Tahukah kamu? Para Instagrammer menghabiskan lebih dari 5 jam dalam seminggu (setara dengan 48 menit per hari) untuk mengambil foto narsis. Biasanya, orang-orang akan mengambil setidaknya 7 foto selfie untuk mendapatkan “bidikan sempurna” yang dapat mereka unggah ke situs media sosial. 

Jika kamu perhatikan, sebagian besar pemotret selfie atau orang yang suka selfie, lebih suka menunjukkan sisi kiri dari wajah mereka. Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu menyukai sisi wajah tertentu saat sedang mengambil foto selfie? Apakah kamu lebih menyukai sisi kiri daripada sisi kanan wajahmu? Atau sebaliknya, kamu lebih suka sisi kanan dari wajahmu daripada sisi kiri?

Nah, berikut adalah beberapa alasan mengapa salah satu sisi wajah (kebanyakan adalah sisi kiri) jauh lebih menarik atau lebih baik daripada sisi yang lainnya :

  • Orang lebih suka sisi kiri wajah ketika mengambil mirror selfie

Peneliti menemukan bahwa orang juga lebih suka menunjukkan sisi kiri mereka saat mengambil mirror selfie. Tentu kamu sudah tidak asing lagi ya dengan mirror selfie, pose andalan pada Instagrammer yang kerap diunggah di story atau post Instagram.  

Saat seorang selfie-taker berpose di depan cermin dan mengambil foto refleksi mereka di cerpim, mereka biasanya cenderung menunjukkan pipi kanannya. Nah, preferensi pipi kanan yang ditunjukkan lewat mirror selfie tersebut menandakan bahwa orang tersebut berpose dengan pipi kiri di depan cermin.

Coba kamu perhatikan. Apakah akun-akun yang kamu ikuti, teman-teman kamu, idola kamu, juga melakukan hal ini? Atau mungkin kamu bisa memperhatikan post yang kamu unggah sendiri. Apakah kamu juga cenderung berpose dengan sisi wajah bagian kiri?

  • Seniman biasanya melukis potret yang menunjukkan profil wajah bagian kiri dari modelnya

Jika kamu memperhatikan lebih jeli, potret orang yang dilukis oleh para pelukis biasanya dapat menunjukkan kecenderungan yang sama pada orang-orang. Orang menyukai sisi kiri wajah mereka, dan ini terbukti dari berbagai hasil lukisan potret yang cenderung fokus pada salah satu sisi wajah. Peneliti percaya bahwa itu mungkin mencerminkan keinginan bawah sadar seseorang untuk menunjukkan sisi wajah bagian kiri yang dirasa jauh lebih menarik.

  • Sisi wajah bagian kiri biasanya mampu menunjukkan lebih banyak emosi

Penelitian menunjukkan bahwa sisi kiri wajah lebih ekspresif secara emosional daripada sisi kanan wajah. Hal ini bisa dijelaskan dengan cara memproses perasaan di dalam otak. Sisi kanan otak yang mengontrol otot-otot di sisi kiri tubuh lebih didominasi oleh emosi. Inilah sebabnya mengapa orang secara intuitif menunjukkan sisi wajah bagian kiri ketika diminta berpose untuk foto yang menampakkan beragam emosi. Sebaliknya, orang cenderung memperlihatkan sisi wajah bagian kanan saat berpose untuk menyembunyikan perasaan mereka.

Ternyata ada penjelasan ilmiah tentang alasan pemilihan sisi wajah untuk difoto dan ditunjukkan pada publik, ya! Wah, kira-kira bagaimana dengan kamu? Apakah kamu sudah memeriksa foto-foto kamu? Benarkah kamu lebih menyukai sisi kiri wajah daripada sisi kanan? Atau mungkin kamu menyukai keduanya dan tidak mempermasalahkan sisi wajah saat selfie?

Baca Juga :

https://www.tampilcantik.com/ternyata-ini-rahasia-artis-dan-beauty-blogger-selalu-terlihat-cantik-saat-selfie/

https://www.tampilcantik.com/kamu-hobi-selfie-coba-ikutin-tips-ini-deh-supaya-kamu-bisa-terlihat-cantik-di-setiap-foto/

https://www.tampilcantik.com/alasan-kenapa-orang-suka-selfie/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Menurut Para Chef, 6 Hal Ini Bisa Membedakan Restoran Baik dan Buruk

Makan di rumah memang paling hemat dan nikmat,