Jangan sampai gaya berpakaian Anda saat wawancara kerja justru membuat pewawancara enggan menerima Anda sebagai bagian dari perusahaannya. Untuk menghindari hal tersebut, ikuti tips berikut ini agar bisa menghindari apa saja hal yang tidak disarankan untuk digunakan saat wawancara kerja.

  1. Warna Mencolok

Pilihan warna Anda, baik formal, smart-casual atau semi-formal, harus lembut dan halus. Apa pun yang keras, mencolok, atau mencolok adalah larangan besar.

  1. Pakaian Terbuka

Dengarkan wanita! Leher yang menjuntai, atasan tanpa punggung, gaun yang memeluk kulit, rok di atas lutut, pakaian tanpa tali, tembus pandang, dll., adalah hal-hal yang sama sekali tidak boleh untuk wawancara. Sekali lagi, itu satu hal yang umum untuk industri apa pun.

  1. Alas Kaki yang Tidak Sesuai

Alas kaki yang tidak pantas tidak hanya berarti sandal jepit atau crocs. Stiletto yang mencolok dan megah atau tumit enam inci dianggap sama buruknya. Sepatu lari atau pelatih juga tidak berfungsi, kecuali khusus untuk ceruk industri.

  1. Terlalu Santai

Startup dan perusahaan kreatif lainnya bekerja lebih keras dan membual tentang lingkungan kerja kasual mereka. Juga, tentang bagaimana mereka tidak khusus tentang apa pun yang Anda kenakan untuk wawancara. Bahkan dalam kasus itu, celana pendek atau hot pants bukanlah pilihan. Tetap santai, tetapi tidak terlalu santai.

  1. Hindari Denim

Jeans yang robek/robek, ujung celana yang robek atau semacamnya harus dihindari.

  1. Printing Motif Hewan

Tak perlu dikatakan lagi, tetapi printing binatang apa pun, dalam hal ini  printing besar apa pun seperti motif bunga, dll. tidak dianggap formal. Bahkan jika Anda mengenakan setelan semi-formal, jaga agar kemeja atau atasan tetap halus dan jangan menggunakan cetakan apa pun, terutama cetakan binatang.

Selalu lebih suka warna solid untuk lingkungan formal dan semi formal, warna dapat ditambahkan secara kreatif dan fashion, di mana cetakan biasanya dianggap dapat diterima. Hindari cetakan binatang dan kamuflase (militer). Anda bisa bermain dengan tanda centang, titik, dan geometris.

Berpakaian Untuk Wawancara – Sesuai dengan Tipe Tubuh Anda

  1. Sosok jam pasir

Jika Anda memiliki sosok jam pasir, beruntunglah Anda! Tapi, ini bukan saatnya bagi Anda untuk memamerkan lekuk tubuh Anda. Sebaliknya, kenakan sesuatu yang ramping dan pas di pinggang, seperti ikat pinggang yang meninggikan sosok Anda tetapi sama-sama elegan.

  1. Segitiga Atau Gambar Terbalik

Menyetel akan membantu Anda mencapai keseimbangan antara tubuh bagian atas dan bawah. Warna gelap seperti hitam dan biru laut akan cocok untuk Anda. Pilihlah warna gelap untuk bagian atas tubuh. Jaga agar kain sesederhana mungkin dan potongannya juga. Pilih warna yang lebih terang dan kain yang lebih lembut untuk bagian bawah.

  1. Tipe Tubuh Bulat

Ini berarti Anda memiliki bentuk tubuh yang proporsional – dari bahu hingga pinggul dan paha. Jadi, kenakan gaun atau kemeja formal dengan lengan penuh agar mengalihkan perhatian. Jika Anda mengenakan rok, hindari potongan pensil, dan gunakan potongan biasa. Sama halnya dengan celana panjang juga; potongan lurus yang biasa akan bekerja lebih baik daripada celana rokok.

Direkomendasikan menggunakan celana pinggang atau rok yang cocok dengan bentuk tubuh ini. Gaya kardigan atau jaket kerah lembut (hindari sudut dan pilih kebulatan) dalam kain lembut. Sangat penting untuk mengalihkan perhatian dari titik pinggang (yang merupakan titik terlemah dari sosok ini) ke wajah dan bahu, menggunakan make-up, aksesoris seperti anting-anting, kalung dan juga bros.

Baca Juga :

Menurut Pakar Karier, Ini 6 Pertanyaan Cerdas yang Perlu Ditanyakan Saat Wawancara Kerja

5 Tips Menjawab Pertanyaan Rumit Saat Wawancara Kerja

5 Tips Pakaian Wawancara Kerja Supaya Kamu Diterima

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

5 Cara Mudah Membuat Ripped Jeans Sendiri di Rumah

Ripped jeans adalah salah satu pakaian yang sangat