Deodoran adalah kebutuhan pokok harian bagi sebagian besar orang Indonesia. Karena hidup di wilayah tropis yang cenderung panas, orang membutuhkan deodoran untuk menghindari bau badan dan membantu melawan keringat. 

Namun, sering kali deodoran menyebabkan masalah yang menyebalkan, seperti  meninggalkan noda di pakaian kita, misalnya. Nah, jika kamu mendapati pakaian kamu terkena noda, terutama di area ketiak, kamu bisa lakukan beberapa hal berikut ini untuk menghilangkannya :

PENTING!

Sebelum menerapkan cara-cara di bawah ini, pastikan kamu sudah menguji bahan penghilang noda tersebut pada sepotong kain kecil. Jangan sampai baju kesayangan kamu malah makin rusak.

  1. Hilangkan noda dengan garam

Garam akan membantu menghilangkan noda lama yang menempel pada kain. Garam akan aman digunakan untuk pakaian putih dan berwarna.

Caranya cukup mudah. Kamu hanya perlu siapkan sedikit garam, basahi bagian kain yang bernoda, lalu taburkan garam di atasnya. Biarkan di sana selama 8 – 12 jam atau semalaman. Kemudian basahi kain sekali lagi, dan tambahkan garam lagi. Setelah itu, gosok kain dengan lembut, sampai noda terkelupas. Nah, setelah noda terkelupas, barulah kamu bisa mencuci baji kamu seperti biasa. 

  1. Cuka

Basahi noda deodoran dengan cuka, dan biarkan semalaman. Di pagi harinya, cuci pakaian kamu seperti biasa. Cara ini bisa kamu gunakan untuk pakaian berwarna serta pakaian berbahan dasar alami, seperti wol, misalya.

Perlu diingat, sebaiknya hindari penggunaan cuka pada pakaian berwarna putih, karena pakaian kamu bisa menjadi kekuningan. 

  1. Lemon

Dengan bantuan jus lemon, kamu juga bisa menghilangkan noda deodoran di pakaian. Caranya mudah sekali. Cukup peras buah lemon, dan tuangkan beberapa tetes air lemon langsung ke noda di pakaian. Biarkan selama 5 – 10 menit, lalu cuci pakaian kamu dengan air hangat. Mudah, kan?

  1. Sabun pencuci piring

Sabun pencuci piring dapat menghilangkan noda yang sangat membandel, termasuk noda deodoran di pakaian kamu. Untuk menghilangkan noda, kamu perlu menuangkan sedikit sabun pencuci piring ke noda, kemudian gosok sedikit, lalu biarkan di sana selama 30 menit. Setelah didiamkan, kamu bisa membilas dan mencuci pakaian kamu.

  1. Vodka

Wah, siapa sangka, ternyata vodka sangat manjur digunakan untuk menghilangkan noda putih deodoran di pakaian berwarna gelap.

Untuk menghilangkan noda, tuangkan vodka pada noda di pakaian dan tunggu beberapa menit. Efeknya akan segera terlihat. Memang kadang lebih baik kalau kamu mendiamkannya lebih lama, tapi ingat, jangan sampai lebih dari satu jam. Setelah noda hilang, kamu bisa mencuci pakaian kamu. 

  1. Campuran hidrogen peroksida, soda kue, dan sabun pencuci piring

Untuk menghilangkan noda membandel dan bau tak sedap bekas deodoran di pakaian, kamu bisa membuat larutan khusus dengan cara mencampurkan 4 sendok makan hidrogen peroksida, 1 sendok teh cairan pencuci piring, dan 2 sendok makan soda kue.

Tuangkan campuran di atas noda, dan biarkan selama beberapa jam. Setelah itu,  cuci cuci pakaian kamu seperti biasa. 

Baca Juga :

7 Manfaat Deodoran yang Tidak Banyak Orang Tahu

5 Deodoran Alami yang Bisa Kamu Buat Sendiri di Rumah

Penggunaan Deodoran Untuk Bau Badan, Amankah?

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

5 Kesalahan Pertolongan Pertama yang Perlu Kita Ketahui

Di dunia ini, ada momen-momen tak terdua yang