Pola makan sehat adalah hal penting dalam kehidupan yang sangat sulit untuk dijalani. Menurut penelitian, saat ini rata-rata orang mengonsumsi sekitar 20% lebih banyak kalori daripada yang biasa dikonsumsi oleh nenek moyang dahulu. Budaya kuliner dan munculnya berbagai makanan cepat saji membuat konsumsi kalori menjadi berlebih. 

Selain kelebihan konsumsi kalori, ada pula beberapa makanan yang akan merugikan tubuh ketika dikonsumsi di waktu yang salah. Berikut adalah beberapa daftar makanan yang bisa jadi berbahaya jika kamu mengonsumsinya di waktu yang tidak tepat :

  1. Pisang

Meskipun pisang tampak seperti pilihan terbaik untuk sarapan, tapi pisang bisa menurunkan tingkat energi kamu jika dikonsumsi dengan perut kosong. Pada awalnya, kamu mungkin akan merasakan peningkatan energi berkat kandungan gula dalam pisang yang cukup tinggi, tetapi setelah beberapa jam, kamu cenderung merasa lelah dan lapar lagi. Makan pisang juga bisa berbahaya bagi orang yang menderita sindrom iritasi usus besar, karena konsumsi pisang saat perut kosong bisa menyebabkan diare.

  1. Kopi

Kopi di pagi hari adalah sebuah kewajiban bagi banyak orang. Padahal, sebenarnya sangat kopi di pagi hari tidak begitu berguna. Penelitian telah menunjukkan bahwa minum kopi sebelum makan akan meningkatkan toleransi kita terhadap kafein. Dalam satu jam pertama setelah bangun tidur, tubuh kamu memproduksi kortisol dan sangat penting untuk tidak mengganggu proses produksi kortisol. Jadi, sebaiknya tunggu sebentar, jangan langsung nikmati secangkir kopi begitu kamu bangun tidur. 

  1. Nasi

Meskipun kita orang Indonesia sangat menyukai nasi, bahkan merasa belum makan ketika belum mengonsumsi nasi, tapi bisa jadi nasi bukan pilihan menu makan terbaik bagi tubuh. Nasi mengandung banyak karbohidrat kompleks yang membutuhkan waktu lama untuk dicerna. Memang itu adalah hal baik, karena membuat kita tetap energik untuk waktu yang lama. Namun, hal itu membuat nasi berpotensi menyebabkan penambahan berat badan jika dimakan di malam hari.

Jadi, alih-alih makan nasi di malam hari, makanlah nasi saat siang hari. Metabolisme kamu bekerja cepat selama jam-jam siang, sehingga akan lebih mudah bagi tubuh kamu untuk mencerna nasi. Selain itu, kamu memerlukan tambahan energi untuk menjalani hari yang produktif, jadi kamu membutuhkan nasi di siang hari.  

  1. Susu

Beberapa orang sudah terbiasa untuk sarapan dengan segelas susu bahkan sejak masih kecil. Tetapi kebiasaan ini ternyata tidak berhasil untuk orang dewasa. Susu menjadi produk yang sulit dicerna, jadi meminumnya di pagi hari dan menggabungkannya dengan makanan lain yang masih berada di dalam perut bisa menyebabkan mulas dan sakit perut.

Alih-alih minum susu saat sarapan, sebaiknya kamu minum susu di malam hari untuk membantu menenangkan tubuh dan meningkatkan kualitas tidur malam.

  1. Apel

Apel adalah buah yang kaya serat dan mengandung asam alami yang meningkatkan pencernaan dan fungsi usus besar. Tetapi jika kamu makan apel di malam hari, asam dari apel dapat menumpuk di perut sehingga menyebabkan perut menjadi tidak nyaman. Makan apel di malam hari juga bisa menyebabkan pembentukan gas yang berlebihan dan masalah buang air besar. Itu terjadi karena pencernaan kamu melambat di malam hari, sehingga butuh waktu lebih lama untuk mencerna Apel yang kamu makan.

Waktu terbaik untuk makan apel adalah di pagi hari. Dengan makan apel saat pagi hari, kamu bisa merangsang buang air besar setelah tidur lama. Ini akan sangat bermanfaat jika kamu makan banyak di malam sebelumnya, atau jika kamu terlalu banyak mengonsumsi junk food.

  1. Yogurt

Hindari makan yogurt saat perut kosong atau saat sebelum makan, karena yogurt mengandung asam laktat yang dapat menurunkan keasaman lambung. Ini akan memperlambat pencernaan saat kamu sedang makan hidangan utama. Sebaiknya, kamu minum  yogurt sekitar 1 – 2 jam setelah makan utama untuk mendapatkan semua manfaat asam laktat bagi pencernaan kamu. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi yogurt dalam porsi kecil sebelum tidur untuk mengisi tubuh kamu dengan protein yang akan membantu pertumbuhan otot. 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Hati-hati, Salah Pilih Warna Rambut Bisa Membuat Kamu Terlihat Lebih Tua!

Semua orang ingin memiliki warna rambut yang akan