Buah belimbing mungkin tidak menarik secara visual, tetapi penuh dengan manfaat. Berasal dari negara-negara tropis Asia Tenggara, buah belimbing sering mendapat perhatian karena penampilannya. Apa yang kurang dalam penampilan, itu mengkompensasinya dengan berbagai manfaat. Terus gulir untuk memahami manfaat medis dan kesehatan yang dimiliki buah belimbing eksotis namun tampak sederhana.

Selain sebagai buah yang eksotis dan lezat, belimbing wuluh memiliki banyak manfaat kesehatan karena kaya akan vitamin C. Belimbing juga dikenal sebagai sumber serat yang baik, memiliki sifat astringen, kaya antioksidan, dan hipoglikemik. Ini juga digunakan dalam pengobatan ayurveda tradisional karena kemampuannya untuk membantu pencernaan dan sifat pendinginan.

1. Sumber Kaya Vitamin B Dan C

Belimbing adalah sumber yang kaya vitamin B dan C dan asam galat. Vitamin dan mineral ini sangat penting untuk menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Mereka juga membantu meningkatkan kesehatan rambut Anda dan melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar UV.

2. Sumber Serat Yang Baik

Serat larut yang penting untuk kelancaran fungsi sistem pencernaan Anda ditemukan dalam buah belimbing. Selain serat larut, belimbing juga mengandung serat makanan tidak larut yang mencegah penyerapan Kolesterol LDL di lapisan usus, sehingga mengurangi risiko masalah jantung dan obesitas.

3. Rendah Kalori Dan Gula

Belimbing sangat ideal bagi mereka yang suka diet rendah kalori dan rendah karbohidrat karena mengandung kadar gula yang sangat rendah. Buah belimbing berukuran sedang yang beratnya sekitar 100 gram akan mengandung sedikit lebih dari 6 gram karbohidrat dan 3 gram gula.

4. Mencegah Peradangan

Tingginya kadar antioksidan yang ada dalam belimbing memberikan sifat anti-inflamasi yang membantu meringankan gejala gangguan kulit inflamasi seperti psoriasis dan dermatitis.

5. Membantu Meningkatkan Pencernaan Dan Metabolisme

Kehadiran riboflavin dan asam folat membantu mengatur metabolisme Anda. Belimbing kaya akan serat makanan, yang membantu dalam pembentukan massal dan kelancaran buang air besar. Ini juga memiliki sifat ramah usus dan anti-inflamasi dan membersihkan racun dan bakteri dari usus, membantu penyerapan nutrisi yang lebih baik, dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

6. Mendetoksifikasi Tubuh Anda

Buah belimbing memiliki sifat diuretik yang membantu mengeluarkan kelebihan air dan racun dari tubuh Anda. Buah ini membantu membersihkan hati dan ginjal Anda. Namun, penelitian telah menunjukkan bahwa orang dengan kondisi ginjal yang sudah ada sebelumnya harus menghindari konsumsi buah belimbing karena dapat menyebabkan masalah ginjal.

7. Meningkatkan Kesehatan Pernafasan

Sebuah studi prototipe dilakukan untuk memastikan efektivitas menggabungkan jus belimbing dengan madu pada peserta yang menderita Penyakit Paru Kronis (PPOK). Studi menyimpulkan kombinasi ini bersama dengan agen anti-inflamasi dan antioksidan dapat meringankan COPD dan membantu memperbaiki masalah pernapasan.

8. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Belimbing memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan kita, terutama kalium dan natrium yang merupakan elektrolit esensial yang membantu mengatur tekanan darah dan kesehatan kardiovaskular.

9. Meningkatkan Tidur

Jika Anda kesulitan mendapatkan tidur malam yang nyenyak, belilah buah belimbing karena mengandung magnesium, mineral yang dikenal untuk meningkatkan kualitas tidur. Magnesium yang ada dalam belimbing membantu dalam mengaktifkan asam Gamma-aminobutyric kimia (GABA) yang membantu menginduksi tidur.

Baca Juga :

Mau Hilangkan Ketombe Membandel ? Coba Pake Belimbing Aja

Manfaat Belimbing Bagi Kesehatan Tubuh

Wajah Putih Berseri dengan Belimbing Wuluh

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

Cobalah 3 Latihan Pernapasan Ini Untuk Mengurangi Stres

Hampir mengejutkan bagaimana kita menormalkan waktu yang kita