Jerawat tidak dapat didefinisikan sebagai kondisi satu ukuran untuk semua, itu ada pada spektrum luas. Di satu ujung, Anda memiliki jerawat komedonal yang relatif ringan dan mudah diobati, dan di sisi lain, Anda memiliki kondisi seperti jerawat kistik yang tidak dapat diobati tanpa intervensi klinis. Tetapi meskipun jerawat komedonal tidak terlalu besar untuk ditekankan, beberapa mungkin masih gagal untuk menghadapinya dengan benar. Jika kondisi di sekitar jerawat komedonal menjadi lebih buruk, mereka dapat berubah menjadi cacat yang sepenuhnya meradang yang sulit diobati dan sering meninggalkan bekas luka. 

Berikut ini beberapa tips dan trik untuk rutinitas perawatan kulit yang baik untuk membantu mengelola dan mencegah jerawat komedonal-

  1. Selalu memiliki pembersihan yang baik dan rutinitas pelembab di tempat yang teratur dan konsisten.
  2. Cuci wajah Anda dengan cuci wajah AHA atau BHA yang lembut namun efektif selama 30 detik, jangan gosok terlalu banyak.
  3. Toner dengan basa beralkohol dapat membantu kulit komedogenik.
  4. Gunakan pelembab berbasis air atau gel dan sangat ringan, non-komedogenik setelah pembersihan. Juga, cobalah untuk mencuci muka sekali di tengah hari sehingga tidak terlalu berminyak dan Anda tidak menunggu sampai akhir hari untuk menyingkirkan sifat manis mulut.
  5. Hapus make-up Anda di penghujung hari. Pastikan juga untuk mencuci keringat dan residu setelah berolahraga.
  6. Gunakan formulasi dengan tabir surya bawaan sehingga Anda tidak perlu melapisi tabir surya tebal di atas semua produk Anda.
  7. Selalu konsumsi protein makanan yang baik untuk menghindari banyak gula tambahan, lemak dan susu dalam makanan Anda – ini memperburuk peradangan yang merupakan salah satu penyebab comedon. Jadi, cobalah untuk menghindari makanan olahan dan permen sebanyak yang Anda bisa.
  8. Jika tidak ada yang berhasil, silakan pergi ke dokter kulit berlisensi sebelum berubah menjadi peradangan yang parah dan menghapus comedone sesegera mungkin.

 Obat rumah untuk jerawat komedonal

Beberapa solusi alami yang dapat Anda coba untuk jerawat komedonal sederhana. Bahan -bahan seperti minyak pohon teh, topeng tanah liat dan masker arang dapat membantu. Minyak pohon teh memiliki efek anti-inflamasi dan juga mengurangi sebum, sehingga Anda dapat menggunakan obat atau produk yang mengandung minyak pohon teh. Masker material bekerja dengan baik untuk mengeringkan sebum di pori -pori Anda. Mereka juga membantu mengekstrak kotoran yang terperangkap dan membuat pemindahan komedo lebih mudah. Namun, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit Anda sebelum menggunakan obat rumahan karena beberapa orang dapat alergi terhadap mereka dan ini dapat membuat kondisinya lebih buruk.

Tanya Jawab Seputar Jerawat Komedo

1. Bagaimana produk nonkomedogenik membantu jerawat komedonal?

Beberapa bahan komedogenik umum yang dapat memperburuk jerawat Anda adalah minyak kelapa, aditif vitamin A & D, lanolin, minyak almond, ascorbyl palmitate, minyak biji aprikot, lilin lebah, dan minyak alpukat. Menggunakan produk ini dapat membebani kulit yang sudah bermasalah. Inilah mengapa produk nonkomedogenik yang diformulasikan dengan bahan-bahan yang tidak akan menyumbat pori-pori dapat membantu meningkatkan rutinitas perawatan kulit agar tetap ramah pori. Produk non-komedogenik dapat membantu menghindari munculnya jerawat komedonal.

2.  Bagaimana cara menggunakan retinol untuk jerawat komedonal?

Retinoid adalah turunan vitamin A yang dapat membantu pergantian sel kulit lebih cepat, meningkatkan metabolisme sel, dan mengendalikan peradangan untuk terus menyembuhkan dan memperbaiki kulit yang rusak akibat jerawat. Retinol harus digunakan di bawah bimbingan dokter kulit karena mencampurnya dengan topikal lain seperti benzoil peroksida dan salisilat bisa terlalu mengiritasi kulit. Namun, topikal ini dapat digunakan dalam rutinitas perawatan kulit terpisah, dengan retinol direkomendasikan untuk digunakan pada malam hari untuk penyerapan dan hasil yang lebih baik.

3.  Bisakah Anda memencet jerawat komedonal?

Meskipun ekstraksi blackhead dan whitehead sangat umum ditawarkan di salon, tindakan ini tidak boleh dilakukan tanpa ahli kecantikan. Memencet jerawat komedo di rumah bisa berbahaya karena bisa meradang dan menyebabkan jaringan parut dan infeksi lebih lanjut. Hubungi dokter kulit untuk menghilangkan komedo Anda.

Baca Juga :

<strong>6 Manfaat AHA vs BHA, Bestie Para Wanita yang Ingin Kulit Cerah</strong>

<strong> 8 Manfaat dan Penggunaan Teh Hijau untuk Kulit</strong>

5 Trik untuk Menghindari White Cast setelah Mengoleskan Sunscreen

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Cobalah Rutinitas Harian Ini untuk Rambut Keriting yang Menakjubkan

Rambut keriting memang menakjubkan, unik, dan mempesona. Namun