Sebagian lembaga di tanah air sudah menerapkan BDR (Bekerja Dari Rumah) atau WFH (Work From Home) sebagai langkah nyata untuk membantu mengurangi penyebaran Virus Corona (COVID-19). Bahkan sebagian lembaga pendidikan pun sudah mengeluarkan kebijakan untuk belajar atau kuliah dari rumah secara online.

Bagi ribuan orang tua, BRD bisa menjadi sebuah tantangan ekstra ketika mereka harus mencoba menyeimbangkan tuntutan pekerjaan dan kehidupan rumah tangga, selama wabah Virus Corona masih terus merajalela.

Di bawah ini, adalah lima tips sederhana menerapkan program Bekerja Dari Rumah yang efektif bagi kamu dan anak-anak :

  • Buat Jadwal
Image result for Buat Jadwal

Ini adalah tips dari sebuah pengalaman seorang ibu dari anak berusia 12 tahun, 2 tahun dan 1 tahun. Ia mengatakan pengaturan jadwal seperti hari-hari sekolah yang normal telah membantunya.

“Saya tidak bisa fokus pada pekerjaan saya sampai saya memiliki jadwal bersama anak-anak”, kata Cameau, ibu tiga anak yang memiliki sebuah studio pembuat konten.

Anaknya yang berusia 12 tahun sibuk menyelesaikan tugas online setelah sekolahnya ditutup, tetapi Cameau mengatakan kedua anaknya yang lebih muda menjadi lebih bergantung pada perhatiannya. Setiap pagi, dia harus membangunkan mereka, menyiapkan sarapan dan membantu berpakaian seperti ketika mereka pergi ke tempat penitipan anak.

Dia mencoba menyelesaikan sebagian besar pekerjaannya selama jam makan siang anak-anak, waktu tidur siang dan waktu senggang yang dia berikan pada anak-anak untuk menonton TV atau bermain gadget.

“Ini adalah pertama kalinya saya menerapkan jadwal karena saya tidak tahu berapa lama kita akan berada dalam situasi ini”, kata Cameau.

  • Komunikasi
Image result for Komunikasi wfh

Komunikasi adalah hal No.1 yang harus kamu sadari dan pikirkan sepanjang waktu. Tidak masalah untuk bersikap transparan saat bekerja. Kamu bisa jujur tentang fakta bahwa kamu juga mengasuh anak di rumah.

Misalnya, saat kamu melakukan panggilan penting, kamu bisa mengatakan, “Maaf, tunggu sebentar, anak-anak saya mungkin bisa masuk ke ruang kerja, saya akan menanganinya dan segera menelepon Anda kembali”.

Kamu juga dapat membuat spreadsheet dengan manajer kamu dan anggota tim lainnya, di mana kamu masing-masing menguraikan informasi kontak darurat kamu dan ketersediaan waktu kamu untuk rapat virtual.

  • Tetapkan Batasan dengan Anak-anak Kamu

Selain berkomunikasi dengan kolega kamu, penting untuk menetapkan batasan dengan anak-anak kamu ketika bekerja di rumah, terutama jika kamu memiliki anak usia sekolah.

Saat ini, mungkin akan membantu jika anak-anak kamu menonton TV dan bermain game. Kamu perlu menjelaskan kepada anak-anak kamu bahwa masa pandemi Virus Corona ini adalah sebuah pengecualian dan kebebasan untuk menonton TV dan bermain game tidak akan berlangsung selamanya.

Kamu juga harus memberi tahu anak-anak kamu ketika kamu dalam mode “tidak bisa diganggu”. Kamu harus memiliki tempat di mana kamu memiliki waktu pribadi. Itu mungkin kamar tidurmu, ruang tamu, ruang bawah tanah atau ruang tenang lainnya.

  • Beristirahat
Image result for istirahat

Hampir 90% karyawan mengatakan bahwa istirahat makan siang membantu mereka merasa segar dan siap untuk kembali bekerja. Istirahat itu juga penting ketika bekerja di rumah.

Untuk setiap 1 jam bekerja, kamu mengambil setidaknya 10 menit istirahat untuk mengambil makanan ringan, berjalan-jalan atau mengatakan menyapa anak-anak kamu. Melakukan yoga di rumah, mandi air panas atau aktivitas memanjakan diri lainnya dapat kamu lakukan ketika beristirahat dari pekerjaan.

  • Bergantian giliran dengan pasangan kamu

Jika kamu dan pasangan sama-sama harus bekerja dari rumah, kamu bisa menerapkan pergantian shift dengan pasangan kamu. Hal ini dapat membuat pekerjaan rumah tangga menjadi jauh lebih mudah. Kamu dan pasangan bisa mengatur jadwal untuk bekerja dan untuk mengurus rumah tangga.

Tapi jika suami kamu tetap bekerja di kantor dan tidak memungkinkan melakukan pergantian shift, maka kamu harus membuat perencanaan ekstra dengan jadwal yang ketat untuk memaksimalkan time management di setiap harinya.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/tanya-jawab-seputar-virus-corona-covid-19-dari-world-health-organisation-who/

http://www.tampilcantik.com/covid-19-8-cara-mengisolasi-diri-saat-diperlukan/

http://www.tampilcantik.com/virus-corona-covid-19-vs-influenza-flu-apa-bedanya/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Rumah Kamu Sesak? 7 Barang Ini Bisa Kamu Buang!

Rumah yang berantakan bisa membuat kita merasa stres.