Kamu mungkin berpikir bahwa seseorang membutuhkan karisma atau bakat alami untuk dapat disukai oleh orang-orang di sekitar mereka. Kemampuan ini tentu saja sangat dibutuhkan ketika kita berhadapan dengan lingkungan baru, atau katakanlah kita memulai bekerja di kantor baru. Tetapi sebenarnya, menjadi “orang yang disukai” adalah sesuatu yang dapat kita latih dengan mudah. Tentu saja kita perlu berupaya, berimajinasi dan berimprovisasi di dalam prosesnya.

Berikut adalah tips mudah dan efektif yang dapat membantu kamu beradaptasi di lingkungan baru, bahkan jika kamu seorang introvert sekalipun :

  • Buat kesan pertama yang baik

Berusahalah membangun hubungan yang hangat dan positif untuk membuat orang-orang membentuk kesan khusus pada kamu. Tersenyumlah dengan tulus kepada rekan kerja. Rasakan energi orang lain dan ikuti bahasa tubuh mereka dengan gerakan kamu sendiri. Kadang kala, satu emosi saja tidak cukup. Sentuhan yang dipersonalisasi seperti jabat tangan, ketukan cepat di bahu, atau bahkan pelukan pendek, dapat memainkan peran penting.

  • Libatkan mereka dalam pembicaraan pribadi

Kebanyakan orang suka membicarakan diri mereka sendiri, sehingga kamu dapat memanfaatkan hal ini. Tanyakan kepada mereka tentang hobi mereka, tempat-tempat yang pernah atau ingin mereka kunjungi, rencana akhir pekan, dan banyak lagi. Tapi ingat, jangan menanyakan hal yang sifatnya terlalu pribadi, karena ini dapat membuat seseorang merasa tidak nyaman dan bahkan mungkin dapat mendorong kamu menjauh.

  • Beri penekanan pada sifat-sifat serupa yang kalian miliki

Kita cenderung tertarik pada orang-orang yang agak mirip dengan kita. Jadi, cobalah untuk menemukan sesuatu yang mungkin serupa antara kamu dengan orang yang kamu ajak bicara. Ini bisa menjadi selera musik, selera makanan tertentu, atau olahraga favorit. Setelah kamu mengetahuinya, kamu perlu memanfaatkannya untuk lebih dekat dengan orang ini. Kalian bisa berdiskusi atau  mengunjungi tempat di mana kalian berdua dapat menikmati aktivitas ini bersama.

  • Puji orang lain atas hal-hal sulit yang mampu mereka atasi

Beberapa pujian dapat membangkitkan perasaan yang sangat berbeda dalam diri kita. Hanya memuji senyum atau warna mata seseorang tidak akan membawa pengaruh besar, itu mungkin adalah hal yang biasa. Kuncinya adalah untuk memperhatikan hal yang paling sulit diusahakan oleh seseorang dan memuji mereka karenanya. Sebagai contoh, katakanlah kamu tahu bahwa orang ini bekerja siang dan malam di sebuah proyek, dan proyek itu ternyata sukses besar, lalu kamu memujinya. Mengagumi kerja keras dan upaya mereka akan membangkitkan perasaan kepuasan yang mendalam, dan membuat mereka benar-benar bahagia.

  • Selalu perhatikan bahasa tubuh kamu

Bahkan jika kita tidak menyadarinya, tangan dan kaki yang bersilang memberi tahu orang lain bahwa kita tidak bisa dipercaya dan bahwa kita sedang menyembunyikan sesuatu. Hal terbaik yang dapat kamu lakukan adalah menjaga tulang belakang dan kaki kamu tetap lurus dan tangan kamu terbuka dengan telapak tangan menghadap ke arah orang lain. Menempatkan tampilan yang santai akan membuat orang lain merasa lebih nyaman berada di sekitar kamu, dan tentu saja, akan membuat mereka lebih menyukai kamu.

  • Berbagilah tentang kekurangan kamu

Beberapa orang bisa sangat kesal ketika kamu bertingkah sekaan-akan adalah orang yang paling benar dan sempurna. Sebaliknya, membagikan kelemahan dan kegagalan kamu dapat membuat kamu terlihat jujur dan memungkinkan orang-orang di sekitar kamu merasa lebih dekat dan lebih terlibat dengan kamu. Tapi ingat, pastikan kamu tidak berlebihan dan berbicara tentang semua kegagalan atau momen buruk kamu, jika tidak, karena pengaruhnya bisa jadi sebaliknya.

  • Kejutkan orang lain dengan kebaikan kecil

Jangan takut mengejutkan orang lain dengan sesuatu yang mungkin mereka sukai, tanpa meminta izin untuk melakukannya. Contoh sederhana, jika kamu sedang bekerja dan ingin mengambil sandwich sendiri, kamu juga bisa mengambil satu lagi untuk rekan kamu. Tindakan mengejutkan ini akan melekat dalam pikiran mereka dalam waktu yang lama, dan kamu akan terlihat sebagai orang yang ramah dan baik. Meskipun demikian, kamu tidak perlu melakukannya terus-menerus. Bedakan antara perbuatan baik dan “membiarkan diri kamu dimanfaatkan”.

Baca Juga :

https://www.tampilcantik.com/tampil-gaya-gak-melulu-baju-selalu-baru-tips-ini-bisa-menyelamatkan-style-mu-lho/

https://www.tampilcantik.com/cobain-style-anti-mainstream-ke-kantor-nanti-yuk/

https://www.tampilcantik.com/ke-kantor-tak-akan-membosankan-dengan-trik-fashion-ini-cobain-deh/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Kamu Harus Berhenti Mempercayai 7 Mitos Diet Berikut Ini

Tips diet telah tersebar di mana-mana dan membuat