Pria dan wanita mungkin berbicara dalam bahasa yang sama, tetapi itu bukan berarti mereka benar-benar memahami satu sama lain. 

Sebuah penelitian menemukan fakta bahwa kata dan frasa dapat memiliki arti yang berbeda bagi masing-masing orang saat sedang berbicara. Inilah sebabnya, terkadang kita tidak dapat berkomunikasi tanpa berdebat, tanpa meninggikan suara, atau tanpa melempar barang-barang ke arah lawan bicara, terutama pada pasangan kita.

Tetapi jika kamu bersedia melakukan upaya untuk memperbaiki pola komunikasi, kamu dapat belajar bagaimana cara berkomunikasi yang lebih baik dan menyelamatkan diri kamu dari kesalahpahaman dan rasa frustrasi yang tidak perlu. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diubah oleh pria dan wanita demi komunikasi yang lebih baik dan sehat :

  1. Saran untuk Wanita : Jangan mencoba membaca pesan yang tersirat

Ada bukti bahwa wanita cenderung membaca pesan tersirat saat berbicara dengan pria dan mengaitkan nilai keintiman dan kedekatan dengan kata-kata dari pasangannya. Di sisi lain, pria cenderung lebih lateral (mengungkapkan apa adanya secara harfiah, tidak ada makna tersirat).

Memahami apa yang diinginkan satu sama lain dari percakapan dalam suatu hubungan akan membantu menjembatani perbedaan pandangan. Terjemahan yang objektif juga akan memungkinkan setiap orang merasa dihargai dalam hubungan tersebut. 

  1. Saran untuk Pria: Jangan menasihati wanita, cukup dengarkan saja.

Wanita cenderung melihat komunikasi sebagai cara untuk mengeksplorasi perasaan dan ingin mendapat penghiburan dari pasangannya. Wanita tidak mencari solusi! Wanita hanya ingin didengarkan. Hal yang penting baginya adalah percakapan itu sendiri. Di sisi yang berlawanan, pria memiliki kecenderungan untuk memikirkan solusi yang jelas tentang apa yang dibicarakan wanita. Pria memikirkan tentang nasihat apa yang harus dikatakan dan pria cenderung ingin menyampaikannya secepat mungkin. 

Kedua pemahaman antara pria dan wanita tersebut cukup bertolak belakang. Untuk itu, penting bagi pasangan supaya mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang apa yang sebenarnya diinginkan dan dibutuhkan oleh pasangannya. 

  1. Saran untuk Wanita: Hargai bahwa dia ingin menghibur kamu.

Pria akan melihat masalah yang perlu diselesaikan dan menunjukkan kepedulian terhadap pasangannya dengan mengerahkan energi untuk menyelesaikan masalah. Ini berarti dia akan menjadi analitis, mengeksplorasi berbagai taktik pemecahan masalah, dan mencoba mengkomunikasikannya hal itu pada pasangan.

Sementara itu, Wanita sebenarnya hanya mencari pendengar yang penuh perhatian padanya. Pria benar-benar dapat membantu menyelamatkan hubungannya dengan sekedar mengajukan pertanyaan yang tulus dan penuh perhatian untuk memahami wanita secara lebih baik dan memastikan dia merasa didengarkan. Isyarat non-verbal seperti menggenggam tangan atau pelukan juga perlu untuk membuat wanita merasa didengarkan dan diperhatikan.

  1. Saran untuk Wanita: Pahami bahwa pria juga menikmati quality time

Pria sering dituduh oleh para wanita karena sikapnya yang tidak komunikatif, padahal belum tentu demikian. Jika pasangan kamu tampak sedikit mengisolasi diri atau dengan kata lain “asyik sendiri” entah itu bermain game, menonton TV atau membaca, ini mungkin berarti dia hanya mengambil istirahat sejenak dari masalahnya. Jangan khawatirkan hal itu dan beri dia ruang! 

  1. Saran untuk Wanita : Cobalah untuk lebih jelas mengungkapkan apa yang kamu inginkan

Wanita dan pria sangat berbeda dalam cara mengungkapkan sesuatu. Wanita cenderung  tidak langsung sedangkan pria cenderung langsung pada intinya. Jadi, mungkin yang terbaik bagi wanita adalah mencoba untuk bicara lebih tepat dengan pria dan mengungkapkan apa yang mereka inginkan secara langsung. 

Misalnya, kamu tersinggung dengan kata-kata pasangan kamu ketika makan malam. Maka, jangan katakan, “Besok lagi bersikaplah lebih baik saat kita makan malam”. Jika kamu mengatakan hal itu, pria tidak akan mengerti. Alih-alih memainkan kata-kata sarkastis, lebih baik kamu katakan jujur, “Aku marah dengan apa yang kamu katakan saat makan malam. Kata-katamu itu menyakitkan”. Dengan mengatakan secara langsung, pria akan mengerti dan dapat menanggapi dengan benar apa yang kamu keluhkan.

Baca Juga :

5 Gaya Komunikasi yang Perlu Diubah oleh Pria dan Wanita Agar Dapat Saling Memahami

6 Hal yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Wanita Untuk Pria

7 Alasan Mengapa Banyak Pria Enggan Mengekspos Hubungan Asmara di Sosial Media

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Tips Menghadapi dan Menerima Fisik Diri Sendiri dan Pasangan

Lebih dari 50% remaja yang berusia sekitar 17