Tanaman telah digunakan untuk tujuan pengobatan sejak berabad-abad. Dan salah satu tanaman yang digunakan untuk mengobati berbagai penyakit kulit adalah witch hazel. Berasal dari Amerika Utara, semak berbunga dihargai karena banyak kualitas obatnya.

Witch hazel adalah cairan bening yang diekstraksi dan disuling dari daun atau kulit tanaman. Astringent yang harum dan alami ini digunakan dalam banyak produk kecantikan dan perawatan kulit, maka ketika diajukan pertanyaan “apakah witch hazel baik untuk kulit” jawabannya pasti ya!

Dikenal karena sifat anti-inflamasi dan anti-virusnya, witch hazel adalah obat topikal alami yang digunakan oleh banyak orang untuk mengobati masalah yang berhubungan dengan kulit seperti memar, iritasi kulit, noda, gigitan serangga, hiperpigmentasi dan banyak lagi.

Witch hazel mengandung bahan kimia seperti tanin dan polifenol. Tanin membantu mengurangi pembengkakan dan melawan bakteri, dan polifenol melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radiasi UV dari sinar matahari.

Manfaat kecantikan witch hazel

1. Mengencangkan pori-pori

Karena witch hazel adalah zat, ini dapat membantu mengencangkan pori-pori dan membuatnya tampak lebih kecil untuk sementara. Anda bisa menggunakannya sebagai toner. Witch hazel sebagai toner paling cocok untuk jenis kulit normal hingga berminyak.

2. Mengurangi minyak berlebih dan jerawat

Sekresi minyak berlebih dari kulit dapat menyebabkan jerawat. Witch hazel kaya antioksidan dengan tanin, yang bertindak sebagai zat alami pada kulit yang dapat membantu menyerap minyak berlebih. Ini juga membantu mengencangkan pembuluh darah untuk mengurangi kemerahan.

3. Menenangkan iritasi kulit

Karena witch hazel mengandung sifat anti-inflamasi, ini membantu menenangkan kulit dan mengurangi segala jenis iritasi kulit ringan. Witch hazel juga merupakan bahan aktif dalam banyak krim ruam popok.

Ini juga membantu dalam bantuan sementara dari gatal, ketidaknyamanan dan iritasi yang disebabkan dari wasir. Setelah setiap buang air besar, oleskan gel atau salep yang mengandung witch hazel atau gunakan pembalut atau tisu basah witch hazel. Tanin dalam witch hazel membantu meredakan iritasi.

4. Mencegah kerusakan kulit

Witch hazel adalah disinfektan alami untuk luka dan goresan. Sifat antiseptiknya dapat digunakan secara topikal untuk membersihkan dan menenangkan iritasi kulit ringan. Jika Anda baru saja menghilangkan jerawat, kurangi pembengkakan dengan menekan kapas yang dibasahi witch-hazel ke atasnya.

5. Menangkal infeksi

Witch hazel bisa menjadi penyelamat Anda jika Anda menghabiskan lebih banyak waktu di luar ruangan. Karena sifat antiseptik, anti-inflamasi dan astringennya, ini membantu menenangkan rasa gatal yang disebabkan oleh gigitan serangga.

Ini juga membantu dalam menenangkan ruam yang disebabkan oleh sengatan jelatang dan poison ivy. Ini untuk sementara dapat mengurangi rasa gatal dan bengkak. Jika ruam poison ivy tidak membaik setelah seminggu, temui dokter. Witch hazel membunuh bakteri dan bertindak sebagai penghalang terhadap infeksi.

6. Meredakan sengatan matahari

Mengoleskan witch hazel ke kulit yang terbakar sinar matahari dapat meredakan peradangan karena mengandung polifenol antioksidan. 

7. Mengurangi ketombe

Ketombe adalah hasil dari sekresi minyak berlebih dan penumpukan produk. Sifat anti-inflamasi dan pengontrol sebum dari Witch hazel mengurangi minyak di kulit kepala, sehingga mengurangi ketombe.

Ketombe juga dapat menyebabkan gatal dan mengelupas, dan witch hazel dapat membantu menenangkan iritasi dan peradangan terkait pada kulit kepala. Bagi garis rambut, oleskan witch hazel langsung pada kulit kepala menggunakan penetes atau botol semprot atau kapas jenuh. Biarkan selama lima sampai 10 menit dan keramas rambut seperti biasa. Jika Anda memiliki kulit kepala yang sensitif, encerkan witch hazel dengan air dan oleskan.

Baca Juga :

Perbaiki Kulit Kamu dengan Cepat Menggunakan Witch Hazel

REVIEW: Wardah Witch Hazel Purifying Moisturizer Gel

Tau Gak Sih, Ternyata Witch Hazel Itu Mempunyai Banyak Kehebatan Lho

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

5 Tips Memakai Lipstik Gelap Terbaik

Meskipun aman untuk bermain dengan warna-warna nude dan