Setiap hari orang-orang mengisi daya HP, entah itu satu kali, dua kali, atau bahkan lebih. Tapi tahukah kamu, ada berbagai kesalahan yang sangat sering dilakukan orang-orang ketika mengisi daya HP?

Cara kamu mengisi ulang baterai HP kamu bisa sangat berpengaruh pada tagihan listrik, keamanan dan juga umur baterai HP kamu. Baterai yang digunakan saat ini didasarkan pada jumlah siklus pengisian yang tepat, sehingga untuk membuatnya bertahan lebih lama, disarankan untuk tidak mengisi daya baterai hingga 100% atau menghabiskannya hingga 0%.

Berikut adalah daftar kesalahan charge HP yang sangat sering dilakukan orang dan harus segera dihentikan :

  • Meninggalkan charger di colokan
Woman with a laptop computer

Pengisi daya terus menerus menarik daya saat berada di soket atau colokan, bahkan jika HP kamu tidak terhubung. Tentu ini akan membuat tagihan listrik kamu membengkak. Selain itu, trafo melepaskan panas yang perlahan-lahan dapat menumpuk dan menyebabkan sesuatu di sekitarnya terbakar. Jadi, jika udara di dalam ruangan cukup lembap, trafo dapat menyebabkan hubungan pendek dan menyebabkan kebakaran.

Jika kamu tidak menggunakan charger maka cabutlah charger kamu dari stopkontak.

  • Mengisi baterai hingga 100%

Jika kamu mengisi baterai HP hingga 100% setiap charge, ini akan mempersingkat masa pakai baterai kamu. Setiap baterai memiliki jumlah siklus pengisian yang tepat dan jika kamu selalu mengisi baterai hingga 100%, siklus ini akan berakhir lebih cepat. Cabutlah charger kamu sebelum baterai terisi 100%.

  • Membiarkan HP mati dalam kondisi baterai 0%

Tidak baik membiarkan HP kamu mati karena baterai sudah benar-benar habis (0%). Baterai berbasis lithium terbaru, bekerja dalam siklus pengisian daya. Jadi jika kamu membiarkan baterai mati, kamu akan mempersingkat usia baterai dan handphone kamu.

  • Charge sambil ditinggal tidur semalaman

Jika kamu meninggalkan HP kamu dicharge semalaman, kamu akan membuang-buang listrik dan kamu akan mengisi baterai lebih dari yang diperlukan. Tentu ini akan merusak siklus pengisian baterai dan menyebabkan HP kamu jadi panas. Jadi, cabutlah charger sebelum kamu tidur.

  • Menggunakan HP saat sedang dicharge

Sebaiknya kamu tidak menggunakan HP kamu saat HP sedang dicharge. Ini menyebabkan tekanan baterai yang berlebihan, karena kamu mengisi daya sekaligus menghabiskannya dalam waktu yang bersamaan. Jadi, jika kamu mendapat panggilan telepon, maka cabutlah kabel charge dan angkatlah telepon. Setelah itu, baru kamu bisa charge HP kamu lagi.

  • Mengisi daya HP kamu meskipun baterai masih di atas 20%.

Mengisi daya HP kamu secara terus-menerus adalah salah, karena ini bisa membuat baterai kamu tidak awet. Cara terbaik untuk menggunakan baterai adalah dengan mengisi daya hanya ketika benar-benar dibutuhkan. Jadi, kamu boleh charge HP kamu ketika indikator baterai di bawah 20%. Tapi ingat, jangan menunggu sampai baterai HP kamu menjadi 0% dan HP kamu mati. Paling tidak, charge HP kamu ketika baterai menunjukkan angka di atas 5%.

  • Mengisi baterai HP dari laptop

Laptop sering digunakan untuk mengisi daya HP, tetapi mengisi daya lewat laptop membutuhkan waktu yang lebih lama. Jika kamu ingin mengisinya lebih cepat dan dengan cara terbaik, kamu harus selalu menggunakan charger dan stopkontak. Hindari menggunakan laptop untuk charge HP.

Baca Juga:

https://www.tampilcantik.com/5-produk-disinfektan-khusus-untuk-smartphone-kamu/

https://www.tampilcantik.com/5-hal-aneh-yang-bisa-kamu-lakukan-untuk-pasangan/

https://www.tampilcantik.com/terlihat-tetap-stylish-walaupun-saat-sedang-berkeringat-ini-dia-tipsnya/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Tips Mengontrol Pengeluaran Uang Untuk Menambah Tabungan

Kamu tentu sudah mendengar dan mengetahui tentang cara