Melakukan perjalanan udara tentu sangat berbeda dengan perjalanan darat. Ada beberapa hal yang lumrah atau normal di darat, tapi bisa menjadi tidak normal di udara.

Nah, demi keamanan perjalanan kamu di pesawat, sebaiknya jangan lakukan hal ini dalam perjalanan:

  1. Menggunakan ponsel 

Jangan mengunggah foto saat kamu di udara. Hal ini sangat berbahaya! Mengapa? Karena proses lepas landas dan mendarat adalah tahapan penerbangan yang paling sulit. 

Sinyal gadget kamu bisa menyebabkan gangguan pada komunikasi radio dan sistem navigasi. Pilot mungkin tidak mendengar informasi yang dikirim oleh pengontrol lalu lintas, jika terganggu sinyal lain. 

Bahkan saat dalam kondisi terkunci, smartphone kamu masih berusaha mencari jaringan, sehingga frekuensinya bisa tumpang-tindih dengan frekuensi perangkat pesawat terbang.

Memang benar, jika hanya beberapa ponsel saja yang dihidupkan di pesawat, hal itu tidak akan membuat pesawat jatuh. Tapi, jika semua orang di pesawat menggunakan ponselnya, gangguan sinyal perangkat pesawat akan sangat terasa.

Bersabarlah, kamu hanya perlu mengaktifkan mode pesawat selama beberapa jam saja kok. Demi keamanan dan keselamatan, segera matikan jaringan seluler kamu ya!

  1. Sering mabuk perjalanan, tapi memilih kursi bagian belakang 

Jika kamu sadar bahwa kamu kerap mengalami mabuk perjalanan, kamu tidak boleh duduk di kursi belakang. Aturan ini tidak hanya berlaku dalam perjalanan darat, tapi juga perjalanan dengan pesawat. 

Untuk menghindari mabuk perjalanan, lebih baik memilih kursi depan atau tempat di dekat sayap. 

Selain itu, kontrol pola makan kamu sehari sebelum penerbangan. Jangan makan gorengan atau makan makanan berlemak, dan jangan minum alkohol sedikitpun.

  1. Memakai lensa kontak

Lensa kontak bisa membuat mata kamu lebih kering. Jika lensa kontak dikombinasikan dengan udara kering di dalam pesawat, hal ini akan membuat kamu sangat tidak nyaman selama perjalanan. 

Alih-alih memakai lensa kontak, sebaiknya kamu memakai kacamata jika kamu harus terbang dalam waktu yang lama. Kamu juga bisa membawa obat tetes mata untuk mengantisipasi mata kering. 

  1. Minum minuman berkarbonasi

Saat dalam perjalanan udara, sebaiknya kamu menghindari minuman berkarbonasi, seperti soda misalnya.

Diketahui bahwa minuman berkarbonasi akan merangsang proses gassiness yang membuat kamu tidak nyaman selama perjalanan, karena memicu perut kembung.

Selain minum makanan berkarbonasi, kamu juga harus menghindari makanan seperti cokelat, kacang-kacangan, dan apel.

  1. Menggunakan headphone dari pesawat

Headphone dari pesawat yang kamu pakai bukanlah barang baru yang bersih. Meskipun barang itu selalu berada di dalam kantong plastik kecil yang tampak bersih, tapi tetap saja sudah digunakan oleh ratusan orang.

Di antara penerbangan, headphone bekas memang dibersihkan dan dikemas ulang. Tapi tentu saja sulit untuk membersihkan headphone secara menyeluruh. 

Bahkan setelah perawatan pun, headphone umum tidak akan seaman dan sebersih perangkat pribadi kamu. Jadi, lebih baik gunakan headphone kamu sendiri.

  1. Melepaskan alas kaki

Mungkin kamu tergoda untuk melepas sepatu selama penerbangan panjang agar merasa nyaman, tetapi ini bukan ide yang bagus. 

Melakukan perjalanan dengan kaki telanjang, tidak hanya buruk bagi kesehatan kamu, tapi juga tidak sopan.

Selain itu, mengekspos kaki kamu ke lantai yang sudah usang akan berpotensi menyebarkan kuman dari lantai ke kaki kamu, maupun sebaliknya.

  1. Menyentuh benda di sekitar hanya karena iseng

Pesawat adalah rumah bagi banyak sekali bakteri. Mantan penumpang pesawat bisa saja meninggalkan jejak kuman di berbagai permukaan dalam pesawat, entah itu kursi, atau kaca jendela pesawat.

Sanitasi mungkin memang dilakukan setiap usai penerbangan, tapi hal itu belum bisa menjamin bahwa kotoran dan bakteri sudah mati, apalagi di tengah pandemi Covid-19 ini.

Sebaiknya, kamu tidak menyentuh permukaan secara sembarangan jika tidak ingin terkontaminasi dengan virus dan bakteri yang ada.

Baca Juga :

Tips Gunakan Makeup Di Pesawat Setelah Penerbangan Panjang

Skin Care Wajib yang Harus Kamu Gunakan Dalam Pesawat Jika Melakukan Perjalanan Panjang

Siap-siap Liburan? 7 Rutinitas Perawatan ini Bisa Dilakukan Selama Berada di Pesawat Terbang

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

5 Tren Interior Rumah yang Tampak Keren Tapi Justru Membawa Petaka

Jika kamu sering membaca majalah atau artikel tentang