Semua orang pasti pernah menggaruk kepala, entah itu karena benar-benar gatal, atau hanya sebagai gestur semata. Tapi, jika kamu hobi garuk-garuk kepala sampai membuat keluarga dan teman-teman kamu tidak nyaman, maka kemungkinan besar ada masalah di kulit kepala kamu.

Berikut adalah beberapa daftar penyebab gatal di kulit kepala dan bagaimana mengatasinya:

  1. Ketombe

Ketombe adalah serpihan berwarna putih yang terkadang bisa lembap seperti pasta kering. Ini membuat seluruh kulit kepala kamu sangat gatal. 

Penyebab munculnya ketombe adalah kulit kepala berminyak, penumpukan sel kulit mati atau produk perawatan rambut, dan jamur.

Jika kamu yakin kulit kepala kamu berketombe, maka carilah sampo anti ketombe dan lakukan perawatan setiap kali keramas.

Perawatan itu bisa dilakukan dengan cara memijat sampo dengan kuat ke kulit kepala kamu untuk mengangkat tumpukan sel kulit mati dan sisa-sisa produk perawatan rambut. 

Jika kulit kepala kamu masih sangat gatal, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mengetahui akar permasalahan kulit kepala kamu. 

  1. Alergi

Jika tiba-tiba kulit kepala sangat gatal padahal tidak ada ketombe, bisa jadi ini adalah reaksi alergi. 

Penyebabnya bisa bermacam-macam, termasuk penggunaan produk perawatan rambut yang memicu reaksi alergi. Jika kamu merasa gatal setelah memakai produk tertentu, segera hentikan penggunaan produk tersebut selama satu minggu.

Jika iritasi hilang, berarti sudah dapat dipastikan bahwa kamu tidak cocok dengan produk itu. Selanjutnya, ganti produk perawatan rambut yang cocok dengan kamu.  

Selain itu, suhu panas dari alat penata rambut seperti pengering rambut, catokan, atau alat pengeriting rambut juga dapat mengeringkan kulit kepala dan menyebabkan gatal. Jadi, jangan atur suhunya terlalu panas, ya. 

  1. Psoriasis

Jika kamu hanya mengalami gatal di satu titik saja, dan gatal tersebut berupa bercak atau bersisik, maka ada kemungkinan kamu mengalami psoriasis.

Penyebab dari gejala ini adalah auto imun yang diturunkan dalam keluarga. Masalah seperti stres, infeksi, obat-obatan tertentu, dan cuaca dingin dapat memicu psoriasis.

Ketika mengalami hal ini, kamu perlu mengunjungi dokter kulit untuk meminta resep obat. Dokter juga akan merekomendasikan perawatan rambut seperti apa yang harus kamu lakukan.

  1. Kurap 

Wujud kurap di kulit kepala adalah area berketombe atau bersisik. Biasanya, ada bagian yang bulat dan menonjol di area tersebut. 

Kurap bisa terjadi akibat infeksi jamur. Biasanya, penyakit ini bisa menular setelah kamu mengalami kontak langsung dengan orang yang terinfeksi.

Jika mengalami masalah ini, kamu mungkin memerlukan obat anti jamur dengan resep dokter, seperti losion atau salep yang bisa secara langsung dioleskan ke kulit kepala. 

  1. Kutu

Jangan salah. Meskipun sudah tahun 2021, masih ada loh orang yang masih memiliki kutu rambut. Kutu menciptakan rasa gatal yang bisa menjalar ke seluruh kepala kamu. 

Untuk mendeteksi adanya kutu, kamu mungkin akan menemukan telur-telur kutu di sepanjang rambut. Telur kutu biasanya berbentuk seperti butiran beras, tetapi lebih kecil. 

Kutu bisa menjalar ketika kamu bersentuhan langsung dengan seseorang yang memiliki kutu. Atau, kamu tidur bersamanya di satu ranjang, menggunakan sisir yang sama, atau menggunakan topi yang sama. 

Jika kamu sangat terganggu dan malu dengan kutu rambut, carilah sampo atau obat anti kutu dan singkirkan kutu-kutu dari kepala kamu. 

Baca Juga :

Hanya dengan tips Ampuh Inilah Kamu Bisa Mengatasi Kulit Kepala yang Mengelupas dan Rambut Berminyak

Masker yang Melembabkan Untuk Mengatasi Kulit Kepala yang Mengelupas

Kulit Kepala Berminyak dan Mengganggu? Udah Gak Jaman Lho

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

8 Ide Warna Rambut Merah yang Cantik untuk Setiap Skin Tone Wanita Indonesia

Mewarnai rambut memang perlu banyak pertimbangan. Apalagi bagi