Kehilangan hingga 100 helai rambut sehari, sebenarnya adalah hal yang normal. Jika kamu menarik hampir 60 helai rambut, kemudian terdapat 5-8 helai yang rontok di tangan atau sisir, maka kamu tidak perlu khawatir, karena hal itu sangat normal. Tetapi, jika terdapat lebih dari 15 helai yang rontok, maka itu tandanya kamu harus memperhatikan kesehatan rambut kamu. 

Penuaan, stres, polusi udara, gaya hidup tidak sehat, dan kecenderungan genetik adalah beberapa alasan yang dapat memicu rambut rontok. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Coba lakukan beberapa treatment berikut untuk membantu kamu mengatasi rambut rontok: 

  1. Keramas dengan benar

Keramas secara rutin saja tidak cukup untuk merawat rambut rontok. Kamu harus memahami jenis rambut kamu dan memilih sampo yang tepat sesuai kebutuhan rambut. Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan kandungan bahan kimia di produk perawatan rambut. Usahakan untuk menghindari silikon dan sulfat dalam produk perawatan rambut kamu. 

Jika kulit kepala kamu cenderung kering, maka jangan terlalu sering mencuci rambut, karena itu dapat membuat rambut semakin kering. Sebaliknya, jika kulit kepala dan rambut cenderung berminyak, usahakan untuk keramas 3 kali dalam seminggu.

Tips selanjutnya, jangan menyisir rambut saat masih basah. Tunggu hingga rambut kering, baru kamu bisa menyisirnya. 

  1. Rawat sisir rambut

Bukan hanya rambut kamu yang harus dirawat, sisir pun harus dirawat dengan baik. Kamu perlu mencuci sisir kamu secara rutin, minimal setiap seminggu sekali. Selain itu, pemilihan jenis sisir juga menjadi penting untuk mengatasi rambut rontok. Sesuaikan jenis sisir dengan jenis rambut kamu, sehingga rambut mudah terurai saat disisir dan terhindar dari kerontokan yang disebabkan karena salah memilih sisir.

  1. Hati-hati memilih gaya rambut

Bukan hanya kamu yang bisa stres, rambut pun bisa tertekan saat kamu memakai gaya rambut ketat, seperti  ekor kuda, cornrows, kepang, dll. Seiring waktu, gaya rambut ketat yang kamu lakukan setiap hari itu dapat menyebabkan kerontokan rambut atau memperburuk masalah yang sudah kamu miliki. 

Jika masalah kerontokan rambut benar-benar serius, lebih baik hindari gaya rambut yang ketat dan berlebihan. Sebagai tindakan pencegahan, cobalah untuk menjaga tatanan rambut yang ketat saat acara tertentu, bukan setiap hari.

  1. Waspada terhadap panas tinggi

Banyak orang yang tidak bisa lepas dari alat pengering rambut dan alat styling panas lainnya. Padahal, untuk mendapatkan rambut sehat, kamu harus menghindari berbagai alat panas yang dapat merusak rambut. Pasalnya, panas membuat rambut kamu jadi rapuh dan tipis, sehingga rambut akan lebih sering rontok. Apalagi, jika kamu memiliki kebiasaan mandi dengan air panas. 

  1. Rawat kulit kepala

Pijat kulit kepala adalah teknik yang bagus untuk merangsang sirkulasi darah, yang bermanfaat untuk pertumbuhan rambut baru. Jadi, kamu harus rutin memijat kulit kepala saat keramas atau pergilah ke salon untuk creambath

  1. Olahraga

Stres bisa merusak tubuh kita secara fisik, termasuk merusak rambut. Karena, ketika kamu merasa cemas dan gugup, tingkat hormon kortisol akan meningkat, lalu menyebabkan penurunan elemen kulit yang penting untuk pertumbuhan rambut. Jika kamu memperhatikan bahwa kerontokan rambut kamu terjadi ketika kamu sedang stres, maka kamu harus mengatasi stres kamu. Salah satu caranya adalah dengan olahraga. 

  1. Hentikan kebiasaan tidak sehat

Merokok dan minum alkohol secara teratur adalah salah satu penyebab mengapa rambut kamu jadi rontok. Karna, kedua kebiasaan tak sehat tersebut bisa merusak folikel rambut dan juga mengeringkan kulit kepala. Jadi, jika tak ingin rambut rontok, berhentilah merokok dan hindari minuman beralkohol.

Baca Juga :

Bulu Mata Rontok! Jangan-Jangan Kebiasaan Ini Yang Sering Kamu Lakukan

Girls, Atasi Rambut Rontok Ternyata Bukan Dengan Shampoo,Tapi Dengan Ini..

Rambut Kamu Rontok Parah? Cobain Deh Hindari Beberapa Hal Berikut

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

8 Ide Warna Rambut Merah yang Cantik untuk Setiap Skin Tone Wanita Indonesia

Mewarnai rambut memang perlu banyak pertimbangan. Apalagi bagi