Pernahkah kamu mendengar saran seperti, hisap racun dari gigitan ular, gosok gigi segera setelah makan, dll.?

Di dunia ini ada hal-hal yang tidak pernah kita pertanyakan, karena kita telah diberitahu oleh orang-orang di sekitar kita untuk melakukannya dan karena semua orang melakukannya. Tapi bagaimana jika ternyata kebiasaan orang-orang ini adalah salah?

Berikut adalah beberapa kebiasaan yang ternyata salah kaprah dan bagaimana seharusnya kebiasaan tersebut dilakukan :

  • Meniup makanan anak-anak

Mengapa ini salah?

Saat meniup makanan anak (serta berbagi makanan, berbagi minuman, sikat gigi, dll.), Orang tua dan orang lain dapat menularkan bakteri yang dapat menyebabkan gigi berlubang, meskipun anak tersebut belum memiliki gigi, karena mereka paling rentan ketika mereka baru mulai berkembang.

Apa yang harus dilakukan?

Jangan berbagi makanan, minuman, atau peralatan apa pun dengan anak kamu dan jangan meniup makanan mereka. Lebih baik menunggu sebentar agar makanan atau minuman tidak terlalu panas.

  • Mengangkat orang yang pingsan

Mengapa ini salah?

Alasan mengapa orang bisa pingsan adalah karena tekanan darah tiba-tiba turun, yang mengakibatkan darah tidak sampai ke otak. Jika kamu mengangkat seseorang, itu akan terus mencegah darah masuk ke otak.

Apa yang harus dilakukan?

Kepala orang yang pingsan harus tetap lebih rendah dari dadanya. Buat orang tersebut duduk dan membungkuk, atau bahkan lebih baik, baringkan dia. Orang yang pingsan harus tetap dalam posisi ini selama beberapa menit, dan pastikan mereka merasa baik-baik saja sebelum bangun.

  • Menghisap racun dari gigitan ular

Mengapa ini salah?

Saat ini sudah ada banyak anti-bisa yang efektif untuk menyembuhkan orang yang tergigit ular dan sangat jarang gigitan ular menjadi fatal. Menghisap racun tidak akan banyak membantu para korban, jadi tidak ada alasan untuk melakukannya.

Apa yang harus dilakukan?

Dalam hal ini, kamu harus membaringkan orang tersebut sehingga gigitannya berada di bawah permukaan jantung dan membuat orang tersebut tetap diam agar racunnya tidak menyebar. Hubungi ambulans atau bawa korban ke fasilitas medis terdekat.

  • Menyikat gigi segera setelah makan

Mengapa ini salah? 

Menyikat gigi setelah makan dapat merusak enamel, lapisan pelindung gigi.

Apa yang harus dilakukan?

Di pagi hari, sikatlah gigi kamu sebelum sarapan. Jika kamu ingin melakukannya setelah makan, pertama bilas mulut kamu dengan air terlebih dahulu, lalu tunggu sekitar 40 menit setelah makan sebelum kamu menyikat gigi. 

  • Menepuk-nepuk punggung orang yang tersedak

Mengapa ini salah?

Jika kamu menepuk punggung seseorang dalam posisi tegak, benda yang membuatnya tersedak dapat tergelincir masuk lebih jauh.

Apa yang harus dilakukan?

Condongkan badan ke depan dan buat dia batuk terlebih dulu, itu mungkin sudah cukup. Jika tidak berhasil, berikan beberapa pukulan punggung di antara tulang belikat, tetapi pastikan orang tersebut mencondongkan tubuh ke depan (pastikan dia tidak duduk tegak) sebelum kamu melakukan ini. 

  • Mengoleskan es langsung ke area memar

Mengapa ini salah?

Kulit adalah bagian tubuh yang sangat halus, jika kamu melakukannya, ini akan mengurangi aliran darah dan memperlambat penyembuhan. Selain itu, ini juga dapat menyebabkan radang dingin.

Apa yang harus dilakukan?

Bungkus es dengan handuk atau kain lainnya. Bubuhkan es pada area yang cedera tetapi jangan biarkan es diseka ke luka memar selama lebih dari 10 menit sekaligus. 

  • Mengoleskan mentega atau es ke luka bakar

Mengapa ini salah?

Mengobati luka bakar dengan mentega atau es batu tidak akan membantu kamu. Luka bakar masuk jauh ke dalam kulit kamu dan kamu perlu mendinginkannya untuk mencegah lukalebih lanjut.

Apa yang harus dilakukan?

Cuci luka bakar di bawah air dingin yang mengalir dan pastikan kamu membiarkannya cukup lama. (Sebaiknya cuci di bawah air dingin yang mengalir selama setidaknya 20 menit) 

Baca Juga :

https://www.tampilcantik.com/tahukah-kamu-kelaparan-bisa-berbahaya-untuk-kesehatan/

https://www.tampilcantik.com/tips-hidup-sehat-untuk-memperbaiki-kesehatan-dan-kebugaran-tubuh/

https://www.tampilcantik.com/hati-hati-7-cara-menggendong-ini-bisa-berbahaya-bagi-kesehatan-anak/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Tersiksa memakai kacamata? Berikut Tips Perawatan Mata Spesial Untuk Kamu

Tahukah kamu? Otot bagian mana yang paling aktif