan minuman yang satu ini karena minuman ini termasuk haram bagi umat Muslim. Tapi, siapa sangka, ternyata bir punya berbagai manfaat yang tidak banyak diketahui orang. Manfaat ini bisa didapat tanpa minum bir loh!

Lalu, apa saja yang bisa kita lakukan dengan bir?

Simak daftarnya berikut ini :

  1. Bir untuk merawat rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut

Tahukah kamu? Bir kaya akan vitamin B dan silikon. Keduanya merupakan bahan utama yang dibutuhkan agar rambut tetap sehat. Kedua bahan ini juga dapat merangsang pertumbuhan rambut, loh! Bagaimana cara perawatannya?

Cukup tuangkan segelas bir ke rambut kamu, pijat hingga kulit kepala, dan biarkan selama 5 menit. Setelah didiamkan, kamu bisa membilas rambut dengan air dingin. Dengan melakukan perawatan ini, rambut kamu akan sehat dan bersinar!

  1. Bir untuk kulit kencang dan halus

Bir mengandung antioksidan yang dapat mencegah penuaan kulit. Tapi, yang mengejutkan, minuman beralkohol ini ternyata juga mampu meningkatkan kemampuan kulit dalam memperbaiki dirinya, sehingga akan membantu mengencangkan kulit serta mengurangi kerutan halus. 

Berikut cara perawatannya :

  • Campur 1 sendok makan bir, putih telur, dan 3 tetes minyak almond
  • Oleskan ke wajah yang sudah dibersihkan
  • Biarkan selama 10 menit
  • Bilas wajah sampai bersih
  1. Bir membantu kamu tidur nyenyak

Salah satu bahan utama dalam pembuatan bir adalah obat penenang alami yang dikenal sebagai obat herbal yang efektif untuk insomnia. Jika kamu tidak ingin meminum bir, kamu bisa mencoba trik sederhana ini : 

  • Cuci sarung bantal kamu dengan air dan bir dengan perbandingan 1:1
  • Kain sarung bantal akan menyerap aroma bir dan membuat kamu lebih cepat tertidur
  1. Bir untuk mengobati kaki

Jika kamu merasa lelah, kamu bisa melakukan refleksi pada kaki, dengan cara mengisi  mangkuk dengan bir dingin, lalu rendam kaki kamu selama beberapa menit. Efek bir akan sangat menyegarkan dan membantu kaki kamu yang sakit menjadi lebih rileks setelah seharian bekerja keras.

  1. Bir membantu mengangkat sel kulit mati

Selain mengencangkan kulit, bir juga bisa membantu mengangkat sel kulit mati. Hasilnya, warna kulit kamu menjadi lebih rata dan bercahaya. Berikut cara perawatannya :

  • Ambil segenggam stroberi dan beberapa sendok makan bir. 
  • Campur semua bahan sampai menjadi pasta. 
  • Oleskan pada wajah kamu untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan kotoran 
  1. Bir untuk melembutkan daging

Tentu hal ini tidak direkomendasikan bagi umat Muslim ya. Tapi, bagi kamu yang tidak memiliki masalah dalam mengonsumsi bir, kamu dapat memanfaatkannya untuk memasak. Bir adalah pilihan yang sangat baik jika kamu ingin melunakkan daging tanpa mengubah rasanya. Caranya mudah :

  • Letakkan daging dalam wadah plastik
  • Tambahkan bir dalam wadah
  • Masukkan wadah ke dalam lemari es, diamkan selama seharian
  • Keesokan harinya, kamu bisa menikmati kelembutan daging yang sudah direndam dengan bir
  1. Bir membersihkan karat dan benda-benda logam

Bir memiliki tingkat keasaman rendah yang sempurna untuk memoles benda logam apa pun, seperti pot baja dan perhiasan. Asam dalam bir dapat memecah karat, yang akan membantu kamu melepaskan sekrup dengan lebih mudah. 

Perawatannya cukup mudah.  Cukup tuangkan bir ke atas kain, lalu kamu bisa menggunakan kain untuk menggosok benda logam. Sedangkan untuk membersihkan karat, kamu bisa menuangkan bir di atas permukaan berkarat, tunggu beberapa menit, lalu bersihkan karatnya.

Baca Juga :

13 Tips Untuk Mendapatkan Bibir Impian

9 Ide Cat Kuku Warna Biru yang Bisa Kamu Pakai Sepanjang Tahun

Tampilan Berkesan Misterius Dan Elegan Dengan Padu Padan Warna Biru Yang Kece Abis

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

10 Aktor Film yang Cinlok dan Akhirnya Menikah

Cinta lokasi atau yang kerap disebut sebagai cinlok