Di internet, kamu bisa menemukan ribuan artikel tentang teknik skincare untuk melawan penuaan atau anti-aging. Ada yang menyebutkan bahwa kamu harus  lakukan eksfoliasi setiap hari, cuci muka berkali-kali, harus pertahankan rutinitas perawatan kulit yang kompleks, dll.

Memang beberapa dari tips yang tersebar di internet bisa jadi bagus, cocok untuk kulit dan telah ditulis berdasarkan sains. Namun, ada juga beberapa tips yang sebaiknya kamu hindari atau kamu abaikan. Contohnya seperti ini : 

  1. Eksfoliasi kulit setiap hari akan membuat kamu awet muda

Meskipun kamu mungkin merasa kulit kamu lebih halus dan lebih muda setelah eksfoliasi kulit wajah, jangan lakukan ini setiap hari. Kamu akan mendapat masalah jika melakukan eksfoliasi setiap hari, terutama bagi kamu yang memiliki kulit sensitif. 

Dengan melakukan pengelupasan kulit setiap hari, kamu mungkin akan mengalami rasa perih atau kulit kamu akan memproduksi lebih banyak minyak dan jerawat.

  1. Sedikit sunscreen sudah cukup untuk peremajaan kulit

Kamu mungkin sudah tahu bahwa memakai sunscreen adalah aturan utama untuk kulit sehat nan awet muda. Menurut para ilmuwan, orang hanya memakai 40% dari jumlah sunscreen yang dibutuhkan kulit mereka. 

Cara sederhana untuk mengetahui seberapa banyak sunscreen yang harus digunakan adalah dengan menggunakan metode “2 – Jari”. Oleskan 2 strip sunscreen dari pangkal ke ujung jari tengah dan telunjuk kamu. Itu baru cukup. 

  1. Semakin sering kamu mencuci muka, semakin baik

Apa kamu berpikir bahwa sering mencuci wajah secara menyeluruh akan menghilangkan polusi berlebih dan membuat wajah awet muda? Hmmm, tidak juga. 

Terlalu banyak mencuci wajah, akan menghilangkan minyak alami dari kulit kamu dan bahkan dapat menyebabkan iritasi. Menurut para ahli, 2 kali sehari adalah aturan terbaik dalam mencuci wajah. Usahakan tidak mencuci wajah lebih dari 3 kali dalam sehari.

  1. Hanya kosmetik mahal yang akan mampu meremajakan kulit

Kosmetik mahal belum tentu mampu memberikan hasil terbaik dalam peremajaan kulit. Bisa jadi harga kosmetik tinggi, karena perusahaan menghabiskan banyak uang untuk iklan, pengemasan, atau bahan-bahan lainnya. Carilah kosmetik yang paling cocok dengan kamu. Pastikan cari harga yang terjangkau.

  1. Untuk melawan penuaan, kamu membutuhkan perawatan kulit yang kompleks

Untuk merawat kulit, sebenarnya kamu tidak harus memiliki berbagai macam produk kecantikan atau memiliki rutinitas skincare yang rumit. Menurut ahli medis, kamu hanya membutuhkan pembersih yang lembut, eksfoliasi wajah, pelembab untuk jenis kulit kamu, dan tentu saja, sunscreen dengan minimal 30 SPF.

  1. Jika kamu masih muda, kamu tidak butuh perawatan anti-aging

Hal yang salah dan dilakukan banyak orang adalah ketika mereka melakukan perawatan anti penuaan hanya setelah mereka menemukan kerutan atau perubahan tak lazim lainnya.

  1. Lebih banyak retinol akan memberikan hasil yang lebih baik

Misalkan kamu melakukan rutinitas perawatan kulit di malam hari dan kamu merasa kulit kamu membutuhkan sedikit bantuan. Dalam hal ini, yang perlu kamu lakukan adalah mengoleskan krim retinol dalam jumlah besar, kan? Salah. Menerapkan terlalu banyak dapat menyebabkan kulit kering dan mengelupas..

  1. Orang berkulit lebih gelap tidak membutuhkan sunscreen

Oho, siapa biang? Ini adalah mitos yang menyebabkan banyak orang bingung.  Meskipun orang dengan kulit lebih gelap mungkin lebih terlindungi dari sinar matahari dibandingkan dengan orang kulit lebih cerah, mereka masih rentan terhadap sengatan matahari.

Karena itu, beberapa dari kita mungkin berpikir semua pihak aman. Tapi, setiap orang harus dilindungi dengan sunscreen setidaknya 30 tabir surya SPF, jika ingin kulit yang sehat dan tampak awet muda.

Baca Juga :

Cari Tahu Waktu Tepat Untuk Mulai Memakai Produk Anti Aging? Simak Ulasan Ini Yuk

Pastikan Kulit Tetap Mendapat Vitamin Ketika Puasa Dengan 4 Serum Vitamin C Ini

#beauty #natural #antiaging

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Breaking Out di Masa Pandemi? 6 Alasan Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Apakah kamu mengalami jerawat berulang yang terus muncul