Lidah buaya atau Aloe Vera memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Bahkan ada pula yang mengonsumsi aloe vera untuk menyembuhkan berbagai penyakit atau untuk membuat hidangan tertentu. Nah, berikut adalah daftar manfaat aloe vera yang dapat kamu pakai sebagai panduan untuk menggunakannya :

  • Pelembab Wajah

Daun padat air yang dikombinasikan dengan senyawa tanaman tertentu yang disebut karbohidrat kompleks membuat lidah buaya menjadi pelembab wajah yang efektif. Nah, inilah yang membuat lidah buaya digunakan sebagai bahan utama pembuatan berbagai produk kosmetik untuk menenangkan kulit dan melembapkan kulit.  Konsistensi ringan dan sifatnya yang menyembuhkan yang dimilikinya juga membuatnya ideal untuk kulit selama musim panas.

  • Mengobati Jerawat

Lidah buaya dapat membantu mengobati jerawat, tetapi lidah buaya akan bekerja paling baik dan efektif pada jerawat dengan permukaan yang dangkal daripada jerawat yang lebih dalam. Jadi, jika kamu memiliki komedo atau jerawat yang dangkal lainnya, kamu bisa mengoleskan lidah buaya untuk meredakan peradangan.

  • Menghapus Make Up

Lidah buaya dapat menjadi alternatif penghilang make up yang berbahan dasar minyak. Kulit di wajah kita, terutama di sekitar mata kita, dianggap sebagai salah satu bagian kulit paling halus di seluruh tubuh. Karena kelembapannya, lidah buaya mampu dengan mudah dan lembut menghapus make up pada wajah, terutama di area mata.

  • Obat Untuk Ibu Menyusui

Tahukah kamu? Aloe Vera ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai obat bagi ibu menyusui. Umumnya, puting ibu mengalami sakit atau bahkan mungkin bengkak akibat aktivitas menyusui. Nah, ternyata, lidah buaya mampu mengatasi masalah ini. Karena lidah buaya dikenal sangat menenangkan kulit, maka lidah buaya dapat membantu menyembuhkan puting dan obat dari lidah buaya ini juga aman jika bayi menelannya secara tidak sengaja.

  • Memperbaiki Kulit Rusak

Kondisi kulit seperti Psoriasis dan Eksim biasanya disebabkan oleh kerusakan pada pelindung kelembaban kulit dan/atau dipicu oleh infeksi internal seperti radang, cuaca dingin, dan lain-lain. Mengingat kemampuan lidah buaya dalam menghidrasi kulit, maka kamu juga bisa menggunakan lidah buaya untuk mengobati kulit yang rusak.  Lidah buaya akan mengisi kembali kelembapan kulit pada masalah kulit seperti psoriasis dan eksim.

  • Mengobati Kulit yang Perih Setelah Bercukur

Seperti disebutkan sebelumnya, lidah buaya paling sering digunakan untuk membantu dan meredakan sengatan dan luka pada kulit. Selain bisa digunakan untuk mengobati luka bakar, lidah buaya pun efektif untuk meringankan perih yang kamu derita setelah bercukur. Lidah buaya dapat meredakan nyeri terutama di sekitar area bikini yang cenderung sensitif.

  • Mengobati Mata yang Bengkak

Dengan kemampuan lidah buaya dalam mengurangi peradangan dan sifat antioksidannya yang kuat, maka lidah buaya akan sangat baik untuk mengobati mata kamu yang bengkak. Oleskan gel lidah buaya dengan lembut di bawah mata kamu untuk meningkatkan sirkulasi, membuang cairan yang menumpuk di mata sembab kamu, dan mengurangi pembengkakan. Jika kamu menyimpan lidah buaya di lemari es sebelum digunakan, maka kinerjanya akan lebih efektif.

Baca Juga :

https://www.tampilcantik.com/perpaduan-aloe-vera-dan-madu-untuk-berikan-nutrisi-terbaik-untuk-pertumbuhan-rambut/

https://www.tampilcantik.com/bagaimana-cara-aloe-vera-membantu-dalam-mencegah-rambut-rontok-ini-dia/

https://www.tampilcantik.com/dapatkan-kilau-instan-dengan-perawatan-wajah-karela-aloe-vera-yang-luar-biasa-ini/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

4 Cara Aman Mewarnai Rambut dengan Bahan Alami

Jika kamu perhatikan, selama pandemi COVID-19 ini, banyak