Setiap keluarga memiliki gaya dan cara hidup masing-masing. Baik itu cara bersantai, cara membersihkan rumah, cara memperlakukan hewan peliharaan, sampai cara a mencuci pakaian. 

Namun, ternyata sampai sekarang belum banyak orang yang tahu manfaat menambahkan cuka ke pakaian yang hendak dicuci. Untuk membersihkan pakaian dengan maksimal, kamu hanya perlu menuangkan campuran cuka dan air langsung ke mesin cuci. 

Bagi kamu yang masih ragu, coba simak alasan mengapa kamu harus mulai mempertimbangkan cuka untuk mencuci pakaian :

  1. Cuka bisa mencerahkan pakaian

Untuk menghilangkan noda pada pakaian putih, ada trik sederhana yang bisa memudahkan pekerjaan kamu. Caranya, buat campuran 50% cuka dan 50% air, lalu oleskan pada noda. Setelah beberapa saat, cuci dengan sabun cuci dan air. Pertimbangkan bahwa lebih baik tidak memasukkan pakaian ke dalam pengering sampai kamu pastikan noda telah hilang.

  1. Cuka membantu menghilangkan bau pakaian

Cara mudah untuk mengatasi pakaian yang bau dan membunuh bakteri di dalamnya adalah dengan merendam pakaian dalam cuka yang diencerkan dalam air dengan perbandingan 1:1 selama 30 menit. 

Kamu harus ingat bahwa cara itu akan efektif jika kamu melakukannya dengan benar setelah melepas pakaian ini. Sebagai tambahan bahan pembersih, kamu juga bisa menambahkan sedikit soda kue atau air lemon ke dalam air. Namun, jangan beri tambahan bahan pembersih apabila kamu menggunakan deterjen yang mengandung unsur pemutih.

  1. Cuka dapat mengurangi pemudaran warna pakaian 

Berapa deterjen cucian dapat menempel pada serat kain. Akibatnya, seiring waktu, deterjen akan menumpuk di kain hingga menyebabkan  banyak residu di serat kain. Inilah alasan yang menyebabkan warna kain memudar. 

Nah, pada kasus seperti ini, cuka bisa menjadi solusi. Asam dalam cuka putih dapat membersihkan kain dari penumpukan residu detergen, sehingga membuatnya terlihat lebih cerah. Jadi cuka tidak mencegah warna memudar, ia menghilangkan residu dari deterjen yang menghalangi penampilan kain yang sebenarnya.

Tambahkan setengah cangkir cuka ke setiap beban cucian untuk mencegah kain memudar. Tapi hati-hati, ini tidak bekerja untuk semua jenis kain. Jangan gunakan cuka pada kain yang terbuat dari bahan rayon, asetat, sutra, atau triasetat.

  1. Cuka membantu mengurangi bulu hewan peliharaan

Rambut hewan peliharaan juga bisa diatasi dengan cuka. Karena, cuka dapat mengurangi kemelekatan statis, sehingga bulu hewan peliharaan tidak menempel pada kain. Jangan lupa, setelah mencuci dengan mesin cuci, kamu harus membersihkan filter yang kemungkinan besar penuh bulu hewan peliharaan. 

Untuk proses menggunakan cuka, cukup tambahkan cuka putih ke dalam pengering, semprotkan cuka pada kain bersih atau pakaian, lalu masukkan pakaian itu ke dalam pengering. 

  1. Cuka bisa menjadi pengganti pelembut kain 

Jika kamu ingin cucian lebih lembut, gunakan 1 cangkir cuka putih. Kamu bisa tambahkan secara langsung ke mesin cuci. Tapi tidak di awal proses ya. Cuka harus ditambahkan saat cucian mencapai siklus pembilasan terakhir. Cuka dapar dijadika  pelembut kain alami yang sangat sederhana, namun efektif. 

  1. Cuka dapat mempermudah pembersihan mesin cuci

Kita semua tahu bahwa mesin cuci juga perlu dibersihkan. Sisa sabun dapat menumpuk di mesin cuci dan akhirnya mengenai pakaian kamu. Selain itu, mesin cuci juga berpotensi memiliki kerak dan jamur. 

Nah, dalam hal ini, cuka bisa menjadi solusi yang hebat dalam hal menyegarkan bagian dalam mesin cuci kamu. Caranya, tuangkan secangkir cuka, kemudian jalankan pencucian normal tanpa pakaian. 

Baca Juga :

Tahukah Kamu, Ternyata Cuka Kelapa Sangat Bermanfaat Untuk Kesehatan Kamu Lho

Atasi Masalah Ketiak yang Gelap dengan Cuka Sari Apel

Cuka Putih Pemecah Semua Masalah Kecantikan Kamu

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

10 Ide Permainan Bridal Shower Menyenangkan yang Akan Disuka Tamu Anda

Dari merencanakan pesta lajang hingga memastikan pengantin wanita