Jika Anda merasa hanya Anda yang terlalu banyak berpikir, Anda perlu pemikiran lain untuk hal ini. Namun selain itu, Anda dapat menenangkan otak dan pikiran Anda dengan menghentikan diri Anda dari kebiasaan berpikir berlebihan. Sangat mudah untuk hidup dengan ilusi kendali, kepastian, atau perfeksionisme yang muncul karena terlalu banyak berpikir. Tergila-gila pada seseorang dan memiliki pikiran-pikiran yang mengganggu sepanjang hari juga merupakan hal yang menyenangkan. Namun, jika terlalu banyak mengonsumsinya, Anda akan memengaruhi kesehatan dan kesejahteraan Anda. Jadi, buatlah keputusan secara sadar untuk mengakhiri kekhawatiran yang terus-menerus. Jika Anda pernah mencoba sebelumnya dan gagal, berikut beberapa strategi penanggulangan yang pasti berhasil.

  1. Beri Batasan Waktu Untuk Merasakan Khawatir

Beri diri Anda masa khawatir – katakanlah 30 menit setiap hari. Luangkan waktu ini untuk menikmati rasa khawatir, tergila-gila, menebak-nebak segalanya, berhasil. Namun begitu Anda selesai, jangan lakukan itu lagi sepanjang hari!

  1. Selesaikan Dengan Solusi

Untuk setiap kekhawatiran yang Anda miliki, pikirkan skenario terburuknya. Bayangkan apa yang akan Anda lakukan jika hal itu benar-benar terjadi. Misalnya, jika Anda kehilangan pekerjaan, Anda akan memperbarui resume Anda dan melamar di tempat lain. Terapkan proses berpikir ini pada semua yang mengganggu Anda.

  1. Atasi Masalahnya

Apakah Anda terus-menerus memikirkan pasangan Anda dan apa yang dia maksud dengan kata-kata atau tindakannya? Mungkin hal ini tidak seburuk yang Anda pikirkan, dan Anda tidak akan pernah tahu jika Anda menyimpannya sendiri. Berkomunikasi secara terbuka untuk mendapatkan jawaban Anda dan mengakhiri pemikiran berlebihan.

  1. Temukan Sisi Positifnya

Ada sesuatu yang baik dalam segala hal, jadi carilah hal yang sama dan fokuslah padanya. Apakah Anda terobsesi untuk menjalin hubungan? Mengapa tidak menyalurkan waktu dan energi ekstra yang Anda miliki saat ini untuk melakukan hal-hal yang Anda sukai!

  1. Lihatlah Gambaran Yang Lebih Besar

Lihat masalah Anda dalam gambaran yang lebih luas. Masalah-masalah sepele hanya penting di kepala kita, dan coba tebak, dalam satu atau dua atau lima tahun, masalah itu bahkan tidak akan menjadi masalah bagi Anda!

  1. Lawan Pikiran Negatif

Jangan biarkan pikiran negatif mengambil alih pikiran Anda. Selalu ada alternatif yang memungkinkan, jadi pikirkanlah. Sadarilah bahwa kegagalan bukanlah hal yang final, dan setiap hari adalah kesempatan untuk mengubah hidup Anda.

  1. Alihkan perhatian Anda

Berhati-hatilah saat Anda mulai menyerah pada pikiran negatif. Begitu Anda menyadari bahwa Anda membuang-buang sumber daya lagi, alihkan pikiran Anda ke hal lain. Ini bisa berupa hobi seperti membaca buku yang menarik, mewarnai, berkebun, menghabiskan waktu bersama hewan, atau sekadar menelepon orang tersayang.

  1. Pelajari Penerimaan

Anda tidak dapat memprediksi masa depan, dan kekhawatiran tidak akan mengubah apa pun. Anda hanya dapat membuat perbedaan dengan memperbaiki diri dan memberikan yang terbaik setiap hari. Cintai diri Anda sendiri, dan jangan nilai diri Anda berdasarkan validasi eksternal.

Baca Juga :

Hati-hati, 6 Kesalahan Renovasi Ini Bisa Membuatmu Over Budget

5 Pengobatan Rumahan yang Terbukti Untuk Pertumbuhan Rambut

10 Cara Memberi Pasangan Anda Ruang

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Superfood Yang Membantu Meningkatkan Imun Tubuh (Bagian II)-end

Sistem imun adalah garda terdepan untuk menjaga tubuh