Tidak ada banyak hal di dunia ini yang lebih menyegarkan daripada segelas air dingin saat kamu sedang haus dan kepanasan. Fakta ini memang tidak dapat disangkal, bahwa kadang-kadang, segelas air bisa lebih memuaskan daripada secangkir kopi atau sekaleng soda. 

Meskipun demikian, masih banyak dari kita yang kurang minum air. Hal ini bisa terjadi karena berbagai faktor. Contohnya, kamu terlalu sibuk sehingga lupa minum air, kamu terlalu malas bergerak untuk mengambil air di dapur, atau kamu memang tidak suka minum air.

Nah, beberapa tanda di bawah ini menunjukkan bahwa tubuh kamu sedang darurat air:

  1. Mulut kering

Tentu setiap kali kamu merasakan rasa lengket, kering dan tidak nyaman di mulut, kamu pasti akan segera minum sesuatu. Tapi, jika kamu minum minuman manis, itu tidak akan mengatasi masalah. Kamu membutuhkan air putih untuk melumasi selaput lendir di mulut dan tenggorokan kamu, yang pada gilirannya akan terus menjaga mulut kamu tetap lembap dengan air liur, dalam waktu yang cukup lama.

  1. Kulit kering

Kulit adalah organ terbesar tubuh, jadi kulit harus tetap terhidrasi. Faktanya, kulit kering adalah salah satu tanda paling awal dari masalah dehidrasi yang bisa berujung pada masalah kesehatan yang lebih parah. 

Ketika tubuh kekurangan air, berarti tubuh juga akan kekurangan keringat, yang menyebabkan ketidakmampuan tubuh untuk membersihkan kotoran dan minyak berlebih yang terkumpul sepanjang hari. 

Jika kamu ingin mencegah jerawat, jalan pertama kamu lakukan bukan skincare mahal, tapi minum air yang banyak. 

  1. Mata kering

Air tidak hanya mempengaruhi mulut, tenggorokan, dan kulit kamu, tapi juga organ mata. Kurangnya asupan air menyebabkan mata menjadi kering dan merah. Tanpa air dalam tubuh, saluran air mata kamu pun akan mengering. Sadarilah bahwa mata kering dapat menyebabkan lebih banyak masalah pada mata, sehingga kamu harus cepat-cepat mengonsumsi banyak air untuk mengatasinya. Jangan andalkan obat mata saja. 

  1. Nyeri sendi

Tulang rawan dan cakram tulang belakang kita terdiri dari sekitar 80% air. Jadi, air adalah kebutuhan mutlak untuk menjaga tulang kita agar tidak saling bergesekan dengan setiap langkah yang kita ambil setiap hari. Dengan menjaga tubuh kamu terhidrasi, kamu pun akan memastikan bahwa persendian kamu dapat mendukung aktivitas dengan baik.

  1. Massa otot berkurang

Tak hanya tulang rawan saja, bahkan otot kamu pun sebagian besar terdiri dari air. Jadi cukup jelas, bahwa jika hanya ada sedikit air dalam tubuh, berarti lebih sedikit massa otot. 

Untuk itu, kamu perlu minum air sebelum, selama, dan setelah berolahraga, agar kamu tetap terhidrasi dan memungkinkan air masuk ke dalam otot. Dengan demikian, kamu akan mengurangi kemungkinan terjadinya peradangan dan nyeri akibat olahraga.

  1. Lelah dan lesu

Ketika tubuh mengalami dehidrasi, tubuh akan “meminjam” air dari darah kamu. Nah, jika tubuh kamu kurang darah, tentu saja kamu akan kekurangan oksigen yang seharusnya dialirkan ke seluruh tubuh. Saat kekurangan oksigen, kamu akan merasa ngantuk dan lelah sepanjang hari. 

  1. Lapar

Saat mengalami dehidrasi, tubuh kamu mungkin mulai berpikir bahwa ia sedang lapar dan butuh makanan. Ini bisa terjadi sepanjang hari, terutama pada malam hari ketika kamu tiba-tiba terbangun dan menginginkan makanan tengah malam. 

Dan jika kamu menuruti keinginan untuk makan, hal itu akan membebankan tubuh kamu dengan pekerjaan yang lebih banyak. Karena, makan pencernaan makanan memang menyebabkan lebih banyak pekerjaan bagi tubuh. Sedangkan air minum tidak demikian. Air justru akan memurnikan organ kamu dan memasok bahan bakar yang dibutuhkan untuk menjalani proses lainnya.

Baca Juga :

Bolehkah Kita Minum Air Saat Sedang Makan?

Yuk! Biasakan Minum Air Putih Sebelum Tidur Agar Kamu Memperoleh Berbagai Manfaat Ini

Bahaya Minum Air Es Setelah Makan

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

7 Cara Mencegah Wajah Bengkak Saat Bangun Tidur

Kamu pasti pernah mengalami bangun tidur dengan kondisi