Apakah Anda tidak punya waktu untuk pergi ke salon? Atau apakah Anda tipe orang yang menantang diri sendiri? Nah, mari kita simak cara memotong rambut di rumah dan beberapa tips dan trik untuk mendapatkan tampilan yang profesional.

Memotong rambut di rumah bisa menjadi tugas yang menakutkan dan seringkali yang terbaik adalah menyerahkan potongan rambut dan perawatan warna yang rumit kepada para profesional. Tetapi mungkin ada hari-hari ketika Anda tidak punya waktu untuk mengunjungi salon – namun surai Anda sangat membutuhkan sedikit pemangkasan. Kami benar-benar memahami keadaan Anda dan itulah mengapa kami akan memberi tahu Anda cara memangkas rambut di rumah.

Cara memotong rambut di rumah – dasar-dasarnya

Jika Anda pernah mencoba memotong poni Anda sendiri saat remaja, atau memotong beberapa inci dari ujungnya, Anda akan tahu itu tidak mudah. Selalu ada ketakutan untuk mengacaukan panjangnya. Tetapi jika Anda kekurangan uang, atau tidak berminat untuk mengobrol ringan dengan bibi salon, inilah saatnya untuk belajar cara memotong rambut di rumah.

Tips sebelum potong rambut

  1. Mulailah dengan rambut basah dan kusut – sama seperti Anda akan mencuci rambut sebelum potong rambut, untuk pemangkasan DIY Anda harus memiliki rambut yang bersih dan basah. Jadi ketika Anda akan memotong, pastikan rambut Anda dalam keadaan lembab terlebih dahulu.
  2. Tentukan panjangnya – apakah itu satu, dua atau tiga inci, buat potongan panduan. Jepit bagian rambut di antara dua jari dan geser ke bawah hingga panjang yang diinginkan untuk dipotong.
  3. Gunakan gunting yang tepat – percayalah, jangan gunakan gunting dapur pada rambut Anda! Tepi yang tumpul akan merusak tekstur rambut Anda dan membuat ujung rambut bercabang menjadi lebih buruk. Gunakan gunting rambut yang didesain khusus saat Anda memotong rambut di rumah.
  4. Potong lebih sedikit dari yang Anda butuhkan – saat rambut Anda basah, rambut akan terlihat sedikit lebih panjang. Anda selalu dapat memotong lebih banyak nanti jika Anda tidak mendapatkan panjang yang diinginkan.
  5. Mintalah bantuan – memotong rambut Anda sendiri bisa sangat rumit. Mintalah seseorang untuk membantu di belakang, sehingga Anda mendapatkan panjang yang rata. Jika Anda tidak dapat menemukan siapa pun untuk membantu, simpan cermin di depan dan belakang untuk memeriksa rambut Anda dari setiap sudut.

Langkah-langkah memotong rambut di rumah

Langkah 1: Cuci dan kondisikan

Langkah pertama untuk memotong rambut di rumah adalah mencucinya. Memotong rambut Anda saat kotor atau berminyak bukanlah ide yang baik. Gunakan sampo dan kondisioner yang menghidrasi. Langkah ini dapat membersihkan rambut dari minyak berlebih dan kotoran sambil memperkuat kunci yang lemah.

Langkah 2: Gunakan jubah dan klip

Tutupi bahu Anda dengan jubah atau handuk tua untuk meminimalkan kekacauan. Kumpulkan klip, semakin banyak semakin baik. Sikat rambut Anda secara menyeluruh terlebih dahulu untuk menghilangkan kusut.

Langkah 3: Semprotkan air

Rambut Anda harus cukup basah tetapi tidak terlalu basah saat memotong rambut. Jika rambut Anda sudah kering, semprotkan sedikit air sampai benar-benar lembap.

Langkah 4: Bagi rambut menjadi beberapa bagian

Tergantung pada ketebalan dan panjang rambut Anda, bagilah menjadi empat hingga enam bagian. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan membelah rambut Anda di tengah dan kemudian membuat bagian serupa di setiap sisi. Amankan setiap bagian dengan klip. Sekarang mari kita pelajari cara memotong rambut di rumah!

Langkah 5: Mulai memotong

  • Ambil beberapa helai dari salah satu bagian, sisir dan pegang ujungnya erat-erat dari kulit kepala Anda dan pada sudut 90 derajat, di antara jari-jari Anda
  • Jaga agar jari-jari Anda tetap kencang di rambut, dekatkan dan rapikan ujungnya
  • Ambil helai rambut baru dari bagian yang sama dan tambahkan ke helai yang sebelumnya dipotong Ikuti panjangnya sebagai panduan dan potong helai rambut baru dengan panjang yang sama
  • Ulangi langkah-langkah ini dan kerjakan bagian demi bagian sampai Anda selesai

Langkah 6: Sentuhan akhir

Setelah selesai, periksa apakah rambut Anda rata. Sisir rambut Anda dan satukan bagian-bagian rambut di kedua ujungnya dari kedua sisi, untuk membandingkan apakah panjangnya sama. Jika tidak, lakukan penyesuaian dengan memotong untaian yang tidak rata.

Baca Juga :

Seberapa Sering Kita Harus Potong Rambut? Yuk, Simak Tips Potong Rambut Berdasarkan Jenisnya!

Hemat Biaya. Inilah Tips Potong Rambut Sendiri Di Rumah

Jika Kamu Mengalami Tanda-Tanda Ini, Maka Inilah Saat yang Tepat Untuk Potong Rambut

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

7 Tips Penting yang Harus Anda Ketahui Sebelum Menggunakan Hairspray

Sebelum kita mempelajari cara menggunakan hairspray, pertama-tama mari