Pernahkah kamu mengalami masalah jerawat yang timbul di dada?

Mungkin kamu sempat bingung dengan kondisi ini, ya? Sebenarnya apa sih jerawat dada? Apakah jerawat dada termasuk indikasi masalah kesehatan yang berbahaya? Atau jerawat dada adalah hal yang normal? Simak jawabannya!

Menurut Joshua Zeichner, MD, seorang dokter kulit di New York, jerawat dada pada dasarnya hanyalah perkembangan dari jerawat biasa yang sering kali merupakan kombinasi dari berbagai jenis jerawat seperti komedo, jerawat merah, dll. Lalu bagaimana solusi untuk menghilangkan jerawat dada? Berikut yang dapat kamu lakukan untuk memerangi jerawat di dada :

  • Gunakan sabun mandi khusus jerawat
Gunakan 8 Rekomendasi Produk yang Dapat Menghilangkan Jerawat Punggung,  Kulit Dijamin Mulus!

Mulailah dengan mengatasi jerawat saat kamu mandi. Jika mengalami masalah jerawat pada dada, sebaiknya kamu menggunakan pembersih asam salisilat yang mampu menghilangkan minyak berlebih dan sel kulit mati. Jika kamu memiliki kondisi jerawat yang lebih meradang, pertimbangkan untuk memilih formula benzoyl peroxide, yang akan membunuh bakteri penyebab jerawat di kulit kamu. Gunakan waslap dan basuh pada area berjerawat di dada kamu, diamkan, lalu bilas. Mudah, bukan?

  • Pastikan untuk melakukan eksfoliasi

Tambahkan beberapa tips eksfoliasi untuk membersihkan kulit kamu secara menyeluruh. Tentu saja untuk menghilangkan jerawat, kamu juga perlu menghilangkan semua sel kulit mati yang melapisi kulit kamu. Karena proses eksfoliasi akan menipiskan kulit, maka proses ini juga memungkinkan keratin berlebih yang menyumbat pori-pori kamu dapat keluar.

Tapi satu hal yang perlu kamu ingat, kamu tidak boleh membersihkan kulit secara berlebihan, karena pembersihan berlebihan atau pengelupasan berlebihan dapat mengiritasi kulit kamu dan justru memicu kulit untuk memproduksi lebih banyak minyak. Lakukan secukupnya.

  • Coba pengobatan topikal
Pilihan Obat Eksim Kering yang Aman dan Ampuh

Apakah sabun mandi anti jerawat belum berhasil menghilangkan jerawat dada? Tenang, kamu bisa mencoba cara lain. Mungkin kamu perlu meningkatkan prosesnya dengan obat topikal seperti benzoil peroksida, asam salisilat, dan adapalen yang dijual bebas. Obat ini akan membuat sel-sel kulit tidak saling menempel dan tidak menyumbat pori-pori. Obat topikal juga dapat berguna untuk mengatasi jerawat yang mengganggu di dada. Oleskan formula pilihan kamu di area jerawat dada dan biarkan mengering sebelum mengenakan pakaian apa pun.

  • Evaluasi rutinitas kamus setelah olahraga

Apa yang biasa kamu lakukan setelah olahraga? Apakah kamu tipe seseorang yang suka duduk-duduk setelah olahraga? Ya, memang wajar jika kamu bermalas-malasan setelah banyak berkeringat. Tapi kamu perlu mempertimbangkan pakaian olahraga yang penuh keringat. Sebaiknya, setelah berolahraga, kamu segera bersih diri. Alangkah lebih baiknya jika kamu mandi setelah berolahraga. Berkeringat dan kemudian tetap memakai pakaian yang basah bisa memperburuk jerawat di dada kamu. Jika kamu tidak sempat mandi, mungkin kamu bisa menyiapkan tisu dan usapkan tisu di bagian dada kamu.

  • Jangan memencet jerawat

Tentu saja memencet jerawat itu sangat menggoda dan kamu sangat ingin melakukannya. Tapi, jangan sekali-kali kamu memencet jerawat dengan paksa. Memencet jerawat dapat menyebabkan bekas luka, menyebabkan peradangan lebih parah, dan hiper-pigmentasi. Sebaiknya kamu urungkan niat kamu untuk memecahkan jerawat.

Baca Juga :

https://www.tampilcantik.com/5-cara-ampuh-untuk-menghilangkan-jerawat-di-dada/

https://www.tampilcantik.com/lakukan-ini-sebelum-tidur-untuk-membantu-menurunkan-berat-badan/

https://www.tampilcantik.com/jangan-memencet-jerawat-sembarangan/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ingin Menghilangkan Selulit? 7 Makanan Ini Bisa Membantu Kamu

Sebagian besar wanita mengalami selulit di suatu titik