Tahukah kamu? Terdapat sebuah filosofi Jawa yang mengatakan, hidup akan jadi susah dan tidak sehat jika kamu membandingkan diri kamu dengan orang lain. Filosofi ini disebut  “sawang sinawang”.

Sayangnya, para penganut filosofi ini tidak pernah mencoba untuk melihat realitas dari perspektif yang berbeda. Padahal, sebenarnya membandingkan diri dengan orang lain bisa membantu kamu menemukan ciri khas dirimu, bukan justru kehilangan jati diri seperti yang banyak diyakini orang. Bahkan, membandingkan diri dengan orang bisa meningkatkan harga diri kamu, loh.

Hal itu bisa dilakukan dengan mengubah kebiasaan buruk “membandingkan” menjadi sebuah kebiasaan baik. Seperti kata banyak orang, jika kamu tidak bisa mengalahkan mereka, maka bergabunglah dengan mereka.

Nah, berikut lima alasan mengapa kamu tidak boleh berhenti membandingkan dengan orang lain:

  1. Kamu menjadi lebih kaya inspirasi

Ketika kamu membandingkan diri kamu dengan orang lain, kamu bisa mendapat banyak inspirasi dari mereka. Hal ini tentunya dapat membantu kamu semakin memiliki banyak inspirasi, karena produktivitas dan ketekunan mereka dapat memberi motivasi lebih pada diri kamu. 

Bandingkan diri kamu dengan mereka dan cobalah mengambil kebiasaan terbaik mereka. Namun, perlu diingat bahwa jumlah like di media sosial tidak layak untuk dibandingkan.

Selain itu, dalam hal keuangan, kamu sebaiknya menghindari kompetisi keuangan, karena hal itu hanya akan membuat kamu berpikir bahwa dunia tidak adil. Sebagai gantinya, cobalah untuk memahami mengapa seseorang memiliki begitu banyak uang. Dengan cara ini, kamu akan mendapatkan gambaran seberapa besar upaya yang perlu kamu lakukan untuk memiliki kehidupan yang lebih baik. 

Ingat, metode imitasi tanpa berpikir panjang tidak akan berhasil. Jadi, kamu harus menyesuaikan pengetahuan, motivasi, dan pengalaman yang diperoleh dengan kebutuhan kamu. 

  1. Kamu akan belajar untuk lebih bersyukur

Ketika kita terus-menerus berusaha untuk menjadi lebih baik, kita cenderung menganggap remeh hal-hal sederhana. Hal sederhana seperti fakta bahwa kamu memiliki rumah, tempat tidur, dan makanan, dapat membuatmu lebih bersyukur.

Pasalnya, beberapa orang di luar sana bahkan tidak memiliki setengah dari hal-hal yang kamu miliki sekarang. Ketika kamu hendak tidur, sebelum kepala kamu menyentuh bantal, luangkan waktu sebentar untuk mengingatkan diri sendiri, betapa bahagianya kamu memiliki tempat tidur yang nyaman.

  1. Membantu kamu mengatasi penyesalan

Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Concordia menemukan bahwa membandingkan penyesalan kita dengan penyesalan orang lain dapat menumbuhkan emosi positif. 

Penelitian itu melibatkan sejumlah 104 orang dari berbagai usia dan mereka diminta untuk berbagi tentang penyesalan terbesar mereka. Hasilnya, mereka yang merasa bahwa penyesalan orang lain lebih buruk, menunjukkan peningkatan emosi positif.

Inilah yang disebut “perbandingan sosial ke bawah”. Artinya, seseorang merasa lebih baik karena melihat ada orang yang lebih buruk atau lebih menderita darinya. Perasaan ini dapat meningkatkan harga diri, merangsang emosi positif, dan mengurangi kecemasan.

  1. Membantu kamu memecahkan masalah

Membandingkan masalah kamu dengan orang lain yang menghadapi masalah serupa, dapat menghibur dan memotivasi kamu. Ketika kamu melihat bagaimana orang lain berhasil menghadapi masalah yang serupa, kamu akan termotivasi dan belajar dari mereka. 

Menariknya, dengan cara ini, kamu dapat menghindari masalah sejak awal karena kamu sudah belajar dengan melihat kegagalan orang lain. Setelah melihat beberapa contoh dan perbandingan tersebut, kamu cenderung tidak akan membuat kesalahan yang sama.

  1. Memperbaiki kekurangan dalam diri kamu

Sebenarnya sangat mungkin bagi kamu untuk meningkatkan kepercayaan diri sambil membandingkan diri kamu dengan orang lain. Misalnya, jika kamu tipe orang yang pemalu, kamu bisa menjadi orang yang lebih ramah dengan meniru orang lain. Singkatnya, begitulah cara manusia berevolusi, yaitu dengan membandingkan dan meniru orang lain.

Membandingkan diri dengan orang lain juga memudahkan kamu untuk menyadari sikap buruk yang kamu miliki. Kamu akan menyadari hal itu ketika kamu melihat seseorang yang juga bersikap buruk. Karena sering kali, kita tidak sadar bahwa kita memiliki kebiasaan atau kelakuan buruk, jika kita belum melihat orang lain yang berperilaku sama. 

Baca Juga :

Tahukah Kamu? Ternyata Susu Coklat Lebih Efektif Dibandingkan Minuman Olahraga Lainnya

Berhentilah Membandingkan Dirimu Dengan Mantan Dari Pacarmu, Kamu Dan Dia Berbeda

Tidak Kalah Dari Produk Luar, Ternyata Ini Kelebihan Lipstik Lokal Dibandingkan dengan Produk Luar

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Anak Lebih Suka pada Pasangan Kamu? Ini yang Harus Kamu Lakukan

Peristiwa di mana anak lebih dekat atau lebih