Saat masih kecil, pernahkah Anda panik setelah menelan biji semangka sambil mengunyah buah yang lezat? Coba tebak: Anda tidak sendirian! Namun, seiring bertambahnya usia, hoax seputar konsumsi biji semangka sepertinya mulai memudar. Terlepas dari semua kenangan masa kecil, memakan biji-bijian sambil menikmati gigitan semangka adalah hal yang sangat mematikan. Namun, buah dan bijinya yang berair ini memiliki lebih dari apa yang terlihat.

Nilai Gizi Biji Semangka

1. Rendah Kalori

Biji super ini rendah kalori. Lima gram biji semangka memiliki kurang lebih 30 kalori.

2. Magnesium

Kaya akan magnesium, biji semangka membantu memulihkan dan meningkatkan sistem metabolisme tubuh, kekebalan, dan sistem saraf. Satu porsi 5 gram biji semangka akan memberi Anda sebanyak 25 mg magnesium untuk tubuh Anda. Setiap hari, tubuh kita membutuhkan magnesium sebanyak 420 mg, menurut National Institutes of Health (NIH).

3. Besi

Tubuh kita membutuhkan 18 mg zat besi setiap hari agar dapat berfungsi dengan baik, dan biji semangka adalah cara sempurna untuk memberikan tubuh kita zat besi. Segenggam biji super ini mengandung zat besi sebanyak 0,3 mg, yang merupakan 1,6 persen dari porsi asupan harian.

4. Lemak baik

Kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda—jenis lemak yang dianggap sebagai lemak baik—segenggam biji semangka dapat memberikan tubuh Anda masing-masing 0,3 dan 1,1 gram.

5. Seng

Biji semangka adalah sumber seng yang baik, yang membantu kekebalan dan sistem saraf kita, membantu pencernaan, pertumbuhan kembali sel, dan indra penciuman. Empat lima gram biji semangka dapat memenuhi 20 hingga 25 persen kebutuhan zinc tubuh Anda.

Manfaat Kesehatan Dari Biji Semangka

1. Menurunkan Tekanan Darah

Diperkaya dengan asam lemak omega-3, zinc, magnesium dan tembaga, biji semangka membantu menurunkan tingkat tekanan darah, dan membantu menjaga kesehatan sirkulasi darah.

2. Meningkatkan Daya Memori

Jika Anda ingin menggunakan seluruh potensi ingatan Anda, kunjungi klub biji semangka.

3. Membantu Mengontrol Gula Darah

Biji semangka adalah jawaban alam untuk pengendalian diabetes. Jika Anda menderita fluktuasi kadar gula darah, cobalah memasukkan biji super ini ke dalam makanan Anda.

4. Peningkatan Metabolisme

Karena biji semangka rendah gula, biji semangka merupakan camilan yang sempurna untuk ngemil di siang hari. Mereka juga kaya akan asam lemak omega3 yang sehat, yang membantu sirkulasi darah dan metabolisme. Namun, jika porsinya terlalu banyak, ada kemungkinan Anda akan mulai menambah berat badan. Perhatikan kuantitasnya.

5. Mencegah Osteoporosis

Jika Anda memiliki tulang lemah dan kondisi osteoporosis, kemungkinan besar tingkat kepadatan tulang Anda rendah. Cobalah memasukkan biji semangka, yang juga kaya akan tembaga, mangan, dan potasium, ke dalam makanan Anda untuk mengatasi kondisi ini.

6. Makanan Peningkat Imunitas

Jika Anda sering terserang batuk, pilek, atau penyakit virus lainnya, tambahkan makanan super ini ke dalam pola makan Anda untuk meningkatkan kekebalan tubuh yang sangat Anda butuhkan.

Kaya dengan kebaikan multivitamin seperti vitamin B, folat, niasin, vitamin B6, magnesium, zat besi, seng, dan nutrisi lainnya, biji semangka harus menjadi asupan yang wajib ada dalam asupan makanan setiap orang. Dari sistem saraf hingga kekebalan tubuh dan metabolisme, biji semangka membantu meningkatkan semua fungsi kesehatan. Sertakan mereka dalam diet Anda setiap hari.

Baca Juga :

5 Manfaat Semangka Untuk Kulit Wajah Anda

<strong>3 Cara Menggunakan Semangka untuk Perawatan Kulit Wajah</strong>

7 Manfaat Semangka Bagi Kesehatan

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Bisakah Diet Anda Meringankan Gejala Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS)?

Banyak penderita PCOS menyadari bahwa mereka mampu mengelola