Kita sering kali memakai pakaian selama beberapa kali. Jaket, misalnya. Tentu kita akan mencucinya setelah sekitar empat sampai lima kali pakai. Bahkan kadang, beberapa orang yang malas mencuci bisa memakai celana jeans selama dua minggu! Hayooo, ngaku! Kamu pasti pernah kan seperti ini?

Nah, masalahnya, tidak semua orang tahu semua aturan tentang mencuci pakaian. Misalnya, kamu perlu mencuci pakaian dalam lebih sering dari pakaian luar. Atau aturan tentang berapa kali rok kamu bisa dipakai sebelum akhirnya harus dicuci.

Untuk mengatasi masalah tadi, berikut adalah beberapa daftar aturan mencuci pakaian yang bisa kamu ikuti :

  • Kamu tidak boleh memakai celana dalam yang sudah dipakai

Pakaian dalam harus dicuci setelah satu kali dipakai. Ini adalah aturan kebersihan sederhana. Jangan sekali-kali memalai celana dalam yang sudah kotor, ya!

  • Cuci jeans setelah 5 sampai 6 kali pemakaian

Topik yang sering dipertanyakan adalah seberapa sering kamu harus mengenakan jeans sebelum mencucinya? Mungkin selama ini orang tuamu mencuci jeans yang kamu pakai setelah hanya satu kali pakai. Sementara itu teman-teman kamu bersikeras bahwa kamu dapat bisa menggunakan jeans berkali-kali. Bahkan, jika kamu terlalu sering mencuci jeans, bisa-bisa jeans kamu akan cepat rusak. Nah, yang tepat adalah mencuci jeans setelah 5 sampai 6 kali pemakaian.

  • Cuci T-shirt dan Atasan setelah satu kali pemakaian

Kamu perlu memperlakukan kaos kamu seperti pakaian dalam, karena kaos sangat dekat dengan kulit kamu dan menyerap sebagian besar keringat yang dihasilkan tubuh. Cuci setiap kali kamu selesai memakainya. Satu-satunya pengecualian adalah jika kamu memakainya selama kurang dari satu jam.

  • Cuci Gaun setelah 1 hingga 2 kali pemakaian
6 Jenis Pakaian yang Tidak Boleh Dicuci di Mesin Cuci, Bikin Rusak - Hot  Liputan6.com

Kamu tidak perlu mencuci gaun setelah dipakai karena dapat merusak kain dan merusak warnanya, terutama jika kamu mengenakan kemeja atau t-shirt sebelum gaun. Tetapi jika kamu mengenakan gaun itu sepanjang hari yang panas, memang lebih baik kamu mencucinya setelah sekali pakai, karena gaun kamu banyak menyerap keringat.

  • Kamu Bisa Mencuci Bra setelah 3 sampai 4 kali

Dibandingkan dengan pakaian dalam, kamu tidak perlu mencuci bra setiap kali pakai. Tentu saja ada pengecualian seperti halnya gaun. Di hari yang panas terik, jika bra kamu sudah penuh keringat, tentu kamu harus segera mencucinya

  • Cuci kaos kaki, celana ketat, dan stoking setelah 1 kali digunakan

Bagaimana cara kamu mencuci kaos kaki dan short selama ini? Apakah kamu menggunakannya berkali-kali? Jika iya, sebaiknya mulai sekarang kamu mempertimbangkan untuk mencucinya setelah sekali pakai. Coba kamu bayangkan, berapa banyak bakteri dan kotoran yang kamu kumpulkan dengan kaki kamu sepanjang hari?

  • Cuci Pakaian Olahraga setelah digunakan

Jangan malas! Kamu harus mencuci pakaian olahraga kamu setiap kali kamu selesai memakainya. Tidak peduli berapa lama kamu berolahraga, kamu tetap berkeringat dan pakaian kamu tetap kotor.

  • Cuci Piama setelah 3 sampai 4 kali pakai

Bau tak sedap dari piama kotor bisa merusak tidur nyenyak kamu dan membuat kamu merasa lelah. Jaga tidur kamu dan jaga kebersihan piama kamu. Sebaiknya, kamu mandi sebelum tidur dan gunakan piama bersih. Jika kamu teratur mandi sebelum tidur, maka kamu bisa menggunakan piama kamu 3 sampai 4 kali sebelum akhirnya harus dicuci.

  • Cuci rok dan celana kin setelah 3 kali pemakaian

Dibandingkan dengan jeans, kamu perlu lebih sering mencuci rok dan celana kain. Sebaiknya kamu mencuci rok dan celana kain setelah tiga kali pemakaian.

Baca Juga :

https://www.tampilcantik.com/perlukah-kita-mencuci-pakaian-baru-sebelum-memakainya/

https://www.tampilcantik.com/barang-barang-yang-terlalu-sering-kamu-cuci-vs-barang-yang-harus-sering-dicuci/

https://www.tampilcantik.com/mengejutkan-ini-ternyata-benda-benda-yang-tidak-boleh-kamu-masukkan-ke-dalam-mesin-cuci/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

7 Tips & Trik Mencuci Pakaian dengan Mudah

Mencuci pakaian adalah aktivitas harian yang bisa jadi