CO-WASH-wavy-hair-650x365

Not too long ago, aku dulu memiliki rambut paling (menurutku) sehat, rambut model bob berwarna pirang paling bagus di New York City. Lalu, aku melahirkan dan rambutku pun menjadi jelek. Tidak ada ha;l yang dapat aku lakukan untuk memperbaikinya, tidak peduli apa yang aku lakukan, tidak ada yang dapat memperbaiki kerusakannya dan penampialnnya yang terlihat membosankan.

Frustasi, aku pun mulai bertanya – tanya untuk mendapatkan solusi paling baik untuk mengatasinya dan mendapatkan kondisi rambutku kembali seperti sebelumnya. Salah satu temanku (Ia memiliki rambut yang luar biasa) menyarankan untuk aku melakukan co washing, dimana aku hanya menggunakan kondisioner untuk mencucinya, bukan shampoo seperti biasa.

Menurut ahli rambut Pantene Dr. Rolanda Wilkerson, “Co-washing kondisioner mengandung lebih banyak bahan untuk kondisioner dan tingkat surfaktan yang lebih rendah, sehingga memberikan manfaat yang lebih banyak untuk rambut dan membuatnya lebih halus pula.”

“Dahulu, banyak wanita yang mencuci rambut mereka hampir setiap hari,” kata dia. “Bagaimanapun, untuk beberapa wanita dengan rambut yang kering, rusak, ikal, ataupun berwarna, hal ini justru membuat mereka khawatir karena kemungkinan justru menghabiskan nutrisi rambut dan membuat rambut kehilangan minyak aslinya.”

Jadi sekitar enam bulan yang lalu, aku berhenti menggunakan shampoo dan beralih melakukan co washing, dua kali setiap minggu. Ini yang terjadi:

  1. The breakage stopped.

Mulai dari menggunakan berbagai macam suplemen untuk melindunginya hingga memakai masker rambut setiap minggu, aku dulu melakukan apa saja untuk memastikan rambutku tidak rusak, tetapi tidak ada yang dapat menolongnya. Banyak rambut yang justru berakhir di sisirku daripada di kepalaku. Tetapi setelah co washing, no more! Alasannya? Menurut Dr. Wilkerson ini karena co washing membantu rambut untuk lebih melembabkan dirinya dan akhirnya mencegah kerusakan.

  1. My scalp is no longer a flaky mess.

Setiap musim dingin, aku biasanya menjadi orang dengan kulit kepala paling buruk. Sejak beralih melakukan co washing, aku mulai memperhatikan bahwa kulit kepalaku tidak lagi kering dan gatal. Karena co washing memperbaiki kelembaban rambut, aku akan menggunakan satu tetes dan menggosoknya di kepalaku dan mendiamkannya selama 5 sampai 10 menit sebelum membilasnya.

  1. Knots and tangles are a thing of the past.

Pernahkah kamu mendapatkan hari dimana kamu harus bertarung dengan rambut kamu sendiri karena sering kali rontok dan berkurang? Yeah, been there. Dr. Wilkerson mengatakan bahwa co washing dapat menghentikannya karena fungsinya yang melembabkan rambut.

  1. There are no more hours-long styling sessions.

Aku adalah salah satu model wanita yang senang membuat rambutku lurus, jadi aku menganggap hal ini luar biasa karena aku tidak harus lagi menghabiskan banyak waktu untuk meluruskannya. Setelah co washing, rambutku lurus dengan mudahnya.

  1. I’ve basically turned into Rapunzel.

Sekitar satu tahun yang lalu, aku melakukan suatu hal yang gila dengan mencukur habis rambutku di kepalaku. Dan dalam momen itu, aku tidak memikirkan apakah rambut aku akan kembali panjang atau tidak. Fast forward to now, and it’s all I can think about. Bagaimanapun, karena sekarang aku tidak lagi mengalami kerusakan rambut, berkat co washing, rambutku telah menjadi sangat bagus dan aku rasa paling baik daripada sebelumnya.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Tren Nail art yang Akan Booming di Tahun 2021

Jika kamu membaca artikel ini, maka SELAMAT! Kamu