Jika kamu sedang berlibur di pedesaan atau kamu memang hidup di daerah pedesaan, tentu kamu akan menemukan bayak orang yang berjalan tanpa alas kaki. Bisanya orang yang nyaman berjalan dengan kaki adalah para orang tua dan anak kecil yang sedang bermain dengan teman-teman. Tapi tahukah kamu? Ternyata berjalan tanpa alas kaki memiliki berbagai manfaat kesehatan, loh.

Ternyata, berjalan tanpa alas kaki dapat mendorong kita untuk membuat sambungan dengan tanah atau permukaan alami melalui kaki kita sehingga organ tubuh kita menyerap energi magnetnya. Wah, menarik kan? Berikut adalah berbagai manfaat luar biasa lainnya yang bisa kamu dapatkan dengan berjalan tanpa alas kaki :

  • Menyembuhkan emosi negatif

Berjalan bebas tanpa alas kaki dapat mengurangi stres dan memberi dorongan pada beberapa sistem tubuh kita seperti pernapasan, oksigenasi darah, dan denyut nadi.  Tindakan sederhana ini juga membawa kita kembali ke masa kanak-kanak, di mana rata-rata orang mengalami berbagai emosi positif.

  • Memperbaharui kulit
Cara mengetahui jenis kulit menurut seorang dokter kulit

Sangat penting untuk membiarkan kaki kamu bernapas secara alami dan bebas dari batasan alas kaki. Hal ini juga akan mencegah kaki kamu menjadi lembap dan berbau tidak sedap akibat jamur. Jika kamu berjalan di atas tanah atau pasir, hal ini dapat berguna sebagai eksfoliator dan akan membantu kamu menyingkirkan kotoran dengan lebih mudah.

  • Meningkatkan energi

Sudah menjadi rahasia umum bahwa ada ujung saraf yang tak terhitung jumlahnya di kaki kita. Syaraf-syaraf ini sangat penting dalam beberapa jenis pengobatan alternatif, seperti akupunktur dan refleksi.  Saat kamu menyentuh tanah secara langsung dengan kaki kamu, kamu akan mengaktifkan syarat dan menghasilkan peningkatan energi secara otomatis.

  • Mengurangi tekanan pada persendian

Sejak awal zaman dijadikan, manusia dirancang untuk bertahan hidup tanpa sepatu.  Saat kamu bertelanjang kaki, mekanisme tubuh kamu beradaptasi dengannya, hingga menciptakan keselarasan yang lebih alami untuk persendian kamu. Inilah sebabnya mengapa beberapa olahraga, seperti pilates atau yoga, dilakukan tanpa alas kaki.

  • Berjalan tanpa alas kaki akan memperkuat pertahanan kamu
Artikel • Page 3 of 101 • ProSehat

Bertelanjang kaki membantu kita lebih tahan terhadap masuk angin.  Karena tanah yang dingin menyebabkan tubuh kita dapat mengimbangi dengan cara memproduksi panas. Itulah sebabnya, berjalan tanpa apas kaki mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Faktanya, metode kontras panas ke dingin ini banyak digunakan untuk mengobati nyeri pada penyakit paru obstruktif kronik, termasuk asma dan gangguan kecemasan.

Tips bagi kamu yang ingin mulai berjalan tanpa alas kaki :

  • Berjalanlah tanpa alas kaki selama satu jam sehari (sebaiknya di permukaan alami) dan jika memungkinkan, kamu bisa berjalan dengan jari kaki dan tumit.
  • Lakukan olahraga tanpa sepatu untuk memperkuat otot dan ligamen kamu.  Beberapa produsen sepatu bahkan telah merancang desain sepatu untuk meniru cara kaki kita bergerak saat kita bertelanjang kaki.
  • Jaga kebersihan kaki karena berjalan tanpa alas kaki di trotoar atau di dalam rumah dalam waktu lama dapat menyebabkan kaki kamu menjadi kering dan kasar. Bertelanjang kaki juga membuat kaki kamu menjadi kotor, sehingga kamu harus segera mencuci kaki kamu.

Baca Juga :

https://www.tampilcantik.com/perubahan-peran-dalam-hubungan-ibu-dan-anak-seiring-berjalannya-waktu/

https://www.tampilcantik.com/menurunkan-berat-badan-dengan-berjalan-dan-berlari/

https://www.tampilcantik.com/tips-terbaik-untuk-membuat-hubungan-jarak-jauh-berjalan-dengan-lancar/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Kalimat Dukungan yang Ternyata Toxic dan Berbahaya

Di dalam hidup ini, ada suatu momen di