Spons make up atau beautyblender, sangat rentan terhadap pertumbuhan bakteri. Spons memiliki pori-pori, sehingga dapat menahan minyak, kotoran, dan bakteri. Oleh karena itu sangat penting untuk membersihkannya secara berkala agar terhindar dari penumpukan kotoran dan bakteri. Nah, ternyata para ahli menjelaskan bahwa ada cara terbaik untuk membersihkan spons make up atau beautyblender dengan peralatan dan bahan yang kamu miliki di dapur. 

  • Detergen tanpa pewangi

Kamu dapat menggunakan detergen tanpa pewangi untuk membersihkan spons make up atau beautyblende. Caranya mudah, kamu cukup memakai detergen tanpa pewangi dan juga air panas untuk membersihkan spons secara menyeluruh. 

Mengapa harus memilih detergen tanpa pewangi? Alasan utama kamu harus menghindari sabun dan detergen yang mengandung parfum adalah karena molekul pewangi dapat mengikat spons make up dan terperangkap di dalamnya, sehingga saat kamu menggunakan spons untuk merias wajah, parfum tersebut dapat menciptakan aroma yang tidak sedap, atau bahkan mungkin mengalami interaksi kimia dengan bahan lain dalam make up. 

Selain itu, dokter kulit mengatakan sabun yang mengandung parfum dapat mengiritasi kulit. Menghindari sabun dan detergen berparfum akan membantu mencegah timbulnya jerawat dan kontak alergi dari penggunaan spons make up. Selain itu, kamu juga harus memastikan bahwa kamu membilas spons dengan baik setelah kamu selesai membersihkannya, agar semua bahan sabun yang masih tertinggal di dalam spons hilang seutuhnya.

  • Sabun cuci piring / Sabun cuci tangan / Sabun batang

Selain detergen tanpa parfum, kamu juga bisa memanfaatkan sabun cuci piring, sabun lembut untuk tangan dan wajah, atau sabun batangan. Banyak dokter kulit yang menyukai sabun pembersih wajah serta sampo bayi untuk membersihkan spons, karena bahan tersebut sangat lembut dan mampu menghilangkan penumpukan kotoran dan bakteri dari spons make up

Kamu bisa merendam spons make up dengan air dan sabun, lalu bilas semua sabun dan peras airnya. Setelah kamu yakin spons make up sudah benar-benar bersih, biarkan spons make up mengering di tempat yang sejuk. Jangan pernah meletakkan spons make up basah di lingkungan lembap karena lingkungan lembap adalah tempat yang kondusif bagi pertumbuhan bakteri, virus, dan jamur.

  • Sabun bebas sulfat

Untuk membersihkan spons make up, sebaiknya kamu mencari sabun bebas sulfat, karena sulfat dapat mengiritasi kulit kamu, terutama bagi kamu yang memiliki kulit sensitif. Bersihkan spons make up dengan pembersih lembut yang bebas dari sulfat atau iritan dan pastikan untuk membersihkan semua sabun pada spons, lalu mengeringkannya sampai betul-betul kering sebelum kamu menyimpannya lagi.  

Kamu harus mencuci spons make up setiap setidaknya 2 hari sekali, atau bahkan lebih sering jika kamu rentan berjerawat. Jangan sampai kamu menyimpan dan menggunakan spons make up yang sama sampai spons kamu kotor dan kumal. Bayangkan berapa ribu bakteri yang berdiam di spons make up kamu dan berapa banyak bakteri yang ikut masuk ke dalam pori-pori kulitmu! Nah, mulai sekarang, kamu harus sering-sering membersihkan spons make up, ya!

Baca Juga :

https://www.tampilcantik.com/mau-nampak-10-tahun-lebih-muda-cobain-trik-makeup-mata-berikut-ini-yuk/

https://www.tampilcantik.com/serem-ini-lho-yang-bisa-terjadi-kalau-kamu-malas-bersihkan-makeup/

https://www.tampilcantik.com/mau-nampak-lebih-muda-inilah-tips-makeup-untuk-wanita-usia-50an/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Simak 6 Tips Kecantikan dari Princess Diana

Tak hanya terkenal karena kebaikan hatinya, Princess Diana