Apakah kamu berpikir ingin mengganti warna rambut kamu di masa-masa self quarantine saat ini? Tentu karena kamu memiliki lebih banyak waktu luang, kamu bisa melakukannya di rumah. Tapi ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum mewarnai rambut.

Beriku adalah tips dan trik lengkap untuk mewarnai rambut supaya kamu mendapatkan hasil yang tidak mengecewakan :

  • Jangan percaya pada model di kotak produk cat rambut
GARNIER CAT RAMBUT KOTAK/ GARNIER CAT RAMBUT | Shopee Indonesia

Tentu, wanita yang tersenyum di kotak produk cat rambut terlihat sangat cantik, tetapi ketahuilah bahwa warna rambutnya hanya fantasi. Warna selalu berakhir lebih terang dan ringan daripada rambut model pada kemasan.  

  • Tahu kapan harus membeli cat rambut yang lebih gelap dan lebih terang

Untuk pewarna permanen, pilih warna yang sedikit lebih gelap daripada yang kamu inginkan karena pengembangnya kuat. Namun, untuk pewarna semipermanen, pilih sisi warna yang lebih terang dari warna yang kamu inginkan, karena formula semipermanen tidak memiliki pengembang, yang berarti mereka akan semakin gelap di rambut kamu.

  • Beli dua kotak produk pewarna rambut

Jika rambut kamu panjang hingga melewati bahu, atau rambut kamu sepanjang bahu dan sangat kasar, belilah dua kotak produk cat rambut dengan warna yang sama untuk memastikan cat rambut cukup untuk seluruh rambutmu. Pastikan untuk mencampur pewarna dalam gelas atau mangkuk plastik, karena wadah logam dapat mengoksidasi pewarna dan menyebabkan warnanya berubah.

  • Perhatikan tekstur rambut kamu

Tekstur rambut penting untuk diperhatikan. Rambut kasar, rambut keriting, atau rambut tidak teratur mampu menghitamkan warna lebih cepat ketika kamu mewarnainya dengan warna gelap. Warna akan cenderung terlihat lebih abu-abu atau sedikit kebiru-biruan. Sedangkan Tekstur rambut halus ke sedang tidak menyerap warna dengan mudah dan akan mengubah warna rambut menjadi sedikit lebih hangat saat kamu menambahkan pewarna.

Jadi jika rambut kamu keriting atau kasar, pilihlah pewarna yang memiliki rona yang hangat, karena rambut kamu akan menghasilkan warna yang cenderung lebih dingin. Tetapi jika rambut kamu halus dan lurus, pilih warna yang lebih dingin.

  • Bagi rambut menjadi empat bagian

Untuk memudahkan proses mewarnai rambut dan menghindari warna yang tidak rata, bagilah rambut menjadi empat bagian. Buat dua bagian di depan telinga dan dua bagian di belakang telinga dengan terlebih dahulu membelah tengah rambut kamu. Dengan melakukan pembagian ini, proses pewarnaan rambut akan lebih terorganisir.

  • Tambahkan sampo

Jika ujung rambut kamu sangat kering dan kamu ingin mengecat seluruh rambut kamu, jangan beri pewarna pada ujung rambut kamu. Sebagai gantinya, tiga menit sebelum kamu membilas, tambahkan dua semprotan sampo ke dalam pewarna yang tersisa di botol. Kocok dan oleskan campuran ke ujung rambut kamu.

  • Tambahkan air

Sebelum kamu membilas warnanya, berikan sedikit air di kepala kamu dan bubuhkan pada rambut kamu dengan tangan selama beberapa detik. Ini akan mengemulsi pewarna dan meratakannya ke sekeliling rambut.

  • Tips saat warna yang dihasilkan tidak sesuai harapan kamu

Setelah rambut kamu kering, jika kamu tidak puas dengan warnanya, gunakanlah kondisioner untuk melembapkan rambut. Setelah mengoleskan kondisioner, tutup kepala kamu dengan bungkus plastik dan handuk lalu biarkan selama 20 menit. Setelah itu kamu bisa keramas dan menata rambut kamu.

Baca Juga :

https://www.tampilcantik.com/8-inspirasi-warna-rambut-untuk-tampil-cantik-di-tahun-2020/

https://www.tampilcantik.com/ide-warna-rambut-untuk-medium-length-hair-rambut-sedang/

https://www.tampilcantik.com/tips-memadukan-make-dengan-warna-rambut-kamu/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Kondisi Bibir Ini Bisa Menunjukkan Masalah Kesehatan

Tahukah kamu? Bibir kita memiliki lebih dari 1.000.000