Apakah kulit gatal mengganggu kehidupan sehari-hari Anda? Apakah Anda menemukan diri Anda menggaruk sepanjang hari setiap hari? Entah itu musim dingin yang mengeringkan kulit Anda atau Anda sedang bermasalah dengan gigitan serangga atau kondisi medis seperti eksim, gatal-gatal atau kulit gatal dapat disebabkan karena banyak faktor. Penyebab umum lainnya dari kulit gatal, yang secara medis dikenal sebagai pruritis, termasuk alergi, kehamilan, diabetes, dan psoriasis. Dokter mungkin meresepkan krim dan tablet untuk membantu mengatasi rasa gatal, tetapi sebagian besar kondisi kulit gatal ringan dapat diobati dengan menggunakan pengobatan rumahan. Obat rumahan untuk gatal-gatal tubuh tidak hanya meredakan ruam tetapi juga merupakan cara paling aman untuk mengobati berbagai penyakit kulit. Di bawah ini kita akan membahas pengobatan rumah terbaik untuk tubuh gatal dan ruam, yang akan memberikan kelegaan pada kulit dan ideal untuk jenis kulit sensitif.

1. Mandi Oatmeal

Tidak hanya manfaat kesehatan tetapi oat telah digunakan dalam rutinitas perawatan kulit sejak beberapa dekade, karena bekerja dengan baik pada semua jenis kulit. Oat bekerja sangat baik untuk kulit kering dan gatal dan dapat digunakan pada berbagai iritasi kulit seperti eksim dan ruam. Oat mempertahankan tingkat kelembaban di kulit karena pati dan beta-glukan yang ada dalam gandum membentuk penghalang pelindung untuk kulit terhadap kekeringan dan iritasi. Oat juga memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi alami karena mengandung polifenol yang disebut avenanthramides dan membantu menenangkan kulit yang gatal.

Cara menggunakannya: Untuk mandi oatmeal, giling gandum yang digulung menjadi bubuk tipis. Campurkan bedak ke dalam air mandi Anda. Rendam tubuh Anda dalam air selama 15 sampai 20 menit dan bilas. Anda juga bisa menggosok oatmeal dengan lembut pada kulit yang gatal. Anda juga dapat membuat pasta semi-padat dengan mencampurkan bubuk oat dan air dan mengoleskannya pada area yang terkena.

2. Minyak Esensial Peppermint

Sifat pendinginan peppermint dapat mengurangi rasa gatal yang disebabkan oleh gigitan serangga, poison ivy dan karena kondisi medis seperti diabetes, penyakit hati, dan penyakit ginjal. Sifat anti-mikroba dan anti-septiknya juga dapat mengurangi jerawat atau jerawat yang menyebabkan kemerahan dan gatal-gatal.

Cara menggunakannya: Encerkan minyak peppermint dengan minyak pembawa seperti minyak kelapa dan oleskan pada area yang terkena.

3. Kompres Dingin

Kompres dingin adalah salah satu cara termudah dan tercepat untuk mengatasi kulit gatal. Apakah itu kompres es, kain lembab atau mandi air dingin, air dingin dapat segera meredakan dan menghentikan pembengkakan dan gatal-gatal atau ruam. Dingin membatasi aliran darah ke area yang meradang, oleh karena itu, ketika Anda mengoleskan es atau kain lembab yang dingin, itu mengurangi peradangan dan menghentikan rasa gatal hampir seketika. Untuk ruam di seluruh tubuh, mandi air dingin dapat meredakannya.

4. Madu

Madu tua yang baik tidak hanya merupakan alternatif yang lebih sehat untuk ditambahkan gula ke dalam makanan kita, tetapi juga bekerja dengan sangat baik ketika dimasukkan ke dalam rutinitas perawatan kulit kita. Madu digunakan sebagai obat rumah yang efektif untuk meredakan gatal yang disebabkan oleh kulit kering atau infeksi. Madu sarat dengan humektan, sifat anti-mikroba dan anti-inflamasi. Menggabungkan madu sebagai obat rumah untuk gatal-gatal tubuh di musim dingin dapat mengurangi kekeringan dan membuat kulit kita lembab dan terhidrasi.

Cara menggunakannya: Celupkan bola kapas ke dalam madu hangat. Oleskan pada area yang gatal dan biarkan selama 10 hingga 15 menit. Bilas dengan air hangat.

5. Lidah Buaya

Lidah buaya segar sangat populer karena memiliki manfaat kulit dan rambut yang luar biasa. Lidah buaya mengandung vitamin B12, kalsium, magnesium, seng dan vitamin A, C, E. Selain itu, lidah buaya juga mengandung sifat anti inflamasi, anti mikroba, anti virus dan anti oksidan. Aloe dapat mengobati ruam atau gatal-gatal yang disebabkan oleh jerawat, kulit kering, alergi, gigitan serangga atau infeksi jamur dan bakteri apapun. Gel bening yang berasal dari lidah buaya digunakan untuk menenangkan kulit yang gatal dan teriritasi.

Cara Penggunaan: Ambil daun lidah buaya segar, potong daunnya dan kerok gelnya dan oleskan langsung pada kulit yang terkena. Untuk meningkatkan sifat menenangkan, simpan gel lidah buaya di lemari es dan oleskan pada ruam atau kulit gatal saat dingin. Gel dingin akan mengurangi segala jenis peradangan atau pembengkakan akibat gatal. Menggunakan lidah buaya segar lebih disarankan daripada gel yang dibeli di toko.

6. Cuka Sari Apel

Sifat anti-septik Cuka Apel dapat membantu menenangkan kulit yang gatal terutama bagi orang yang menderita psoriasis. Ini juga bekerja sangat baik sebagai pengobatan spot pada gigitan serangga. Mengoleskan cuka sari apel yang diencerkan pada area yang terkena dapat membantu menetralkan rasa gatal sekaligus menyeimbangkan tingkat pH kulit dan mempercepat proses penyembuhan. Anda juga dapat menambahkan beberapa sendok makan ACV ke dalam bak mandi Anda dan mandi dengannya untuk menenangkan kulit yang gatal.

Baca Juga :

Sering Merasa Gatal Karena Mata Kering? Jangan Dibiarkan, Atasi dengan Cara Ini

Atasi Rasa Gatal di Kulit Kepala yang Mengganggu dengan Minyak Kelapa

Ini 5 Alasan Mengapa Kulit Kepala Kamu Gatal-gatal

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

3 Manfaat Menggunakan Masker Rambut Semalam

Mari kita hadapi itu-kita menetapkan tujuan menjadi lebih